Sop Daging Sapi

Sop Daging Sapi
Selayaknya sop biasa, bahan-bahannya terdiri dari daging dan sayur... yang membuatnya istimewa adalah orang-orang rumah makannya cuma dikit, jadi saya habiskan sendirian heheh...



Sepanjang karir saya di dunia masak memasak...*kreek...sepanjang bok...! resep sop adalah yang paling sering di rikues oleh temen-temen saya yang juga sama-sama masih pemula seperti saya. Dan sejujurnya saya selalu bingung menjawabnya seperti apa, paling-paling dijawab se-standar mungkin.."ya gitu deh...bawang merah bawang putih, terus digula garemin..udah...." karena memang seperti itulah saya seringnya membuat sop, mau sop ayam, sop sapi, atau pun sop jamur. Pun jua kali ini, saya hanya membumbui sop ini dengan bumbu yang sesimple mungkin. Toh dari kuah sapinya  sendiri udah enak, jadi nggak perlu dimacem-macemin lagi deh..

Sop ini saya buat dalam rangka mengobati kerinduan saya dengan menu-menu yang berdaging merah. Beberapa bulan lamanya jarang masak daging akibat harganya yang naik-naik ke puncak gunung terus kaclep ke laut, gak mau balik lagi ke harga semula... sebagai ibu rumah tangga yang cermat dan hemat *hoekss... tentu saya harus berfikir berjuta-juta kali untuk membeli daging sapi tiap selang beberapa hari seperti halnya sewaktu hamil sama Aiko. Kini, seperti sudah berbeda alam rasanya melihat harga yang bukan lagi merangkak naik, tapi meluncur bak pake lift...




Read more...

errr-.... sebenarnya kalo tidak sedang menabung ngak begitu bermasalah dengan berbagai kenaikan ini, masalahnya saya sedang sedemikan cermatnya [baca:pelit] dengan kondisi keungan mengingat banyak banget whistlist yang belum terwujud...hahahha...*tentu pemirsa dipersilahkan untuk menyekip membaca ocehan tak berguna ini dan melompat langsung ke kolom resep...


Sop Daging Sapi


 SOP DAGING SAPI


Sop Daging Sapi








200 gr daging sapi [potong kecil-kecil]
3 buah wortel
Buncis
Kol
3 buah kentang
1 sdt garam
1/4 sdt gula
1/2 sdt merica
2 sdm minyak untuk menumis


5 buah bawang merah
3 buah bawang putih
2 batang daun bawang
4 batang seledri
1/2 buah tomat







Rebus daging hingga empuk, sementara itu siangi dan potong-potong sayuran sesuai selera. Apabila dagingnya sudha benar-benar empuk lalu masukan kentang dan wortel, masak hingga setengah matang. Masukan buncis dan kol. 

Iris bawang merah dan bawang putih. Begitu juga dengan tomat daun bawang dan seledri, potong-potong sesuai selera. Panaskan wajan, masukan minya, kemudian tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukan daun bawang dan tomat, aduk sebentar, matikan api. Masukan tumisan ini ke dalam rebusan daging. Masak semua bahan sebentar saja, sambil dibubuhi gula, garam dan merica, sesaat sebelum diangkat, masukan seledri, angkat dari kompor, sajikan hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,




14 comments :

  1. Teteh kalau sop buntut sama juga
    Perasaan rasanya agak beda gitu ya?
    Klo pas perjalanan jauh penawar mabok darat makan sop buntut xixixixi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya pake tambahan pala ama cengkeh gitu mbak yu...
      kalo bikin sop butut buat penangkal spy Daddy gak mabok janda...:D

      Hapus
    2. Hahahahahhahahaha.... Huk
      Janda mana yg udah bikin si dady mabok. Gaswat nih :))

      Hapus
    3. wakakak sejauh ini belom ada, lagian udah ngebayangin tampang istrinya bawa panci segede gaban juga mlipir duluan itu janda janda....

      Hapus
  2. pas banget mak, daku habis makan asem2 daging sapi nih barusan, maksudnya sop daging sapi di tambah gula aren n air asem jawa gituh... lagi pingin daging merah juga mak, semalem bikin daging sapi lada hitam yg endang gulindang... seminggu kemaren makan ayam terus, sampe jijay klo lihat ayam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. huaa sapi lada hitamnya bikin ngeces....
      wkwkwk mabok ayam tuh namanya:D

      Hapus
  3. Waduh teteh... Susyah bgt reply comment mu d postingan kemaren...

    Oia, sungguh dirimu amat sangat cermat yah....Beda2 dikit tu ama medit... Masa cuma 2 ons masaknya, abdi rek menta teh kareder atuuuhh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw...dilarang menta..masih mahal dagingna hihihi...

      ah kayak gak apal ibu2 ajah meditnya kek giamna :D
      mungkin modemnya lagi lemot teh...

      Hapus
  4. waah...seger nih Mbak.....mau mau mauuuu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum apalagi kalo dikasih jeruk nipis, trs dicabein duh...ampe ngeces nih..^^

      Hapus
  5. Tq mbak'e... Aku mw praktek jg akh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkaan... mudah2an suka yah..
      terima kasih udah mampir^^

      Hapus
  6. Mantaaap mbak...cocok bwt lauk seorang bujangan kyak sy,,,nassib rantau d negeri org,,,kangen masakan indo...yg gampang ya sop daging,,hehe.,,,hatur nuhunnn

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^