Bakwan Jagung Bayam

Bakwan Jagung Bayam
Biasanya bakwan jagung itu kan ya jagung aja sama tepung terigu, nah kali ini saya pakein bayam biar ada ijo-ijonya... dan biar lebih sedap aja rasanya.



Gara-garanya mbak Indri nih, kapan hari gitu yah pernah posting bakwan jagung. Kebetulan stok jagung lagi banyak...eh sekarang lagi musim jagung yah? perasaan tiap hari numpuk terus di penjualnya... sebagai pecinta jagung saya sih seneng-seneng aja, artinya bisa dapet jagung segar yang dipetik dan dimasak hari itu juga..selain kalo stoknya melimpah berati harganya jadi murah kaaan?*teuteeeup...*

Nah, ibu ibu... pemirsa seiman, sebangsa dan setanah air...pastinya udah hafal banget gimana cara bikin bakwan jagung. Tapi pernah gak bakwannya pake bayam sama santan? kalo belum, cobain deh... selain jadi lebih banyak sayurannya, juga ngaruh banget ke rasa dan aroma bakwannya. Sukaaa banget. Apalagi diadonananya juga ditambahin tepung sagu dan tepung beras, maksudnya selain tepung terigu.. jadinya garing dan kriuk. Eh, ngomong-ngomong soal mb' Indri tadi, saya juga baru tau kalo bikin bakwan jagung itu pake ketumbar, biasanya nggak... dan ternyata aroma ketumbar sama bayam itu jodoh lho..alias cucookk...^^


Read more...


Bakwan Jagung Bayam

BAKWAN JAGUNG BAYAM








2 buah jagung manis, sisir bijinya [pake piso eaaa kakaaak... bukan pake sisir rambut]
1 ikat kecil daun bayam, rajang kasar
1 butir telur
3 sdm tepung terigu [munjung] tambahkan jika kurang
1 sdm tepung beras
1/2 sdt merica
3 sdm santan kental [semacam kara]
2 tangkai daun bawang iris halus
1 buah cabe merah, iris halus
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
Sedikit air
1 sdm tepung sagu
Minyak untuk menggoreng



1/2 sdt ketumbar
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
[haluskan]



Campurkan bumbu yang dihaluskan dengan semua bahan yang lain, kecuali minyak goreng. Aduk hingga rata. Diamkan dulu minimal 5 menitan, supaya bumbunya menyatu semua. Panaskan minyak, kemudian ambil 1 sendok sayur adonan, lalu goreng hingga kecoklatan. Lakukan sampai habis.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



4 comments :

  1. Permisi kakak, numpang nanya, itu pk jagung manis ya?~
    Kira2 mnisnya itu manis gula pasir, gula jawa, gula palm ataauuuu manis ky akyuuuu???
    D tnggu jwbnnnya ya....
    ¤…¤

    BalasHapus
  2. disini barusan musim jagung....seneng bangeet rasanya....2 minggu lalu masih mahal...1 jagung 13 rb harganya...skrn udah murah...10rb dapet dua...tapi lagi males ngebakwan ni Mbak, dikukus aja...buat cemilan krucil ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya um... sama ini tiap hari bikin jagung kukus murah sih yah, 5000 dapet 5 buah:D kalo di supermarket 11rb cm dapet 3 buah...:(

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^