Marbled Cream Cheese Brownies


Resep brownies ini menurut saya manisnya pas, nggak begitu kemanisan. Lumayan enak, cuma sayang cream cheesenya ketilep, nggak begitu berasa mungkin karena coklatnya terlalu dominan yah...



Alhamdulillah akhirnya Cream cheese homemade yang tempo hari saya buat bisa diberdayakan. Sebenarnya banyak banget pilihan cake berbahan dasar cream cheese, cuma kan harus disesuaikan juga dengan ketersediaan bahan yang lain yang saya miliki di rumah. Misalnya, pada awalnya ketika selesai membuat cream cheese ini saya pengennya sih dibikin Japanese Cheese Cake [JCC], tapi ternyata saya tidak punya persediaan whiped cream cair. Sedangkan stok yang paling banyak saya miliki adalah coklat, dan kebetulan beberapa waktu yang lalu saya liat resep cream cheese brownies, langsung penasaran donk, rasanya kayak gimana, makanya resep ini langsung jadi alternatif, dan untuk sementara harus menunda kepenasaran saya dengan JCC.

Resep yang saya cantumkan, sumbernya dari teh Ricke Ordinary Kitchen, senangnya karena gak perlu buka primbon konversi satuan cup ke gram heheh, karena dari resep aslinya milik tante Martha Stewart harus dikonversi dulu....duh, malesnya...:D






Read More...


MARBLED CREAM CHEESE BROWNIES







Adonan Coklat:

225 gr Dark Cooking Chocolate [DCC]
3 butir telur
110 gr terigu
110 gr unsalter butter
225 gr gula [resep asli, 280 gr]
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
30 gr coklat bubuk






Adonan Cream Cheese:
113 gr cream cheese, suhu ruang
1 btr telur
2 sdm terigu
55 gr gula pasir
30 gr butter







Panaskan oven dengan suhu 180'C. Siapkan loyang, oles dengan margarin, alasi kertas roti, kemudian olesi lagi dengan margarin, sisihkan.



Adonan Coklat:

Campurkan tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam, ayak, kemudian sisihkan.
Tim DCC  dengan butter, setelah meleleh, angkat dari kompor, masukan gula pasir, tunggu sampai dingin. Masukan telur, aduk hingga rata dan lembut, setelah itu tambahkan campuran tepung terigu, aduk rata dengan cepat sebentar saja, jangan sampai over mixing.



Adonan Cream Cheese:

Kocok cream cheese dengan butter hingga lembut, tambahkan gula, kocok lagi, kemudian masukan telur, kocok rata, tambahkan terigu, aduk rata.


Tuang adonan coklat ke dalam loyang, kemudian masukan adonan cream cheese, ambil pisau atau tusuk sate, lalu buat motif marmer di atasnya. Masukan ke dalam oven, panggang selama kurang lebih 50-60 menit. Setelah matang, biarkan di dalam loyang selama kurang lebih 30 menitan, baru keluarkan dari oven, taruh di atas rak kawat. Setelah dingin, baru dipotong.



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



14 comments :

  1. Cakeplah, enak pasti nih bikin laperrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. yo bikin kenyanglah..masak bikin laper heheh

      Hapus
  2. mana krimnya..?
    padet gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. krimnya dimasukin adonan, itu yang putih di atasnya itu dari krimnya mas..^^

      Hapus
  3. Cakeep...coba ada foto yang tampak atas *bird's eye ya istilahnya* pasti tambah ngences nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah dicobain dr berbagai angle, tapi gelap mbak..hiks..ga ada yang bagus gambarnya ini juga dapet ngedit...*dinaikin kontrasnya..

      Hapus
    2. taro dibawah lampu merkuri biar terang benderang...

      Hapus
    3. ntar yang liat pake kacamata semua..kesilauan..:P

      Hapus
  4. waah...marble nya cakeep Mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. *bentuk marbelnya gak kliatan, gak ada poto yang nampak dari atas:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^