Kue Bestari

Kue Bestari
Kue ini terbuat dari tepung terigu yang di ragi-in, terus dicetak di kue lumpur...jadi deh...! mirip sama apem selong yah?



Bestari artinya apa sih? menurut pemilik resep ini, mb' Hayatika Ukiyanus, bestari berarti Bersih, tertib, aman dan lestari. Terus hubungannya sama kue ini apa? jadi konon katanya kue ini selalu dijajakan di pasar Probolingo, yang memang menyandang kota Bestari, makanya pedagang yang jualan kue ini kemudian menamakannya kue bestari... *nyambung gak eaa kakak....?


Penampakannya sekilas memang mirip sama apem selong, tapi ternyata agak berbeda  dari bahannya karena apem selong umunya memakai tepung beras, sedangkan kue ini memakai tepung terigu. Punya saya penampakannya kurang begitu cantik karena salah menekannya, akibat  kurang teliti baca resep.  Seharusnya adonan ditekan memakai sendok sayur, saya malah ditekan pake sendok biasa*sendok makan kamsutnya... jadinya 'efek mleber' ke sampingnya itu nggak mulus. Malah jadinya plintat plintut begini heheh. Tapi gak apa-apa deh namanya juga coba-coba, barangkali ntar kalo mau nyobain bikin ini lagi penampakannya bisa lebih mirip sama aslinya.


Read More...



Kue Bestari




Satu resep kue bestari ini, ternyata jadinya lumayan banyak, cuma karena saya lagi males nongkrongin kompor, sementara sekali bikinnya lumayan lama, *karena memakai api yang kecil jadi biar cepet saya jadiin martabak aja deh sisa adonanya. Cuma kali ini si martabak belum bisa tayang, insyaAlloh besok deh yah, dikasih intip begimana jadinya adonan kue bestari disulap jadi martabak manis. Biar penonton gak usah ngeload gambar terlalu banyak, soalnya kasian aja gituh para fakir bandwith, kalo kudu buka page sedemikian berat, padahal isinya timbang gambar-gambar dodolz...


KUE BESTARI
Source: Hayatika Ukianus


Kue Bestari







250 gram Tepung Terigu
1 sdt ragi instan
100 gr Gula Pasir
1 butir telur
300 ml Air [tambahkan jika terlalu kental]
2 sdm susu bubuk [resep asli tidak pakai]
1/2 sdt vanilla bubuk [resep asli tidak pakai]

Susu kental manis, secukupnya
Meses/kacang/keju untuk taburan, secukupnya
Mentega secukupnya, untuk olesan






Masukkan ragi instan ke dalam air, aduk hingga larut. Di wadah terpisah, masukkan  gula dan telur ke dalam tepung terigu, lalu tuangi air ragi perlahan-lahan, aduk hingga kalis. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit.

Panaskan cetakan kue lumpur, olesi dengan mentega, sedikit saja. Tuang adonan hingga setengah tinggi cetakan, lalu tekan bagian tengahnya dengan sendok sayur hingga membentuk kulit pada dindingnya. Taburi gula, dan panggang di api kecil hingga kulit mengering.

Keluarkan dari cetakan, pulas dengan mentega, susu kental manis, dan taburkan meses atau bahan taburan lainnya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



5 comments :

  1. klo krucil di rmh sukanya nitilin bagian yg krispi2 nya Mbak....eh tp sy blm pernah mbikin ini, males mbikin yg ribet2 nih skrg....:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa...krenyes2 gitu hehhehe...
      betul, mangkanya dibikin martabak aja de..repot gitu, sedikit2 dituangnya, mana nunggu matengnya lama :D

      Hapus
  2. Mbak kalo gak pake ragi instant boleh gak ya?

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^