Puding Kacang Hijau

Puding Kacang Hijau
Terbuat dari kacang hijau rebus yang di kasih agar-agar, gula, santan dan daun pandan...rasanya kayak makan bubur kacang, tapi ini lebih lembut....


Pertama kalinya nyobain bikin puding kacang hijau. Aneh juga sih kacang hijau kok dibikin puding. Tapi kayaknya enak juga, dan bener aja memang enak kok apalagi pas disajikannya dingin-dingin... sukaa banget*serius beut...
Bahan untuk membuat puding ini, gak jauh beda kayak bikin bubur kacang hijau, bedanya ya cuma dikasih agar-agar aja. Kacangnya setelah direbus, terus diblender sampai halus, habis itu baru deh dimasak lagi sama agar-agar. 

Sedikit tips buat pemirsa yang mau ngirit gas saat merebus kacang hijaunya. Terlebih, jika kelupaan kacangnya gak sempet direndem dulu. Cara paling gampang yaitu dengan merebus kacang di air mendidih sebentar saja, setelah itu matikan api, kemudian tutup pancinya. Biarkan selama kurang lebih 30 menit, atau hingga kacang mengembang, abis itu baru deh kacang direbus lagi, tapi ngerebusnya gak begitu lama, karena kacangnya udah nggak begitu keras. Mudah dan lebih irit gas kan ibu-ibu?*kayak SPG aja..




Read more...


Puding Kacang Hijau


PUDING KACANG HIJAU
[Resep hasil uji coba suka-suka saya]







150 gr kacang hijau, rebus sampai lunak
100 ml santan kental
750 ml air 
150 gr gula merah, sisir halus *sisir pake pisau ya jangan pakai sisir rambut
2 lembar daun pandan, potong-potong
6 sdm gula pasir, [kurangi, atau tambahkan sesuai selera]
1 bungkus agar-agar putih







Blender kacang dengan 250 ml air sampai halus. Campurkan kacang hijau yang sudah dihaluskan dengan sisa air dan semua bahan lainnya, aduk lalu jerang di atas api. Masak sampai meletup-letup dan agak mengental. Matikan api. Masukan ke dalam cetakan. Hilangkan uap panasnya terlebih dahulu, sebelum dimasukan ke dalam lemari es. Sebaiknya disajikan dingin.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



9 comments :

  1. huua teh lina maapkeun komentarmu terhapus salah pencet tombol...xixixixi

    pudingnya enak dan lembut, cobain deh pati anak2 suka..
    sekali lagi maaf yaaa...hehhehe*alamat bakal disuruh push up nih:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. apppppaahhh????
      Tegaaaaaa....
      Huuuu... Ga usah push up, cukup bikinin puding kcg ijo aja yg banyaaaakkkk!!!?

      Hapus
    2. iya siap bos...bikin yang banyak trs dimakan sndr ya hihihi...

      Hapus
  2. pudingnya pasti lembuut banget ya Mbak.....belum pernah mbikin, kacang hijau disini mahal....200gr harganya 12rb-an....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya um..lembyut dan gurih khas nya kacang ijo gitu lah...
      alamak, karena impor kali yak...hehe saya sih gratisan. biasa, dikasih mertua hihihihi...

      Hapus
  3. Kayak kartun.
    Ahahahahaha sisir pake sisir rambuta aja :p

    BalasHapus
  4. Gambar pudingnya, kenyol2 kayake :D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^