Thumbprint Cookies


Thumbprint Cookies
Thumbprint Cookies, seperti namanya, emang kue yang dipenyetin tengahnya pake jempol, terus diisi selai, atau kadang dipanggang dulu nah pas udah mateng baru selainya dimasukin. Sedaaap!



Edisi mudik sudah berakhir....!
Padahal orang-orang di wikend ini baru pada mau mudik karena long weekend. Saya sendiri sebenarnya sudah harus berada di Bandung sejak hari selasa kemarin. Tapi yah... mau gimana lagi, seperti yang kemarin saya bilang di blog saya yang satunya lagi, hidup memang tak semulus paha ayam Cheribel..saat kita butuh cepet, selalu ada gangguan. Tapi apalah artinya menunggu ketika semua sudah kehendak Alloh, sabar saja... mungkin selalu ada hikmah dibalik semua ini...*sekalian curhat ceritanya... jadi nggak usah dibahas lagi, meskipun sebenarnya pengen cerita panjang lebar, cuma saya memang tidak pandai bertutur tentang kesedihan, mending kita lanjut sajah acara masak memasaknya ya ibu-ibu.....*berasa lagi bawain inpotainmen kalo termehek-mehek mulu...



Read More...



Thumbprint Cookies


Cookies ini dibuat dalam rangka memberdayakan selai raspberry yang menganggur gak karuan di lemari penyejuk. Karena kebiasaan saya yang lapar mata, padahal jelas-jelas saya ini bukan pecinta selai buah, masih saja beli selai beginian. Alasannya klasik, mumpung lagi murah hihihi... *jangan dicontoh kelakuan seperti ini yah ibu-ibu.. Nah, daripada nunggu tanggal kadaluarsanya mulai mefet, saya buru-buru deh bikin cookies ini, karena memang belum pernah bikin juga sih. Setelah jadi, langsung saya cobain, dan ternyata memang cookies yang baru keluar dari oven, yang aroma butternya masih melayang-layang di udara, yang selainya masih sedikit meleleh-leleh itu, heaven bangeed...! 


Saya sengaja memasukan selainya sebelum cookies ini dipanggang, jadi biar gak repot aja gitu nantinya. Meskipun sebenarnya kalo pengen tampilannya lebih tjakep, sebaiknya selainya dimasukan setelah cookies nya mateng... ya terserah aja sih, yang penting mah enjoy.  Ya makannya , ya bikinnya...! otre?!


THUMBPRINT COOKIES



[Resep hasil modifikasi dari Pineaple Tart yang dulu saya buat]





Thumbprint Cookies





230 gr tepung terigu
180 gr butter 
2 kuning telur
80 gr susu kental manis
1 sdm tepung maizena


Selai untuk isian [terserah selai apa saja]
1 putih telur, kocok rata [untuk celupan]
Kacang sangrai, tumbuh agak kasar [saya pakai mede, bisa diganti dengan kacang tanah atau silahkan bereksperimen dengan apa saja yang dirasa cocok]







Kocok butter dan susu sampai lembut, masukan kuning telur, kocok asal rata. Matikan mixer, masukan tepung terigu dan meizena, aduk rata. Ambil adonan, kemudian bulatkan, celupkan ke dalam putih telur, masukan ke dalam kacang tumbuk. Susun di atas loyang, selanjutnya tekan di bagian tengah dengan ibu jari atau bisa juga memakai melon baller. Beri isian, lakukan sampai habis.

Panggang hingga matang, lalu Keluarkan dari oven, segera angkat dari loyang, kemudian taruh di rak kawat, setelah dingin, masukan ke dalam toples.



Selamat menocba, semoga bermanfaat...
Salam,



10 comments :

  1. sodorin toples kosong aahh... :D

    BalasHapus
  2. assalamu'alaikum mba...
    Cantik banget cookies'y... Ini teksturnya gimana mba? Apakah seperti nastar atau seperti biskuit? Soal'y dia terlihat tebal deh...
    (penasaran bu....)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam...

      Teksturnya ngeprul teh, mungkin karena pakai maizena. Terus pengaruh dari butternya juga kali, jadinya lumer gitu deh...

      :)

      Hapus
  3. Kesian cheribell dibuli mulu nih di mari :D

    BalasHapus
  4. Klo kue macem gini pakenya otang atau listrik teh?

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^