Martabak Manis wanna be...

Martabak Manis
Ini martabak manis yang bahan pembuatannya memakai resep kue bestari kemarin. Terserah deh yah apapun itu, martabak ini teuteup yummi...!



Penampakannya udah mirip martabak belum sih? mirip lah ya...*maksa..
Ini adalah martabak manis yang kemarin sempet di bahas di topik Kue Bestari. Kenapa di bahas? karena akibat dari kemalasan saya mencetak satu-satu kue bestari, yang mana ukurannya mini-mini, sementara saya pegel kalo harus nongkrongin kompor, makanya saya jadikan martabak aja deh sisa adonan kue bestarinya. Dengan asumsi, mereka berdua sama-sama berongga/bolong ketika dipanaskan*kalo gitu sundel bolong juga bisa dijadiin martabak dong yah, pan sama-sama  bolong eaaaa kakak?!...asumsi yang aneh....
Makanya meskipun harap-harap cemas juga sih, gimana kalo nantinya malah jadi gatot, alias gagal total. Untunglah, hasilnya lumayan...iya kan lumayan...?!*kok kayak gak yakin gituh xixixixi..

Nah soal penampakan udah dibahas, sekarang mari kita simak bagimana rasanya...
Meskipun dari segi tekstur nggak terlihat seelastis selayaknya martabak yang biasa dijual mamang-mamang di pinggir jalan. Begitu juga dengan rongganya, tidak se-menganga seperti  yang seharusnya tapi secara keseleruhan sedap kok, manisnya pas, intinya as 'good' as seen in the pic lah...*pedejaya...



Read More...

Resepnya kemarin emang udah di bahas, tapi, barangkali pemirsa ogah nge-klik linknya, saya tulis ulang deh, mumpung lagi rajin...dengan catatan: sebaiknya adonan ditambahkan margarin cair sebanyak 1 sdm, soalnya kue bestari kemarin, sama sekali gak pake, kecuali kalo emang gak pengen pake... terserah deh ya..



Martabak Manis



MARTABAK MANIS wanna be..

Martabak Manis








250 gram Tepung Terigu
1 sdt ragi instan
100 gr Gula Pasir
1 butir telur
300 ml Air [tambahkan jika terlalu kental]
2 sdm susu bubuk [resep asli tidak pakai]
1/2 sdt vanilla bubuk [resep asli tidak pakai]
1 sdm margarin, cairkan [cuma saran aja sih]


Susu kental manis, secukupnya
Meses/kacang/keju untuk taburan, secukupnya
Mentega secukupnya, untuk olesan





Masukkan ragi instan ke dalam air, aduk hingga larut. Di wadah terpisah, masukkan  gula dan telur ke dalam tepung terigu, lalu tuangi air ragi perlahan-lahan, tambahkan margarin cair, aduk hingga kalis. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit.

Panaskan cetakan martabak atau pan datar anti lengket, olesi dengan mentega, sedikit saja. Tuang adonan, masak hingga permukannya terlihat berlubang banyak dan kulitnya terlihat kecoklatan*kecoklatan yah, bukan kegosongan... 

Angkat martabak dari pan, taruh di atas piring, kucuri dengan susu kental manis, taburi dengan keju/meses/kacang, belah dua kemudian tumpuk. 


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,




4 comments :

  1. Asumsinya loecoe bangaaaatt....
    Berarti idung bolong juga termasuk.....
    Hahayyyhy....

    BalasHapus
  2. pengen bertamu ke Mbak Ayu nih...rajin banget mbikin cemilan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. mariiii Um, pintu rumah selalu terbuka buat ummu...^^

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^