Nasi Kuning Tumpeng


Nasi Kuning Tumpeng
Tumpengnya miring karena dicetaknya cuma pakai kertas nasi yang dibuat kerucut, bukannya pakai cetakan khusus
Ini nasi tumpeng pertama saya, untunglah rasanya tidak mengecewakan, enak dan gurih sesuai yang seperti yang diharapkan...


Iseng banget biki nasi tumpeng...celebrate something? no...!
beneran, ini cuma iseng, karena seumur-umur saya belum pernah membuat nasi tumpeng heheh...apalagi kemarin-kemarin tuh mbak Filly memposting nasi kuning, duileeeh tambah pengen deh...
lagi pula sebenarnya udah sering Daddy ngerikues pengen dibuatkan nasi kuning. Tapi, karena saya pikir membuat nasi kuning itu merepotkan, makanya cuma bisa ngebayangin...dan ternyata setelah praktek sendiri,  ah biasa saja, nggak begitu repot, sama seperti membuat masakan yang lain *dengan catatan tentu bikinnya cuma seiprit, bukannya buat se-RT yaw..heheh..


Resep yang saya contek untuk membuat nasi kuning tumpeng ini dari NCC, dan syukurlah..rasanya tidak mengecewakan...meskipun saya tidak menambahkan beras ketan untuk campurannya. Soalnya saya memang jarang sekali membeli beras ketan, jadi tidak punya stok, untunglah tidak mengurangi kelezatan nasi kuning ini...
Sebagai pelengkap, saya cuma menambahkan tempe oreg, telur dadar, sambal terasi dan urap sayur. Sebenarnya saya pengen nambahin ayam goreng juga, tapi  karena saya belanjanya kesiangan, di tukang sayur ayamnya udah pada habis...ya udin, akhirnya saya harus merasa puas dengan menu yang ada saja...^^



Nasi Kuning Tumpeng




Read More...



NASI KUNING TUMPENG
Source: NCC










Nasi Kuning Tumpeng


















500 gr beras, [harusnya yang 100 gram diganti dengan beras ketan], cuci bersih, tiriskan
600 ml santan 
1/2 sdm kunyit yang dihaluskan/diparut
2 lembar daun pandan, sobek-sobek, simpulkan
2 lembar daun salam
1 batang serai, geprek, simpulkan
1 sdm garam
1/2 sdt gula [resep asli tidak pakai]
1 sdt air jeruk nipis







Kukus beras dan beras ketan [jika pakai] selama kurang lebih 25 menit, atau sampai setengah matang. Sambil menunggu beras dikukus, kita siapkan bumbunya.

Campurkan kunyit dan santan, kemudian saring [jangan disertakan ampas kunyitnya]. Rebus santan dengan daun salam, daun pandan, serai, gula dan garam hingga mendidih. Matikan api. Masukan beras yang sudah di kukus ke dalam rebusan santan, aduk hingga rata. Biarkan hingga air terserap semua oleh beras, tambahkan air jeruk nipis, aduk lagi hingga rata. 

Kukus  beras selama kurang lebih 20 menit, atau hingga matang, angkat, kemudian cetak sesuai selera selagi panas. 



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. mauu bangeeett klo dikirimin iniiii.... nasi kuning favorit bangeet Mbak, tp jarang mbikin, lebih sering beli klo di indo :) pas disini, baru sekali mbikin, tp masaknya di magic com :)))
    klo liat tumpeng nasi kuning kq jadi inget nasi berkatan ya Mbak...nasi yg biasanya dapet dr kenduri itu...paling seneng klo dapet nasi berkat, bisa2 diabisin sendiri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa..kalo disaya namanya nasi besek hehhe..
      sama seneng jg kalo dapet nasi berkat, kalo abis dari slametan..
      ternyata bukan cuma saya yah hahaha....

      punya saya magicomnya kurang oke, kalo bikin yang ginian bawahnya suka ngerak..:(

      Hapus
    2. Oo.. namanya nasi besek ya Mbak klo disana....beneran ya Mbak, klo makan nasi berkat gitu rasanya enak banget, apa krn udah bosen dg masakan sendiri ya, jadinya klo makan masakan org lain berasa nikmaattt :))))

      Hapus
    3. samaaa...hehhe..
      bau maskan sendiri itu kadang bikin puyeng mbak, jadinya pas mau makan udah gak berselera...kadang saya suka gitu..
      beda kalo dibikinin, duh...udah mah gak perlu capek, gratisan..enak lagi begimana nolaknya hahahha...

      Hapus
  2. Tumpengnya saingan sama menara pizza :Dsangat bermanfaat teh postingnya, bermanfaat membuatku lapaaaarrrr :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. aihhh..hihi bener yah miring kayak menara pisa...
      itu mah bawaan de2 bayi mbak, makanya laper mulu...
      *gih sana ambil nasi...:D

      Hapus
    2. Hahahaha udah nih teh, habis subuhan trus serangan fajar *pada magiccom*

      Hapus
    3. hah?
      abis subuhan?
      gile bener.... xixixixi...
      lari pagi dulu kek, main serbu ajeh..:P

      Hapus
  3. ngecessss... tes tes.... urapnyaaa mantab

    BalasHapus
    Balasan
    1. eaaaa..
      enak banget, saya sndiri heran, baru pertama kali bikin urap langsung enak...
      wkwkkwkw...*pede amat...:D

      Hapus
  4. Tumpengnya menjulang, cantik. Seperti yang bikin.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^