Sambal Pelecing Kangkung

Pelecing Kangkung
Pelecing ini terbuat dari Kangkung dan tauge kemudian di siram sambal, semacam sambal terasi tapi sambelnya di kasih kemiri...gak usah ditanya lagi, sedap!



"Pelecing ini lebih mirip pecel dibandingkan sambel", begitu kata teh Rien, dan saya sepakat! Mirip banget sama pecel, cuma pecelnya beraroma terasi, dan kemiri. Terus, kalo pengen dapet sensasi kacangnya, tidak bisa langsung muncul di lidah ketika pertama kali pelecing ini masuk ke mulut. Harus ada sedikit usaha, dengan cara mengunyah kacang utuh yang dicampurkan ke dalam pelecing ini. Nah di akhir cerita, barulah sensasi pecelnya muncul. Begitulah kira kira sedikit gambaran mengenai pelecing ini*seru khaaan mangkannya... anggep aja another way to taste pecel...

Sekilas  informasi mengenai pelecing, sebenarnya pelecing ini merupakan salah satu sambel pelengkap dalam penyajian ayam taliwang. Selain sayurannya terdiri dari kangkung dan tauge, kadangkala pelecing juga dilengkapi dengan kacang panjang, dan menurut tante Wiki, 'kangkung yang digunakan berbeda dengan kangkung yang biasanya ada di Pulau Jawa. Kangkung untuk pelecing ini berupa kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu, yang menghasilkan kangkung dengan batangan besar yang renyah'. Seperti apa kangkung tersebut jelasnya? sejujurnya saya juga kurang tau...cuma sekali saya ke Lombok, dan selama di sana saya gak ada waktu merhatiin kangkung, soalnya Senggigi jelas lebih mencuri pandangan saya deh..*FYI, kangkung yang saya pakai kangkung yang biasa yah, bukan seperti yang dimaksud di atas..



Read More...
Resep sambel pecel pelecing ini, kemarin saya lihat penampakannya di blog catatan perjalanannya teh Rien.  Hatur nuhun buat resepnya ya teh...bagi yang senang membaca-baca berbagai petualangan seru, mangga silahkan mampir dan berkenalan dengan empunya blog ini*sekalian promo nih pemirsah...^^



PELECING KANGKUNG
Source: Travelerien







1 ikat kangkung, siangi, cuci bersih
25 gram Tauge [saya pakai 50gr]
2 siung bawang putih
1/4 sdt garam
1 buah jeruk limau, ambil airnya
2 butir kemiri
1 buah tomat matang
1/2 sdt terasi
1 sdt gula merah
2 sdm kacang tanah goreng [saya disangrai]
2 buah cabai merah
3 buah cabai rawit merah [saya cuma pakai 2 buah]
minyak goreng secukupnya






Rebus/kukus Kangkung dan Tauge, angkat, tiriskan.
Goreng hingga layu cabai merah, cabai rawit merah, bawang putih, kemiri dan tomat, lalu haluskan, jangan lupa tambahkan gula dan garam, tambahkan air jeruk limau, aduk rata. Cicipi, pas kan rasanya.
Tata kangkung dan taoge di atas piring, siram dengan sambal, taburi dengan kacang goreng. Sajikan bersama nasi hangat dan ayam taliwang.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. ga tau kenapa.... pas liat kangkung ini, fotonya keren banget, serasa di depan mata, jadi pengeeeeen! terus liat ke kanan dikit ada foto ikan teri cocok banget tuh mba ayu hehe, mba ayu jualan makanan juga kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh makasih mbak...
      memang pelecing kangkungnya lezat mbak...dan memang meskipun disajikan dengan teri, bukan dengan ayam taliwang rasanya tetap enak, soalnya sy juga makan ini sma teri heheh..

      terima kasih sudah mamapir:)

      Hapus
  2. baru pertama kali denger sambal plencing kangkung nih Mbak....fotonya cakeep...jadi inget pecel nih, pecel langganan di bojonegoro....*lap ileeerr :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama um, baru sekalinya ini saya juga makan yang beginian hehhe...
      anything about pecel memang bikin ngiler ya um....sekeren apapun salad ala western, saya lebih milih pecel dan kawan-kawannya hehhehe...

      Hapus
  3. Enakan kangkung biasa daripada kangkung air the
    Agak2 berlendir kalau di tumis, trus keras.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ouwg gitu?
      *ngebayangin kangkung lendiran....tapi alot*

      gak jadi deh nyobainnya hehehhe kebayang gimenong gituh..

      Hapus
  4. Woaaaah.....penampakan Pelecing Kangkung teh Ayu lebih menggoda dan menggiurkan. Jadi pingin bikin lagi!

    wakakak...pake promo segala

    BalasHapus
  5. Oh iya, di Sumsel saya sering lihat kangkung seperti yang teteh maksud. Kangkungnya memang bukan di tanam di tanah, tapi dibiarkan tumbuh kemana-mana di rawa2, sungai2, atau di tempat2 seperti danau. Buku2 (ruas) antara daun yg satu dengan yg lainnya jauh2, tangkai daunnya juga lebih panjang, dan warnanya hijau muda terang. Kalo yg ditanah, pendek2 dan rada keras kalo digigit, daunnya juga kadang kemerahan. Dan bener, kalo kangkung air, ga berlendir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi begimana inih..kata mbak indri berlendir, kata teh Rien berlendir...?!:D

      Hapus
  6. pas banget ada kangkung yang bingung mau diolah apa nih teteh. esok diesekusi deh :D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^