Banana & Cinnamon Loaf

Banana & Cinnamon Loaf
Cake perpaduan antara pisang dan kayu manis... dengan tekstur yang moist. Agak kemanisan sih menurut saya, tapi lebih dari cukup untuk menjadi pendamping minum teh di sore hari yang dingin, kayak di Bandung inih...brr....



Alasan klasik, setiap kali membuat cake atau brownies, atau apapun yang ada pisangnya, pasti karena kelebihan stok. Seperti Banana loaf yang saya buat kemarin ini, bingung mau dibikin apa, akhirnya ngutak ngatik resep sendiri aja deh. Hasilnya seloyang banana cake dengan aroma kayu manis yang moist cukup membuat Kirei chan si sulung, kegirangan. 

Untuk resepnya, saran saya bagi yang ingin mencoba cake ini sebaiknya gulanya dikurangi sebanyak 20  gram. Soalnya dari pisang aja udah manis, belum lagi saya tambahkan SKM dan chocochips jadinya makin manis aja kayak yang bikin..*dilempar panci... Terus di adonanya saya sama sekali tidak memakai baking powder atau baking soda karena nggak begitu ngefans sama kedua bahan tersebut, kecuali kefefet bangeed baru pakai. Nah bagi pemirsa yang budiman, yang pengen cakenya lebih mengembang, bisa membahkan kedua bahan tersebut sebanyak 1/2-1 sdt. ke dalam adonanya. Bagitu juga kalo nggak begitu doyan sama kayu manis, skip aja..soalnya cake ini berbau rempah, bagi yang kurang suka, baunya pasti mengganggu banget, terus ntar namanya diganti jadi banana loaf aja heheh...*penting emang eaa kakak?



Read more...



Banana & Cinnamon Loaf



BANANA & CINNAMON LOAF



Banana & Cinnamon Loaf
Add caption











6 buah pisang ambon matang, haluskan dengan garpu
200 gr tepung terigu
100 gr gula palem
50 gr gula pasir [sebaiknya kurangi sebanyak 20 gr]
2 butir telur
100 gr margarin, lelehkan
40 gr susu kental manis
45 gr chocochips
1 st kayu manis bubuk

Almond slice untuk taburan







Panaskan oven, set di suhu 180'C
Campur dan ayak tepung terigu dengan kayu manis bubuk, sisihkan.
Oles loyang dengan margarin, kemudian taburi tepung terigu, atau alasi dengan kertas roti.

Kocok telur dan gula hingga mengembang, masukan pisang yang sudah dihaluskan, kocok dengan kecepatan tinggi sebentar saja, matikan mixer. Masukan tepung terigu yang sudah diayak dengan kayu manis, tambahkan margarin cair, aduk hingga rata, tapi jangan sampai over mix.

Masukan adonan ke dalam loyang, kemudian panggang selama 30-35 menit atau hingga matang, lakukan tes tusuk untuk menyakinkan. Keluarkan dari oven, tunggu sebentar, kemudian keluarkan dari loyang.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



14 comments :

  1. sssllluurrrrppp... Iya mbetul teh, sy pribadi kurang suka dg cinnamon, sukanya doraemon...
    Wkwkwkwk...:)

    BalasHapus
  2. maakkk... lapeerrrr... udah lama ga makan cake... >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo laper makan nasi aja mbak yu, makan kue mah gak kenyang2..:D

      Hapus
  3. mauuu ...mauuu...mauuu.....dah lama ga mbikin banana cake....

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih langka pisangnya ya um?

      Hapus
    2. ada sih Mbak....tapi mahaall....tapi setiap hari beli, dimakan langsung gitu aja secara pisang disini enak2...lembut dan manisnya pas....sehari bisa habis sesisir.....

      Hapus
    3. heuheu... kayak saya donk sukaaa banget sm pisang..
      cm yang makan di rumah paling berdua sm kirei jd banyak nyisa..:D

      Hapus
  4. Aq g suka bau kayumanis di kue2 klo buat muinuman akur aja deh ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa? sedaaap lho...
      apalagi kl bubur sagu/jagung...wihhhh sedaaaap....

      Hapus
  5. Nyam..nyam...
    Lama gak mampir dimari :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo mb, Ivone... sibuk ngurusin beby ENju jari jarang ol ya:)

      Hapus
  6. ini ngocok pake mixernya g sampe kental berjejak ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. emh... dah lupa tapi kayaknya sih sampe kenta, makasih koresinya ya kang..

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^