Chicken Black Pepper

Chicken Black Pepper

Khusus bagi penyuka masakan dengan citarasa yang pedas, jadi yang punya kebiasaan "menwa" lewat dulu deh masakan ini.....



Menu ini biasanya disajikan di salah satu restoran siap saji itu lho..tau kan? #apaaah? gak tau? kebangetan..! heheh bagus donk, berarti gak suka menyantap masakan di resto fastfood, gak kayak saya.... Dulu sewaktu hamil sama Kirei, suka banget makan ini, gak tau kenapa baru kepikiran, kalo suka banget kenapa gak coba-coba aja bikin sendiri, jadi meskipun jarang ke luar rumah, tapi masih bisa menyantap makanan favorit...
Chicken black pepper ini sudah beberapa kali saya buat, dan daddy suka banget, kecuali yang terakhir, ayamnya agak keras karena ada kesalahan saat membuat ayam krispi nya. Tapi meski begitu, teuteup habis... 

Bahan-bahan utama pembuatan masakan terdiri dari  ayam, tepung bumbu, paprika, bawang bombay dan lada hitam... nah kalo masaknya juga gampang, ayam krispi yang ditumis dengan paprika dan bawang bombay terus dikeprukin deh ntuh lada hitamnya...simple kaaan! *nulisnya mah simple, tapi kalo praktek langsung, yaaaa.. rempong juga..sih sebenarnya..hehehe..


Chicken Black Pepper


Read More...


Pertama harus disiapkan saat membuat masakan ini tentu membuat ayam krispinya dulu. Untuk membuat ayam krispinya itu, bisa menggunakan tepung bumbu siap pakai atau juga dengan tepung bumbu homemade. Saya sih sebenarnya lebih suka yang buatan sendiri tapi kalau sedang kepepet dikejar-kejar jam tayang *emang sinetron.. kadang suka pakai yang siap pakai. Tapi meskipun sudah siap pakai, saya selalu menambahkan lagi tepung terigu protein rendah yang dicampur dengan tepung beras. Penambahan tepung terigu dimaksudkan untuk membuat rasa asin dari tepung bumbunya ternetralisir, soalnya menurut saya, tepung bumbu siap pakai itu, asinnya kebangetan..jadi harus dikasih tepung terigu lagi. Sementara penamabahan tepung beras, supaya teksturnya lebih renyah dan lebih tahan lama garingnya. Bisa juga sih memakai baking powder, cuma biar maskannya gak terlalu banyak dicampurin "bahan-bahan yang aneh-aneh", jadi lebih baik pakai tepung beras saja. Cuma saran saya, penambahan tepung berasnya pun jangan kebanyakan, soalnya hasilnya nanti bisa keras, kalau kebanyakan...*bukannya sok tau, cuma ngasih saran ajah...soalnya pernah ngalamin..xixixixi

Karena ini judulnya lagi pengen bikin ayam krispi dengan tepung yang siap pakai, jadi yang homemade nya tidak saya sertakan...barangkali di lain judul dan kesempatan, saya tulis resepnya yah pemirsaaa...*tapi gak janji juga..:D



CHICKEN BLACK PEPPER






Chicken Black Pepper



250 gr dada ayam fillet, potong potong
Minyak goreng

Tepung untuk Ayam krispi [aduk rata]
90 gr tepung bumbu
40 gr tepung terigu
2 sdm tepung beras

3 sdm air
2 sdm tepung campuran di atas
[untuk celupan]




Tumisan
1 buah bawang bombay, iris memanjang
1 buah paprika hijau, potong kotak
1 buah paprika merah, potong kotak
1 sdt lada hitam butiran, gerus kasar
1/2 sdt lada putih bubuk
5 sdm air
1 sdt maizena yang dicairkan dengan sedikit air
Gula
Garam
1 sdm jeruk nipis 







Siapkan wadah campurkan tepung bumbu untuk ayam krispinya, lalu aduk rata. Ambil dua sendok makan, masukan ke dalam wadah yang lain, cairkan dengan kira-kira 3 sdm air. Nah ini nanti yang buat celupan ayam, supaya terigunya menempel banyak ke ayam. 

Masukan ayam fillet yang sudah dipotong-potong ke dalam campuran tepung bumbu, aduk rata, biarkan tepungnya menempel banyak pada ayam, angkat, kemudian gulingkan ke dalam campuran tepung terigu yang sudah dicairkan dengan air tadi, angkat lagi, masukan lagi ke dalam wadah pertama, nah nanti tepungnya makin banyak yang menempel, cuma hati-hati jangan sampai ayamnya menjadi basah, kalau basah, teksturnya bisa jadi keras. Segera goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai kering. Angkat, lalu tiriskan. Sekarang kita akan membuat tumisannya.

Panaskan sedikit minyak, tumis bawang bombay sampai harum, kemudian masukan paprika, masak sebentar sambil diaduk-aduk. Tambahkan air dan jeruk nipis, lada putih, gula dan garam, kentalkan dengan tepung maizena, cicipi, paskan rasanya, setelah itu masukan ayam krispi [jika ukuran ayamnya terlalu besar, potong-potong  dahulu sebelum dimasukan ke dalam wajan], terakhir, taburi dengan lada hitam. Aduk-aduk, angkat, sajikan selagi hangat dengan nasi putih dan saus sambal.



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



16 comments :

  1. Aq lagi ga boleh makan pedas, tapi sbg bentuk konsekuensi melihat tayangan ini. Aq tinggalkan iler saja disini buat teteh
    :)) :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah..ngadu iler dong kita....

      kapan ke dufan nya..:p

      Hapus
    2. Ganti rencana teh, mb rien, mb dee an ngajakin tawuran makan dirumah teteh :))

      Hapus
    3. yah, mending ke resto dong, kan ada mb Indri, sekalian traktir gitchu..
      kalo drumah kan rempong, kudu masak dulu hihihihi..

      Hapus
    4. Kita maunya yg geratis teh :p

      Hapus
    5. gratis dan dibikinin..waaaw dezig...
      #yang masak gempor:D, trs kapan daku masang jambul khatulistiwa kalo masak mulu...wkwkkwkw

      Hapus
    6. Hwahahahhahaaaaaaa
      Jambul aja diurusin :p

      Hapus
    7. soalnya capek ngurusin dompet yang makin tipis isinya, mending jambulan aja deh..:D

      Hapus
  2. Salam kenal mba ayudiah,, seneng banget liat resep2nya,, pengen bgt bisa masak kaya mba ^__^
    Apalagi ni pagi2 dah liat resep chicken blackpeppernya, kesukaan suami saya nih, jd terinspirasi,, Thanks mba, mg2 rasanya seenak kl mba yg masak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo Bumil, salam kenal juga dari saya, mudah2an kandungannya sehat selalu ya...

      makasih udah mampir disini, harap maklum saya juga masih pemula jadi resep2 yang ditulis cuma yang cetek2 saja, tapi mudah2an bermanfaat yah..
      yuks, sama2 belajar..:)

      Hapus
  3. pernah kepikiran utk mbikin ginian....tapi ga jadi2 terus mbikinnya, soalnya ayam krispinya udah ludes duluan hehe...*alesan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya ayam krispi itu gak diapaapain juga udah enak..ini mah kayak kurang kerjaan ajah heheh

      Hapus
    2. kemaren mbikin ayam krispi....tapi dicocol saus sambelnya ...hehe...teteup aja males untuk mbikin yg kayak ginian :DDD

      Hapus
    3. apalagi anak2 ya um...mana tahan, pas udah diangkat dari penggorengan, langsung serbuuuuu.....
      :D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^