Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau
Bubur kacang ijo? udah pasti pada taulah rasanya kayak gimana... masa iya kudu dikasih testimoni juga heheh...


Hari ini sebenarnya gak niat posting apa-apa karena memang gak punya apa-apa buat diposting...hihihi... Begitu juga ketika tadi pagi saya membuat bubur ini, sama sekali gak kebayang kalo hari ini bakal makan bubur. Cuma pas lagi bersih-bersih di dapur, terus nemu satu setengah kantong kacang hijau yang biasa dikasih sama ibu mertua saya setiap kali mudik. Ternyata masih banyak juga, khawatir berakhir di tempat sampah karena 'bulukan' akibat kelupaan gak dimasak, makanya buru-buru deh saya cuci, terus direbus. Padahal sih sebenarnya kalo masak bubur kacang itu sebaiknya direndam dulu semaleman jadi biarpun kacangnya dimasak sebentar tapi bener-bener empuk. Cuma kalo dientar-entar malah jadi lupa, mendingan langsung eksekusi sajah...

Saya yakin sekali temen-temen pasti udah pada jago gimana caranya bikin bubur kacang ijo, lha bikinnya tinggal direbus doang, cemplungin gula merah, kasih gula pasir *kalo pengen rasa manisnya lebih keluar terus dikasih jahe. Kalo pengen jadi lebih gurih rasanya, tambahin santan dan susu kental manis...pastinya lebih nendang... Tapi sekiranya resep ini bermanfaat untuk temen-temen yang juga pemula seperti saya dalam dunia masak memasak, di bawah, saya tetep tuliskan resepnya, meskipun tidak begitu akurat. Bukan apa-apa tadi buru-buru jadi nggak begitu detail menimbang bahan-bahannya. Cuma karena saya pikir ini bukan tipe masakan yang butuh takaran yang serba pas, jadi beda-beda dikit gak akan begitu fatal...alias kemungkinan gagalnya kecil yah...



Read More...

*sekedar catatan, konon kata mamah saya, kalo bikin bubur, masukan gula hanya ketika kacangnya sudah benar-benar empuk. Soalnya kacang bisa jadi susah empuk kalo gulanya dimasukin cepet-cepet....



Bubur Kacang Hijau



BUBUR KACANG HIJAU








Bubur Kacang Hijau






200 gr kacang hijau, cuci, sebaiknya rendam semalam
150 gr gula merah
3 sdm gula pasir
1 liter air, tambahkan bila dirasa kurang
1/4 sdt garam
2 lembar daun pandan
1 ruas jahe, parut atau geprek


Santan kental [optional]
Susu Kental Manis [optional]








Rebus kacang hijau dengan air, dan daun pandan hingga empuk. Tambahkan gula merah yang sudah disisir halus, tambahkan jahe yang sudah digeprek, atau kalau mau lebih kuat pedasnya, sebaiknya diparut. Masukan gula pasir dan garam. Cicipi. Paskan manisnya dengan selera masing-masing. Angkat, sajikan hangat dengan santan dan susu kental manis bila suka.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



16 comments :

  1. Tetej gimana kalau gulanya diiris aja? Sisirku ntar bisa kotor kalo buat nyisir gula :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya tadi lupa harusnya ditulis, disisirnya pake pisau bukan pake sisir rambut, soalnya ntar kalo kutunya ikut nyangkut kan bahaya hehehhe...

      Hapus
  2. waaah....enaaknya, enak dimakan anget ataupun dingin nih Mbak.... ^^
    naksir mangkunyaaa....cakeepp ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kebetulan cuaca diluar sedang mendung um...ini baru mateng dari panci wah pas banget...
      ini mangkuk murah meriah karena lagi disiskon harganya cuma 50rb satu set, isinya ada 4 kalo gak salah, warnanya beda2 plus ada sendoknya heheh

      Hapus
    2. waah...murahnya mangkuknya...klo beli2 properti gituan dimana biasanya Mbak? *survey mode on :p

      Hapus
    3. iya murmer ceria hehhe..
      kalo di bandung ada namanya toko Mutiara Kitchen, harganya memang murah meriah um...kalo kebetulan lagi main ke bandung cobain mampir ke sana...:)

      Hapus
    4. Oo...kirain di acehardware. Klo di sby ada sih showroomnya Kedawung, toko Cafe Glass, tapi jarang beli pecah belah disana, paling2 belinya panci stainless dan wajan keramik...
      Ntar klo mau pulang ke indo kayaknya perlu mborong2 di daiso sini nih.....sekalian, diangkut pake container :)

      Hapus
    5. saya jarang ke ace, cuma ketika barang yang dicari gak ada dimana2 baru nyari ke ace. soalnya di ace jauh lbh mahal drpada di Mutiara kitchen, menurut saya sih yah.... tapi mungkin krn di ace kualitas barang2 nya lebih baik jadi lbh mahal...

      kalo di bdg ada si daisho tapi mungkin barangnya gak selelngkap kayak yang daisho di Jpg mungkin yah hehehhe...
      siapin kontainer yang gede2 um..:D

      Hapus
    6. disini jg daiso nya macem2...ada yg ga lengkap jg, ada jg toko seria....sama seperti daiso, serba 100yen-an...tapi barang2nya kdg lebih bagus seria daripada daiso... :)

      hehehe...iya kayaknya, mudik mbawa macem2 padahal rmh di sby udah penuh, mau ditaruh dimana ntar :p klo kirim barang ke indo pake container, satuannya kubik, perkubik 3jt ongkirnya...:)

      Hapus
    7. weleh, lumayan juga yah buat ongkirnya..tapi memang kalo udah ada barang bagus suka gak lihat harga deh hihihi...

      Hapus
  3. waaaaaaaaaaaa.....*ngecesss
    Hampir 10 hari ini, selama bedrest aku minta dibuatin bubur kacang hijau. Uenaaaak banget rasanya. Padahal biasanya kalo lagi sehat malah jarang2 makan burjo.
    Kadang kucampur pake roti tawar teh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho..teteh sakit apa?
      semoga lekas sembuh ya teh..
      betul dicampur roti tawar juga enak dan membuat lebih kenyang, sayang rotinya sudah habis jadi seadanya saja..:)

      Hapus
  4. bundaaa.... propertinya kereeeennn... udah lama ga makan burjo nih bund... mupeng deh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. meskipun murah meriah mbak..heheh lumayan..
      kenapa jarang makan ini? ga ada stok kacangnya?

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^