Es Mambo Kacang Hijau

Es Mambo Kacang Hijau
Masih tetep musim hujan yah..tapi jangan ditanya biarpun cuaca dingin, yang namanya es mambo, di rumah saya,  laku keras....^^



Ini jajanan waktu SD, masih pada inget gak? pada ngalamin kan semuanya? heheh.. Sayangnya sekarang saya udah jarang banget nemuin es mambo kayak gini lagi. Entah karena memang udah gak ada yang jual, atau karena saya nya udah gak pernah nangkring lagi di kantin anak SD, yang jelas, kalo di komplek saya sih gak ada yang jual. Kebanyakan anak-anak sekarang kalo yang namanya es, pasti milihnya es krim. Barangkali ini juga alasan kenapa es mambo udah jarang dijual. 

Kepikiran buat bikin es mambo ini karena Kirei chan sama Daddy hobi banget makan KIKO. Tau kan KIKO? sirup yang dibungkus plastik panjang terus dibekuin, yang cara makannya dipotong itu lho...nah kalo malem mereka berdua udah heboh aja pesta begituan. Kalo saya sih jarang banget makan KIKO, kecuali dulu waktu hamil sama Aiko, ada anak tetangga depan rumah makan yang begituan saya ampe ngacai ngeliatnya hehehe.. maklum bawaan orok.. pernah tuh akhirnya beli, nah dari situ deh Daddy sama Kirei mulai demam KIKO.

Suatu kali pas Kirei pengen, KIKOnya abis, pundung dia...ngumpet dibelakang kulkas, karena ogah ke warung, saya obrak abrik isi kulkas dan nemu satu botol sirup yang dulu pernah dikasih tetangga. Sirupnya masih disegel ternyata, berarti belum ditoel sama Daddy. Akhirnya saya ngerebus air sepanci, terus dimasukin deh sirupnya, icip-icip dulu bentar, pas udah dingin, dibungkusin pake plastik. Aman pemirsah...

Satu botol itu jadinya sekitar 36 bungkus, bisa tuh persediaan selama dua minggu. Dari sejak itulah saya kadang suka bikin es mambo dan gak pernah lagi beli KIKO. Biar gak bosen, makanya rasanya divariasi-in. Kadang pakai yang rasa leci, kadang pakai yang rasa nangka, nah kali ini saya pakai kacang hijau. Wenaaaak banget, saya suka yang rasa kacang hijau ini..tapi lagi-lagi..makannnya harus dibatasi, karena ini kudapan yang manis...jangan kalap ntar kalo kebanyakan bisa chubby... Begitu juga Kirei, kalo buat dia kadang saya pakai sirup yang sugar free *merk yang katanya aman buat penderita diabetes itu lho...*, untunglah sekarang Kirei udah mulai bosan makannya, jadi gak begitu maceuhh  [maceuh apa yah? gak ada padanan katanya di bahasa Indonesia mah, tebak-tebak aja yah pemirsaa...]



Read More...


Es Mambo Kacang Hijau


Es Mambo Kacang Hijau

Es Mambo Kacang Hijau

Ini resep hasil raba-raba sendiri, jadi tidak begitu akurat dalam penulisan takarannya. Karena selain faktor selera dari tiap-tiap orang yang berbeda-beda tingkat kemanisannya, saya pun tak sempat benar-benar menimbang dengan seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnya...*walah ngaco...malah proklamasi...* kamsutnya, untuk takaran gulanya silahkan di-adjust saja yah soalnya kalo saya sih senengnya yang manis banget, jadi selain memakai gula merah, saya tambahkan juga gula putih untuk menguatkan rasanya. Tapi bagi pemirsah yang lebih senang dengan rasa yang anyep-anyep, pakai gula merah saja cukup kayaknya, cuma kurang nedang 




ES MAMBO KACANG HIJAU







Es Mambo Kacang Hijau



200 gr kacang hijau, rebus sampai empuk
1 liter air
200 gr gula merah [rebus dengan 300 ml air, saring]
5 sdm susu kental manis
65 ml santan kental [santan pakai Kara]
1/2 sdt vanilla bubuk/ daun pandan
gula putih secukupnya
Sejumput garam










Siapkan panci masukan semua bahan, kecuali santan, masak hingga mendidih, tambahkan santan, masak lagi sebentar sambil diaduk supaya santannya tidak pecah. Cicipi rasanya, paskan dengan selera masing-masing. Angkat dai kompor, dinginkan.

Siapkan plastik khusus es mambo, tarik dulu ujungnya, supaya memudahkan ketika mengikat simpul. Kemudian masukan satu atau dua sendok sayur rebusan kacang hijau. Untuk memudahkan, sebaiknya memakai corong, apabila kacang hijaunya susah masuk, dorong memakai tusuk sate *yang bagian tumpulnya* sisakan beberapa senti supaya mudah diikat. Lakukan satu persatu sampai habis. Bekukan di dalam freezer.




Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



13 comments :

  1. ah elah...
    hari gini masih ada ya es gituan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada..apalagi di utan..:P

      Hapus
    2. duh jangan bawa bawa orang utan atuh...
      tar ketauan penggemar bisa riweuh..

      Hapus
    3. ish bagaimana pun trademark jgn disembunyiin mas:D

      Hapus
    4. maunya sih jujur
      tapi kasian penggemar kalo ketauan ngefans ama orang utan

      Hapus
  2. lama sekali ga makan ini bund... kalo di jepara namanya es lilin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda2 yah namanya, ada juga yang bilang ini es kenyot..
      kalo di jabar es lilin itu pake stik kayak tusuk sate, cara bikinnya gak dimasukin freezer tapi digoyang2in gitu ke es batu..atau apa gitu yah..si mamang yang jualnya pake box:D

      Hapus
  3. waaaah.....jadi inget masa kecil, Mbak :) enaknya mbikin ginian pas summer nih, summer kemaren sy dan anak2 seringnya mbikin es serut...segeerr ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul um,..padahal di sini masih ujan tapi teuteup laku hehhe

      Hapus
  4. bikin aaaaaaah
    karena belum punya kulkas
    nebeng deh di kulkas tetangga
    *malu ga si?

    BalasHapus
    Balasan
    1. *boleee,,
      sekalian aja bikin yang banyak ki, sambil buat jualan di komplek juga hihihi

      Hapus
  5. hari ini aq *eh ibuku* juga bikin teh, cuman ga dibikin es :D buat anak lanang kesayangan yg barusan pulang dr bandung.

    kemarin lusanya lagi saya bikin kacang ijo rebus minim gula tanpa santan, cuman mau ambil kalsium n gizi lainnya, eh dia pengen makanan bumil kwokwokwo

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..iya, waktu saya hamil juga doyan banget makan ini, katanya bagus buat bumil, cuma ya itu jangan dimacem2in, cukup digulain dikit aja...:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^