Brownies Kukus Putih Telur

Brownies Kukus Putih Telur

Brownies ini dibuat dengan bahan yang serba minimalis, sisa ini lah, itu lah...tapi meski begitu, soal rasa mah, tidak perlu diragukan, pokoknya  endyaang markonah !



Standar banget, potingannnya brownies... ! 
Dalam rangka memanfaatkan putih telur sisa membuat Pineapple Tart kemarin, jadilah brownies kukus ini. Lagi pula, sekalian uji coba aja gitu gimana rasa brownies yang cuma pakai putih telur doang. Browsing sana sini, ternyata takarannya beda-beda, mungkin karena alasannya sama sih yah, memakai bahan sisa jadinya ya dibuat seadanya. 

Yah.. setelah dipikir-pikir, mungkin kali ini saatnya improvisasi, membuat brownies dengan bahan-bahan sisa yang seadanya... Untung hasil akhirnya tidak mengecewakan. Browniesnya bisa naik meski tanpa memakai pengembang, dan tidak membal meski tidak memakai emulsifier *tentu memang tidak selembut yang pakai emulsifier atau kuning telur yah, tapi at least masih bisa dikunyah tanpa bikin seret ditenggorokan...

Brownies yang saya tulis resepnya ini, menurut saya manisnya pas nggak kemanisan, sangat layak untuk dicoba lah....^^




Read More...
Brownies Kukus Putih Telur 





BROWNIES KUKUS PUTIH TELUR






Brownies Kukus Putih Telur









120 gr tepung terigu
20 gr coklat bubuk
50 gr margarin
140 gr Dark cooking coklat
3 putih telur
1/2 sdt vanilla bubuk
100 gr gula pasir


Meises untuk taburan [saya pakai ceres ukuran kecil]




Siapkan kukusan, alasi tutupnya dengan kain, nyalakan kompor.
Oles loyang dengan margarin, taburi tepung terigu, sisihkan.
Campurkan tepung terigu, coklat bubuk dan vanilla, sisihkan.

Tim coklat dengan margarin hingga meleleh, sisihkan. Kocok telur dengan kecepatan rendah hingga mengembang, naikan kecepatannya, kemudian masukan gula, sedikit sedikit, jangan dimasukan sekaligus. Kocok hingga telur mengembang dan berwarna putih, apabila diangkat masih mentes tapi tidak cair. Masukan coklat yang telah dilelehkan, aduk asal rata, tambahkan campuran tepung terigu. Aduk balik hingga rata tapi jangan sampai over mixing

Masukan setengah adonan ke dalam loyang, kukus selama kurang lebih 10-15 menit. Buka kukusan, taburkan meises, tambahkan sisa adonan. Kukus lagi selama 30 menitan, atau hingga matang. Angkat, biarkan sebentar, kemudian pindahkan ke rak kawat. Setelah agak dingin, potong-potong.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,




10 comments :

  1. selalu wow karya bunda yg satu ini....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah masa sih...
      hihihi... biasa mbak the power of kefefet..:D

      Hapus
  2. eh, bahannya ada semua tuh di rumah... coba bikin ahh.. :)

    BalasHapus
  3. Aq g ada bahan dirumah the
    Kirimin dong :))

    BalasHapus
  4. disini jarang nyimpen putih telur atau kuning telur...hehe...makanya ga pernah mbikin....:D
    semlm jg abis mbikin brownies, tapi di oven....tp lg males moto nih...bbrp hr ini banyak aktifitas, skrg pengennya rehat aja :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bumil mah cepet lelah ya um...

      yang ini tuh unik lho um, biarpun gak pake apa2 tp lembut dan bisa ngembang:D rasanya juga enak..*seenggaknya menurut saya...

      Hapus
  5. Mba ayu..misal putih telurnya ada lima..tepungnya harus ditambah berapa ya atau ga perlu juga gpp? Mohon masukannya ..makaciih sebelumnya :) -di kulkasku ada sisa putih telur masi blm tau mo dibikin apa soalnya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari pada bingung mikirin konversinya kenapa gak ditambahin aja 1 putih telurnya jadi nanti bahan yang lain dikali 2 beres kan?:D heheh

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^