Roti Ubi Ungu

Roti Ubi Ungu
Sepertihalnya roti..tentu bahan utamanya terdiri dari tepung terigu, cuma kali ini diberi tambahan ubi ungu. Penambahan ubi ungu ini selain membuat warnanya menjadi cantik, juga membuat teksturnya menjadi lembut bangeeed pemirsa....!


Rasa-rasanya baru kali ini saya nemu ubi ungu... biasanya susah banget, apalagi waktu dulu masih tinggal di Uber... susah banget nyarinya. *Entah saya nya aja yang salah tempat, nyari ubi di toko matrial ya gak nemu-nemu... 
Nah masalah justru muncul ketika ubi nya udah di beli...mau dibikin apa ya...
Banyak banget resep kreasi dari ubi ini, tapi setelah bersemedi akhirnya diputuskan untuk membuat roti saja.  Selain karena memang sudah cukup lama tangan ini tidak membanting-banting adonan, juga karena penasaran aja, apa jadinya jika adonan donat kemudian ditransformasikan menjadi Iron man...eh, roti...
Hasilnya, ternyata sangat memuaskan. Teksturnya lembut seperti halnya roti yang dibuat dengan metode water roux dan kelembutannya bertahan lama bahkan setelah rotinya dingin. 

Dari segi rasa juga oke...  meskipun aroma ubinya sendiri sih nggak begitu berasa. Padahal si ubinya ini udah dipake sekaligus buat isiannya juga. Sebenarnya aneh juga roti ubi diberi filling ubi, jadinya serasa jeruk makan jeruk hehhe.. tapi karena penasaran juga sih, makanya kenapa gak dicobain sekalian. Enak memang, apalagi butternya saya tambahkan lebih banyak dari resep aslinya. Jadi aromanya tambah kaya...
Selain diberi filling ubi, sebagain rotinya saya kasih isian meises coklat... seperti yang tampak di bawah..



Read more...

Roti Ubi Ungu
Roti ubi isi coklat
Resep roti yang saya cantumkan berikut, untuk rotinya saya modifikasi dari resep donat kentang milik ibu Fatmah NCC, sedangkan untuk isiannya saya ambil dari resepnya mbak Hesti, yang kemudian kedua resep tersebut saya modifikasi untuk disesuaikan dengan selera dan ketersediaan bahan yang saya miliki di rumah.


Roti Ubi Ungu
nah kalo yang ini roti ubi dengan isian ubi ungu... 

ROTI UBI UNGU


Roti Ubi Ungu





500 gr terigu protein tinggi
75 gr mentega
40 gr Susu kental manis
11 gr ragi instan
200 gr ubi ungu, kukus, haluskan
100 gr gula pasir
4 btr kuing telur
200 ml air dingin
1/2 sdt garam

Isian ubi 
150 gr ubi ungu, haluskan
30 gr gula pasir
25 gr butter [kalo saya dilebihkan sedikit]
25 ml susu cair

Meises coklat
Almon slice, wijen dan kuning telur untuk olesan dan topping



Isian ubi:
Masak semua bahan di atas kompor hingga kalis, angkat, dinginkan. Bentuk bulat.

Roti:
Campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, kemudian masukkan ubi, telur dan air dingin, uleni hingga adonan rata dan setengah kalis. Setelah itu, masukan mentega dan garam, uleni terus hingga adonan menjadi kalis elastis, lalu istirahatkan adonan hingga mengembang permukaan adonan tampak licin. Bentuk adoanan sesuai selera. Jangan lupa memasukan isiannya. Diamkan hingga adonan kembali mengembang, selanjutnya oles permukaannya dnegan kuning telur. Taburi dengan wijen dan almon slice bila suka. Panggang adonan roti di dalam oven dengan suhu 200'C selama 10 menit. Keluarkan dari oven, kemudian oles dengan mentega.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



14 comments :

  1. eeeet dah, si teteh ... Nyari ubi ungu mana ada di matrial, nyari ubi itu di toko mas, pasti dapet deeeh....

    (dapet gaplokan dari ngkoh tukang emas....)
    Hihihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau donk digaplok sekilo :D

      Hapus
    2. PLoKkk...

      TeH Ayu kalo nguleni roti pake mixer khusus roti atw pake manual???

      (tumben pertanyaanku nyambung ama postingan... Uhuuuyyyy....)

      Hapus
    3. manual teh, jadi kalo mau bikin roti, cari momen-momen pas lagi bete, misalnya mau PMS gitu..nah suka bete-bete gimanaa kan? jadi pas nguleni adonannya mantaf banget, dibanting & dikuwel-kuwel...:D

      Hapus
  2. waah....rotinya ungu2...beneran cakep warna ungunya Mbak....dah lama saya ga ngroti...:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya um, hayuuk kita ngeroti lagi...^^
      kalo pake ubi import memang warnanya bagus um..kalo yang lokal, ungunya jadi pudar. Ini pake yg impor juga deh kayaknya..*Lupa gak merhatiin labelnya..

      Hapus
  3. maakkkk... ganti dot com berape duit???? aihhhh kereeeennn....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar $9-10.
      memanfaatan paypal yang ngaggur mbak lisa..:)

      Hapus
  4. Waduh kapan nie mus diajak mamak kirei makan roti buatan sendiri. Sekalian mau belajar euy.. tahun ini ke Bandung lagi insyaallah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaa asyiiik ntar mampir lagi ya om, tapi sekarangmah udah pindah ke daerah bandung barat...^^

      Hapus
  5. ada juga tuh mba, nasi ubi ungu. Rasa mungkin lebih enak lagi + karbonhidrat tinggi banget, soalnya gabungan nasi + ubi, jadi bikin kenyang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kata temen saya mah, namanya menu romusha...karbo semua hehhe

      Hapus
  6. ikutan seneng ah akhirnya berhasil dapet ubi ungu,selamat ya...
    *apaan coba...haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi gara-gara mbak anaa nih jadi pas nemu ubi ungu langsung disikat... padahal mah maish bingung juga mau dibikin apa wkt itu:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^