Egg Tart

Egg Tart/Pie susu
Kulit pie yang crust, diisi dengan campuran susu dan kuning telur nan lembut... rasanya bener-bener aarkkhh.... sulit dilukiskan  dengan kata-kata karena pie ini adalah sesuatu yang lebih cocok dimakan daripada diterjemahkan ke dalam tulisan...


Egg tart, pie susu, kue lontar, atau apapun itu namanya, kini menjadi salah satu favorit saya. Dulu pernah bikin, namanya kalo gak salah, Heimama egg tart, mirip-mirip deh sama yang ini. Bedanya, Heimama egg tart untuk isiannya memakai susu evaporated, dan putih telur. Jadinya kayak puding gitu, agak keras. Nah kalo yang ini fillingnya cuma pake kuning telurnya aja, dan susunya memakai susu kental manis. Tapi bagi yang khawatir dengan aroma amis dari telur atau eneg dari susu nya... percaya deh, ini tuh sama sekali gak berasa amis, dan susunya gak bikin eneg... perfect lah...

Saya membuat ini kalau tidak salah sekitar 2 minggu yang lalu, tapi saya cuma makan beberapa buah, sisanya dibekukan di freezer.. terus, tadi siang  teman saya datang ke rumah, saya menyuguhkan pie ini, dan pie nya masih baik-baik aja gitu, sama sekali nggak berkurang kesedapsentausaannya... Jadi lain kali kayaknya kalo bikin lagi bisa dibikin agak banyak, terus simpen deh difreezer jadi kalo pengen tinggal dipanasin sebentar... yum..yum...^^


Egg Tart/Pie susu

EGG TART a.k.a PIE SUSU




Egg Tart/Pie susu




Kulit
250 gr tepung terigu protein sedang
150 gr mix margarin & butter
1 sdm gula halus
2 kuning telur


Filling
150 ml susu kental manis
200 ml air
4 kuning telur, kocok lepas
15 gr maizena [resep asli memakai tepung custard]
1 sdt vanilla susu [skip]






Filling
Campurkan semua bahan, aduk rata, kemudian saring, sisihkan


Kulit
Campurkan semua bahan ke dalam wadah, aduk memakai pisau pastry atau memakai sendok kayu hingga rata, berbutir, dan beremah. Kemudian, padatkan dan bulatkan hingga adonan menjadi mudah dipulung. Masukan adonan ke dalam cetakan yang sebelumnya sudah dioles minyak goreng. Tuang filling hingga penuh. Tata di atas loyang kemudian panggang selama 50 menit dengan suhu 160'C, atau hingga matang, yaitu hingga kuning telurnya terlihat set dan menguning. 


*Catatan: Suhu panggang tiap oven berbeda makanya penting untuk mengenali oven masing-masing dan disarankan untuk memanggang dengan suhu yang rendah supaya isian tidak cepat menggelembung. Pemanggangan kulit pie bisa dilakukan tanpa isian terlebih dahulu, apabila sudah dipanggang selama kira-kira 10 menit, baru ditambahkan isian, fungsinya agar kulit menjadi lebih kering dan renyah. Apabila kuning telur terlihat menggelembung, turunkan suhunya atau keluarkan dulu dari oven, baru dipanggang lagi. Jadi sebaiknya kalau memanggang pie ini, kondisinya harus selalu di check ya ibu-ibu...

Selamat mencoba, semoga bermanfaat... 

Salam,



18 comments :

  1. Blm prnah bikin kulit pie... Blm punya cetakannya...
    (alasan aje yee..) kayanya gampang ya ncoro eh... Ndorooo....
    Gak nyesel deh belajar perkulineran dg cara begini.. Wihiiiyyy.... Curcol bgt....

    (puding pk telor aja blm d prktekkin, eh sudah nmbah daftar to do... Huummmm...)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampil pisan teh tinggal diludek-ludek aja bahannya jadi deh..:D

      aku juga sebagaian, gak pake cetakan pie, tapi pake cetakan kue lumpur hahahah...iya yang dipoto itu, cuma sayang isiannya jadi sedikit, kulitnya ketebelan. lebih enak yang pake cetakan pie kecil gitu...

      cobain aja smua teh :D

      Hapus
    2. ngke heula atuh teteh... Puding oge ncan jadi.... ;(
      Padahal cetakan pie itu sering kelewat kl lg blnja, murah meriah pula, gak tau np ga d beli2 ya...
      Sekarang dikomporin ama teteh, bakalan cepetan beli aaaaahhh...

      Hapus
    3. haseeek...beliin sekalian yaww...*dikeplak*

      Hapus
    4. ari etah 150gr mix butter n margarine teh perbandinganna sbraha teh? separohan kitu? Penasaran pisan pgn bikin etah kulit pie...

      Hapus
    5. aku mah 100 gr butter 50 gr margarin, atau kl mau setengah-setengah juga bisa, misalnya 75 gr margarin+75g butter

      Hapus
  2. udah lama pengen mbikin tapi disini skm nya mahal dan langka....

    BalasHapus
    Balasan
    1. SKM mahal? waaa apa karena impor ya?

      Hapus
    2. iya Mbak...impor....yg made in japan, jarang (belum nemu) yg halal :(

      Hapus
    3. kirain di Jpg ga ada SKM heheh maksutnya gak ada yang halal gitu ya...

      Hapus
  3. ini cantiiikkkkkk buanget teh, egg tartnya, fotonya....

    BalasHapus
  4. Mbak resep di atas jd brp biji?:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh dah lupa..kira2 16 buah kalo gak salah:D

      Hapus
  5. kalo udah di simpan di frizer, cara panasin nya gimana ?
    thanks,
    dea

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo lagi rajin dioven... kalo lagi males dipanasin diatas pan. Tapi tentunya yg dioven lebih enak..:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^