Sate Lilit Ayam

Sate ini, seperti judulnya terbuat dari ayamlah...dicampur sama bumbu dan rempah, terus "dililitin" ke batang serai, panggang, jadi deh sate lilit ayam...sukaaa!



Penampakan satenya nggak begitu tjakep, gak keliatan kayak pentungan, amburadul kemana-mana...soalnya bikinnya grasak-grusuk*jadi ingem mb' Wewet.. ditungguin orang lapar. Biarin deh yah, nggak usah fokus ke bentuknya, fokus ajah ke yang nulis*eh... fokus ke rasanya... 

Sate lilit ini merupakan salah satu masakan tradisonal khas pulau Bali *as u know..... dan biasanya bahan dasarnya ikan laut, tapi karena saya tidak sanggup menanggung amis, makanya saya lebih prefer bikin sate lilit ayam aja deh. Penyajian sate ini biasanya bersama dengan sambal matah, yaitu sambal yang terbuat dari irisan cabai rawit, serai, bawang merah, serta diberi perasan jeruk nipis. Sambel mentah ini yah, gak digoreng dulu kayak sambel terasi... cuma...karena nggak terbiasa dengan sambal matah, Daddy rikues nya sate ini dimakan sama bumbu kacang aja, biar kaya' sate Madura katanya...nah lho... jadi gak original lagi donk, satenya sate lilit bali, bumbunya ala bumbu kacang sate Madura *hahhaha begimane inih.... biarin deh, daripada protes, gak bakalan menang, turutin aja, suka-suka yang makan, yang penting mah abiss....!



Read More...

Sejujurnya, baru kali ini saya makan sate lilit, jadi kira-kira aja kayaknya beginilah sate lilit ituh.. sayang banget, dahulu kala, saat berkunjung ke pulau dewata, saya nggak sempet icip-icip sate lilit karena rada risih juga waktu itu kalo jajan di sana, khawatir dengan ke halalannya. Jadi gak bisa jajan semaunya...ada sih yang warung bertuliskan halal gitu, eh dipinggirnya malah ada bebi guling *pork kamsutnyah... ilang deh selera makan... nemu sate ini justru di Lombok, waktu makan malem di salah satu resto. Sayang, teman-teman saya yang rakus dan kelaparan setelah seharian muter-muter belanja sana sini, langsung menghajar semua sate di meja makan.... yah ngalah aja deh, belum jodohnya mau gimana lagi...  dan sekarang setelah bisa bikin sendiri puas-puasin deh makan sate lilit...

*Catatan: sekedar masukan, kalo pengen aroma sate dengan cita rasa rempah yang lebih nonjok, jangan lupa bumbu-bumbunya dibakar, atau disangrai terlebih dulu, seperti halnya yang disarankan dalam resep, otre?







SATE LILIT AYAM
Source: SajianSedap
[dengan modifikasi sana sini, ala saya]








250 gram dada ayam giling
1 tangkai daun bawang, iris halus
1 1/2 sendok makan santan kental instan
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
2 sendok makan minyak untuk menumis
10 batang serai untuk tusukan



Bumbu [haluskan]
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1 cm kunyit, bakar
2 butir kemiri, disangrai
1/4 sendok teh ketumbar, sangrai
1/2 sendok teh terasi, dibakar







Tumis bumbu halus sampai harum. Angkat.
Campurkan ayam giling, daun bawang, garam, dan gula pasir. Aduk rata
Ambil sedikit adonan, Buat pentul di batang serai, kemudian bakar di atas pan yang sudah dipanaskan dan dioles sedikit margarin. Bakar sampai matang dan harum. Sajikan


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



23 comments :

  1. Hihehe asyiknya jadi pengunjung pertamax. Hiehiehihee Jingkrak guling guling. Resepnya asyik dan layak dicoba nih di dapur di rumah saya.

    Kebetulan anak anak saya (5 tahun dan 2,5 tahun) kadang suka makan. Maunya SOSIS saja. Smoga resep ini bisa membuat mereka mau menu makanan yang bergizi dan bervariasi seperti ini. Salam kami Sekeluarga di Pontianak

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat kang Asep, dapat panci satu lusin, hadiahnya bawa ke mas rawin aja hehehhe...

      Ough betul itu kang, sosis kan makanan awetan tidak baik dimakan sering2 lebih baik menggiling sndr dagingnya, lebih fresh dan kandungan garamnya tidak sebanyak seperti halnya sosis^^

      salam kenal juga buat keluarga di sana..

      Hapus
  2. dililit mah kaya pramuka belajar tali temali, ceu...
    itu mah ayam ditusuk sereh
    kumaha sih..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, itu pas bikinnya ngerapiin sisi-sisinya dililit gitu mas...:P

      Hapus
    2. pake dirapiin segala
      begitu mateng aja langsung diaem...

      Hapus
    3. kalo gak dirapiin ambrol mas..apanya yang mau dimakan? serehnya dong?:P

      Hapus
  3. tapi tampaknya uenaakk, as always... pinter banget motretnya... hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak lho mbak yu..

      ah bisa aja, maklum segala cara dikerahkan sebelum kebeli kamera idamannya:D

      Hapus
  4. Naseeeebbbb tak semulussss.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ???
      ...
      mau pake paha ayam, ada bulunya wkwkwk...

      Hapus
    2. Cabutin dulu lah yaaa...

      Hapus
    3. abis itu di wax, terus medi pedi....hahahha..

      Hapus
    4. Itu ayam apa cherrybells sih?

      Hapus
    5. ayam lah...pan ceritanya mau bikin semur kayak yang diiklan kecap itu lho mbak..mulus kyk cherybel, cuma ini pake cekernya jadi kudu meni pedi juga donk...hihihi

      Hapus
  5. enaak ini Mbak...anak2 jg doyaan ^^

    BalasHapus
  6. Pagi-pagi buka ini...nyam nyam jadi lapar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari kita coba menunya teh heheh

      Hapus
    2. Menu seperti ini masuk dalam kategori "sulit" buatku teh *pemales :))

      Hapus
    3. hehehe kl sy menu yg beginian paling mls dibagian nyangrai2 nya...:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^