Balado Terong Ungu

Balado Terong Ungu
Bahan-bahan untuk membuatnya cukup simple, untuk sebuah cita rasa yang luar biasa... terdiri dari terong yang digoreng, kemudian dibumbui cabe dan bawang yang diulek kasar...*simple kan?


Saya adalah penggemar berat balado terong, cuma baru kali ini kesampaian mencoba sendiri membuat balado terong ini. Bukan karena terongnya langka atau karena malas bikin, tapi karena Daddy yang nggak begitu suka sama balado terong. Jadi saya pilih beli yang udah mateng aja deh yang gampang, dan mungkin gak akan pernah nyoba bikin sendiri selama Daddy belum jatuh cinta sama masakan ini. Tapi, rupa-rupanya takdir berkata lain... semua bermula ketika tadi pagi di tukang sayur adanya cuma terong ungu doang itupun ngumpet dihimpitan plastik, mau gimana lagi... ya emang udah jodoh kali yah... biar ngumpet diketek tukang sayur juga kalo udah waktunya bikin mah ya pasti kesampaian...*aseeem...


Dulu ceritanya, waktu di masa-masa kejayaan saya, pas masih mahasiswa sempet KKN bareng sama anak bahasa Jepang, Ajeng namanya. Ajeng temen saya ini masakannya itu wenak-wenak! Indikatornya bisa dilihat dari seluruh peserta KKN yang sekelompok dengan kami, berat badannya pada naik, karena nikmatnya makan masakan bikinan Ajeng. Saya sendiri waktu itu masih blank soal bikin masakan yang enak, *tapi timbang masak aer sama mie instan mah dijamin enak pemirsa... Nahsalah satu masakan favorit saya yang biasa dibuat Ajeng yaitu terong balado. Pokonya terong balado buatan dia tuh enak banget... dudulnya, saya gak pernah nanya  resepnya gimana... Jadilah resep di bawah adalah hasil utak atik saya sendiri...


Read More...

Soal rasa? hm...*pake hm... jadi kurang meyakinkan...
menurut saya sih enak, dan... ternyata Daddy juga mau makan, testimoni nya juga sama, enak katanya. Enggak tau habis berapa potong yang jelas makannya lahap banget.. Alhamdulillah... apa sih yang lebih membahagiakan selain dari abis capek-capek kencan sama ulekan terus hasil masakannya disukai sama suami...ya pan?^^



Balado Terong Ungu



BALADO TERONG UNGU 


Balado Terong Ungu






4 buah terong ungu, potong sesuai selera, goreng hingga kulinya layu
3 siung bawang merah, iris halus
2 siung bawang putih
4 buah cabe merah besar
2 sdm santan kental
2 sdm kecap manis
2 lembar daun jeruk, iris halus
1/2 buah tomat, potong kecil-kecil
Gula
Garam
2 sdm minyak untuk menumis





Tumis bawang merah dan daun jeruk dengan minyak hingga harum dan bawang kecoklatan, masukan ulekan cabai dan bawang putih. Aduk-aduk, masak sampai harum, tambahkan tomat, santan dan kecap. Tambahkan gula garam, terakhir masukan terong yang sudah digoreng. Masak hingga terong dan bumbu tercampur rata. Cicipi, angkat, sajikan dengan nasi hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. Masya allah, lg hr mggu kmrn d rmh aye menunya ginian teteh... Cuma mau d poto eh org2 rmh dh pd laper, ha sudahlah....
    Beneran dah, setuju selapan semmbilan sepuluh dan se se an seterusnya.... Ini masakan emang brapo dah.... (pake "p")

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sudah... masak lagi sanah!
      :D

      Hapus
    2. injiiih ndhorooo...

      Woy teteh, itu cabe d tumbuk kasar karena faktor apa ya kl blh tau...
      Apakah faktor M... (males) atau
      Faktor apa yah...
      Hmmm... I'm wondering.....

      Hapus
    3. karena seninya memang begitu, namanya balado cabenya masih awer-aweran..:D

      Hapus
  2. ini salah satu menu yang paling sering saya masak Mbak....coz selalu nyetok bumbunya di kulkas....mbikin bumbu yg banyak sekalian, biar bisa buat bbrp kali masak, tapi saya ga pake santan biasanya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih idealnya begitu nyetok banyak jadi kalo pengen tinggal dieksekusi.. cm di rumah kulkas saya cepet banget ada bunga esnya jadi suhunya saya turun naikin, makanya gak cocok buat ngebekuin bumbu2..takut jadi rusak..

      itu pke santan mah iseng aja um, hehehe pas lagi masak eh ada sisa santan yang tinggal dikit, dibuang sayang mending sekalian aja dicemplungin heheh..

      Hapus
  3. hai mba... salam kenal ya... saya penyuka terong mba, dan setelah melihat masakan ini jadi ngiler hehehe...pengeennnn :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo jeng salam kenal juga...
      sesama penyuka terong nih..^^
      yuk maree masak...

      :D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^