Homemade Selai Srikaya Pandan

Homemade Selai Srikaya Pandan
Ini bukan panganan khas dari daerah saya, Sukabumi, bahkan sejujurnya baru kali ini saya memakan kaya pandan...dan disitulah akhirnya saya  tersadarkan diri,  ternyata ini adalah salah satu panganan yang dikatagorikan wenak bangeeet pemirsa...!



Lembut, harum mewangi, manis udah pasti... dan.. akh... sudahlah...  sebenarnya saya ogah ngebahas gimana persisnya srikaya pandan ini. karena, berkat srikaya ini pula saya kalap makan dua gulung bolu pandan tanpa rasa bersalah. Hasilnya, timbangan berat badan saya yang memang lagi miring, kini jadi kian miring ke kanan...*arrrkkk....banting timbangan..... salah siapa ini? padahal biasanya saya gak doyan bolu gulung, jangankan ngabisin  dua loyang, seiris aja udah enek....:(

Membuat srikaya pandan ini sebenarnya gak sengaja. Sewaktu membuat bola ketan tempo hari itu, saya punya stok daun suji yang banyak banget, akhirnya saya buatlah pasta daun suji. Nah udah gitu bingung lagi mau diapain...akhirnya teringat dengan resepnya kak Sonia Nasilemaklover yang dulu pernah posting srikaya pandan... bisa kan 'ntu pasta daun sujinya dicemplungin ke srikaya pandan supaya warnanya lebih gojreng dan bau daun-daunannya tambah sipp...



Read More...
Ternyata gak nyangka banget, saya asalnya nggak begitu berharap rasanya mau kayak gimana, cuma yah iseng-iseng aja gitu, kalo enak ya syukur, kalo nggak berarti gak bikin-bikin lagi deh...untunglah, dibalik penampilannya yang ijo-ijo gimanaa..gitu, tersimpan rasa selai yang nendang...
Pokonya, thank u, buat yang udah sharing resepnya...juga buat yang mau baca, apalagi kalo mau dipraktekin...Alhamdulillah..^^




Homemade Selai Srikaya Pandan

Homemade Selai Srikaya Pandan








HOMEMADE SRIKAYA PANDAN

[tentu dengan modifikasi dan terjemahan ala saya..^^]




Homemade Selai Srikaya Pandan










3 butir telur
250 gr gula pasir
200 gr kelapa parut
250 ml air
5 lembar daun pandan, blender dengan 100 ml air
2 sdm endapan air daun suji [10 lembar daun suji, blender, endapkan seharian, buang air bagian atasnya, ambil endapannya] *ini optional, resep asli tidak pakai







Homemade Selai Srikaya Pandan
ini ampas campuran pandan sama kelapa..


Campurkan kelapa parut dengan blenderan daun pandan, kemudian tampung perasan airnya. Tambahkan lagi 250 ml air lagi, peras, tampung lagi airnya. Ukur hingga mencapai 350 ml, sisihkan

Siapkan panci, isi dengan air, lalu tempatkan panci yang lebih kecil di atasnya, *jadi maksudnya ini kayak mau ngelelehin coklat, pakai dua panci yah..
Kocok gula dan telur dengan memakai whisk hingga rata. Tuang ke dalam panci, tambahkan perasan santan dan daun pandan, beri 2 sendok makan air endapan daun suji [jika pakai], nyalakan kompor. Masak dengan api yang kecil.




Pertama dituang, warnanya putih, agak berbusa dipermukaannya..




Setelah 15 menit, warnanya agak berubah, menjadi lebih kehijauan, jangan lupa sesekali diaduk yah..




Lama-kelamaan warnanya jadi lebih hijau dan menggumpal. Aduk -aduk untuk membuat teksturnya menjadi lembut.




Setelah dimasak kurang lebih sekitar 45 menit  sampai 1 jam, maka pandan srikaya ini sudah siap untuk diangkat dari kompor. Dinginkan, baru kemudian masukan ke dalam wadah. 



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



26 comments :

  1. wah...kirain dr srikaya Mbak, ternyata bukan ya *maluu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan cm ummu yg bingung, dulu jg sy awalnya mikir kyk gitu, srikaya kan nama buah ya, kok ini gak ada buahnya hehehe..

      Hapus
  2. homade kok kayak gitu sih..?
    perasaan jaman dulu yang disebut homade tuh minyak rambut..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. alamakkk..minyak knyongnyong itu mah...atau kl di kampung cukup make minyak jalantrah:D

      Hapus
    2. wkwkwkw asli ngakak ,, mosok minyak rambut cap Pomade / Tancho jadul penganti selai srikaya

      Hapus
    3. xixixi...sotoy tuh yg komen di atas:P

      Hapus
  3. kok keliatannya agak encer ya Teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya An sengaja, gak dikentelin pake apa gituh semacam maizena...

      Hapus
    2. jika utk ukuran 3 telur dgn air 250 ml kebanyakan Tehh ..
      satu gelas "belimbing" setengah atau kira2 150 ml cukup ...
      coba tambahkan lagi margarin yg dicairkan utk 3 telur cukup satu sendok makan ,, lebih gurih dan lembut

      Hapus
    3. iya keuh? wahhh pengalaman jg nih om daniel hehehe...

      Hapus
  4. Dan yang komen berikut ini adalah srilapaaaaar
    Cepat sekali ini pencernaan menggiling isinya,

    Heuuuu aku suka manis2 dan lembek beginiiiii :9

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg bales komen srisemilikiti....
      bagus donk beraerti produktif bgt penggilingannya hihihi....

      Aku jg manis tp gak lembek mbak, gmn donk hihi..

      Hapus
  5. Tadinya saya kira juga dari Srikaya, eh bukan.
    Inspiring teh, jadi pingin bikin juga (entah kapan sempatnya).
    Soalnya pasti enak sebagai variasi selai.

    BalasHapus
  6. Wah, hebat mba... Bisa untuk selai roti juga dong... Dr pada beli, mendingan bikin sendiri... Lbh bersih, lbh sehat... Dan tanpa bahan pengawet...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bgt, bisa untuk roti, cake, atau kl saya dicolekin aja gitu hehehe...

      Hapus
  7. Baru tau aku bahan-bahan bikin beginian. Sama kayak Ummu, aku kira bahan darsanya buah srikaya gitu, Teh.

    BalasHapus
  8. Itu selai biar lebih kental kr2 d tambahn ap ya?ap dmasak agak lamaan gt?kl d simpen d kulkas thn berapa lama mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya bisa ditambahin larutan tepung beras bisa bikin kental deh...
      kalo saya difrezer sekitar 4harian masih bagus.

      Hapus
  9. Kl kelapa parut diganti santan kental instan (kara) bisa ga ya? Kl bs kr2 ukuran santan karany brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa2 aja. Kira2 3 bks kara ukuran kecil, terus tambahkan air hingga jumlah santannya jadi 250 ml.

      Hapus
  10. Saya baru tau bun, ternyata selai srikaya cara membuatnya tidak menggunakan buah srikaya beneran.
    Jujur saya belum pernah makan selai srikaya, apa benar rasa selai srikaya sama dengan buah srikaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggaklah beda..:)
      yang ini manis gurih dan beraroma pandan, sama sekali gak ada srikaya2 nya deh,,, tapi sy sndr heran kenapa namanya selai srikaya ya?
      *malah balik nanya:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^