Biscoitos de Maizena a.k.a Biskuit Maizena

Biscoitos de Maizena aka Biskuit Maizena

"They are very light and they just melt in your mouth", begitu situs Whats Cooking America, menuliskan tentang biskuit ini..."melt ini mouth" sodara...tapi ketika saya praktekan sendiri jadinya kok yah garing kayak kue lidah kucing?



Its gluten free....! yep...tentu saja..
Bahan dasar dari kue ini terbuat dari tepung maizena, jadi bebas dari gluten. Meskipun, sebenarnya kami sekeluarga sama sekali tidak ada yang mengalami alergi gluten, atau pun sedang berdiet dengan gluten, tapi karena pesaran dengan rasanya saya pun tergoda membuat biskuit ini. [apa sih si gluten itu? gugling aja yah...]. Resepnya seperti biasa saya dapat dari tempatnya mbak Endang JTT [tengkyuuuu....] yang beberapa hari yang lalu memposting resep ini. Sumber aslinya berasal dari web  Whats Cooking America, yang ternyata biskuit ini sangat populer di Brazil. 

Herannya, seperti yang saya ulas di atas, sensasi melt in mouth nya itu gak ada. Entah mungkin karena saya memangganya melebihi waktu yang telah ditentukan atau karena salah dalam mengeksekusi adoananya. Bahkan ketika proses pemangganganpun, seperti yang dituliskan mbak Endang di blognya, kue ini jadinya meleber kemana-mana. Jadinya gak cantik seperti yang saya lihat di web Whats Cooking Amerika. Padahal di sumber asalnya, kue ini dicetak dengan cara dibulatkan kemudian di tekan menggunakan garpu, jadinya cantik, dan penampakannya pun gak kecoklatan tapi putih pucat. Nah kalau punya saya, boro-boro diteken dulu pake garpu, gak diteken aja jadi meleber kayak bala-bala...hehehhe...

Ah sutraaa..lah..yang penting biar pun teksturnya garing kayak lidah kucing, tapi rasanya tetap yameeeh pemirsa, masih layak di makan *grin


Biscoitos de Maizena aka Biskuit Maizena





Read More...

Biscoitos de Maizena aka Biskuit Maizena



Seharusnya, cara menguleni adonan ini, dimasukan ke dalam foodprocessor, atau dimikser, tapi karena lagi males banget ngeluarin alat-alatnya, jadi saya uleni manual saja dengan tangan. Hasilnya, bisa keliatan dengan  masih banyaknya bintik-bintik di permukaan kue ini, jadinya gak mulus gitu... *sebaiknya jangan dicontoh yah sodara, kalau instruksinya pake alat, ya pake alat aja jangan manual :D







BISKUIT MAIZENA













220 gr tepung maizena
95 gr mentega/margarin
150 gr gula pasir [kurangi jika terlalu manis]
2 sdm susu bubuk [resep asli tidak pakai]
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanilla bubuk







Campurkan semua bahan kemudian proses menggunakan mixer atau foodprocessor selama kurang lebih 10-15 menit. Nah kalau mau ikut cara saya *sebaiknya jangan* cukup uleni dengan tangan hingga semua bahan tercampur rata. Diamkan selama 15 menit, apabila masih terasa lembek, simpan ke dalam lemari es selama 10 menit.

Lumuri tangan dengan tepung maizena kemudian ambil sedikit adonan, bulatkan, tata di atas loyang, beri jarak agak berjauhan. Jika mengikuti cara saya, cukup gunakan dua buah sendok teh, kemudian bentuk adonan memakai sendok tersebut, lalu taruh di atas loyang [kebayang gak sih? yah pokoknya gitu deh hehehe..]. 

Panggang selama 10-15 menit, atau hingga pinggir kue terlihat mengeras. Keluarkan dari oven, biarkan kue menjadi agak dingin, baru lepaskan dari loyang, karena jika dilepaskan ketika masih panas, kue nya akan hancur. Dinginkan kembali di rak kawat, lalu masukan ke dalam toples.




Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



21 comments :

  1. kok bahannya dikit
    tumben :p

    BalasHapus
  2. Aku kira ini Comro -_-"

    Lha sekali-sekali pic-nya pake potonya Teteh kek gitu.

    BalasHapus
  3. Biar gak masuk prosessor tapi kalau dipandang, biscuitnya tampak enak mbak. Berasa gurihnya sampai sini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalo enak sih memang enak mbak Evi...cuma jerawatan gitu permukaannya hehe, pdahal yang bikin kinclong bookk...*getok pake ulekan:D


      Tengkyu udah mampir...
      salam kenal,

      Hapus
  4. sy pernah mbikin Mbak, tapi pakai potato starch...emang bener lumer di mulut ya...saking lumernya sampe anak2 ga doyan...hehe...:D
    sy males mbikin kukis, microwave oven sy cuma bs 1 loyang :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kalo gak ada glutennya jadi gitu kali yah, saya malah keras jadinya...karena manggangnya ampe kecoklatan.

      Iya um, kalo pake microwave cuma bisa seloyang tiap kali manggang..jadinya lama..heheh..tapi kalo saya sih kalo kukis biasanya pake otang, lebih cepet keringnya, kalo cake baru deh pake yang oven listrik..soalnya kalo pake otang miring2 gitu kuenya...*panasnya gak rata..

      Hapus
  5. ada yg baru dengan blognya
    *ketinggalan inpoh kelamaan ol pke hp mulu*

    liat sudut kanan-kiri, atas-bawah
    *salah fokus*

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaela...kemana ajah mbak..
      udin lama padahal:D

      Hapus
  6. kalau pake teflon bisa tidak dipanggangnya?thanks.salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh saya belum pernah nyoba kalo pake teflon, jadi belum bisa komen nih, takut salah...:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^