Kecimpring

Kecimpring
Terbuat dari singkong parut, dicampur dengan bumbu, kemudian dikukus, dijemur, baru deh digoreng... Enak dan keriuk-kriuk lah pokonya...




Seumur-umur gak pernah mimpi deh bakalan bikin kecimpring. Soalnya di Bandung yang beginian gak begitu susah di cari. Datang saja ke pasar tradisional, biasanya selalu tersedia. Cuma dalam bayangan saya, yah siapa tau suatu hari kelak, mau nyusul Ummu Fathima ke Japan, atau mengunjungi teh Dewi di Jerman, terus tiba-tiba pengen makan kecimpring, kan gaswat, makanya.. gak ada salahnya juga nyobain bikin, pan?

Lagi pula saya pernah diajari mama cara bikin makanan tradisional ini. Gampang aja kata mama, singkongnya diparut, campur sama bumbu, terus dijembrengin di atas tutup panci, dikukus, dijemur, goreng deh.... as simple as that? owh...no! ternyata kenyataannya ruempong juga pemirsa... apalagi kalo singkongnya diparut sendiri... arkkhh bencana! mending kalo parutannya bener, punya saya parutannya keluaran tahun jebot, dan agak tumpul serta bodinya yang plintat-plintut *deritamu ceu.. Saya enggan beli parutan baru karena saya pikir, saya nggak begitu seneng marut-marut, makanya nggak usah apdet perkakas. Kalo tau bakalan marut singkong mah, udah pasti beli yang baru aja deh...sesuatu banget soalnya..puegel..



Read More...


Dulu, mimih, *nenek saya yang memang tukang masak dan bikin kue, sering bikin ini. Padahal waktu itu saya paling seumuran Kirei, tapi kenangan mengenai cara membuat kecimpring ini masih terekam dengan baik diingatan saya. Jadi meskipun mama menjelaskannya selewat by phone...radar di otak saya yang biasanya lola*lola in Inglish means...loading na lila.. tiba-tiba langsung tersambung dengan ingatan di masa kecil itu. Setelah praktek sendiri, well.... hasilnya sangat memuaskan... enak, gurik, kriuk-kriuk dan langsung habis dihajar bertiga sama Kirei dan Daddy...^^



KECIMPRING/ KICIMPRING
[Resep hasil kira-kira sendiri]








350 gr singkong, parut
2 buah bawang putih, parut
2 tangkai daun bawang, iris halus
1 buah cabai keriting, iris halus
1/2 sdt garam
Sejumput gula
Minyak untuk menggoreng






Kecimpring
Parut singkong, hingga halus


Kecimpring
Campurkan dengan semua bumbu, kemudian aduk rata


Kecimpring
Ambil kira-kira satu sendok makan adonan, taruh diatas tutup panci, ratakan hingga tipis. Buat motif dengan garpu.



Kecimpring
Taruh tutup panci di atas kukusan, kemudian kukus selama 5-7 menit, atau hingga singkong terlihat berwarna bening


Kecimpring
Buka tutup panci, kemudian lepaskan singkong dari tutup panci, taruh di atas wadah yang datar, lalu jemur hingga kering selama 2-3 hari tergantung panasnya cuaca. Apabila sudah benar-benar kering, goreng hingga matang


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



22 comments :

  1. Aih.. bikin laper.. apa kabar teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sehat om...hehe gimana nih kbarnya?:D

      Hapus
  2. aneehhh... daku ketinggalan banyak postingan baru disini... lha di recent news daku masih sate lilit ayam terus belom berubah2... hiks...
    untung mau nyari resep cistik dimari jadi tau apa yg sebenernya terjadi... *mewek

    BalasHapus
    Balasan
    1. cup cup mbak yu jgn cedih, barangkali BS nya sedang eror:D
      mau bikin cistik yah buat Abel?...hehe...

      Hapus
    2. iyah, mau eksekusi ternyata ga punya telur mentega n keju, udah pesen abi tapi lupa ga dibeliin... pending dulu deh :(

      Hapus
    3. ough...gt..
      hehe sabar ya ummu abel chayank, mudah2an besok2 abinya nggak lupa:)

      Hapus
  3. ini klo d jepara namanya kerupuk samier mom....pake seledri juga... enak memang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. oowgh gitu?berarti kecimpring lmyan populer juga yah di luar daerah jabar, cuma mungkin namanya aja yg beda..:)

      Hapus
  4. Teh itu waktu ngukusnya tutup panci dimasukkin dalam kukusan gitu? Tutup pancinya ngadep atas kah :D
    Tutup kukusan dikasi serbet engga? Biar air g netes?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dimasukin aja biasa, ngadepnya ke bawah, seperti biasa aja dan gak usah dikasih serbet. bukan sulap bukan sihir, singkongnya gak bakalan jatuh kok:D

      Hapus
    2. Nah itu dia mikirnya bakalan tumplek tu singkong :D

      Berati klo mau bikin bny bisa berulang2 ya prosesnya?

      Hapus
    3. hihi sebenarnya pas pertama kali ngukus saya juga khawatir bakalan tumpah apa gimana gituh, tapi memang nggak kok:)


      iya bisa beberapa kali. atau kalo mau cepet gak usah dibentuk bulet2 krupuknya, cukup diratakan ke seluruh permukaan tutup panci, ntar kalo dah mateng, potong-potong, baru jemur. jadi gak ada space yang kosong di tutup itu...*kebayang kan yah?

      Hapus
  5. klo di bojonegoro namanya samiler....bulet2 lebaar....niat banget mbikinnya Mbak....dijemur bbrp hari ya...saluuut buat Mbak Ayu yg rajiin ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hohoho seru juga yah, beda2 namanya...
      iya nih kurnag kerjaan ngapain coba bikin beginian, udah tau rempong :D

      Hapus
  6. Di cirebon namanya OPAK CAPU...
    Capu=singkong...
    Kriyuk....Kriyuk...

    BalasHapus
  7. Aku sukaaa banget ini *lebay tapi beneran
    Di sini liatnya di tukang2 jualan kalo pas macet
    Pernah sekali beli nggak enak: alot, keras karena ketebelen :(
    Di pasar ada kali ya kalo mau nyari

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu belinya udah jadi, yang udah di goreng gt? he em emang kalo ketebelan kurang enak...

      kalo di Pasar di Bandung suka ada ntah kalo disana An:)
      tapi kalo harus bikin sndri mah repot emng...

      Hapus
  8. Wah kecimpring ini kalo d sumatera disebut opak Teh. Trus kalo gak salah kata emak saya bumbunya pake ketumbar juga. Tapi sekarang perajin opak bikin bumbunya minimalis, kayaknya sih cuma digaremin janten teu raos. #inpo
    hihi.. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. opak?
      sebenernya orang sunda nyebutnya opak jg sih cm opak itu artinya lebih luas, maksdnya jenis2 chips itu disebutnya opak, meskipun gak semua sih..misalnya opak ketan, opak sampeu...[kecipmpring disebut jg opak sampeu]kayak gt...heheh sama yah..:D

      Hapus
  9. wah enak ini kayak kripik, mantap buat camilan

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^