Onde-Onde Ketawa

Onde-Onde Ketawa

Onde-onde ini nggak pake isian seperti halnya onde-onde yang biasa. Dari segi teksturnya, kering tapi tidak keras, kriuk-kriuk gitu...dan rasanya manis... *kayak yang bikin...:P



Onde-onde ketawa ini sebenarnya salah satu resep yang kemarin-kemarin mengantri di draft, baru kali ini kesampaian menuliskan resepnya. Bukan apa-apa, beberapa hari ini koneksi internet sedang disabotasi suami tersayang, jadi daripada menghambat pekerjaan belio lebih baik, saya ngalah aja deh..heheh...

Sewaktu membuat onde-onde ketawa ini, awalnya saya gak ada niat sama sekali. Tadinya saya pikir membuatnya pasti agak ribet, sampai suatu sore, mama menelpon dan tiba-tiba menanyakan resep membuat onde-onde ketawa. Karena saya sendiri nggak pernah bikin, akhirnya saya tanya om gugel, yang akhirnya terdampar di situsnya Sajiansedap. Setelah dilihat-lihat, ternyata membuatnya tidak sesulit seperti yang saya bayangkan...makanya, karena terdorong rasa panasaran, setelah lihat resep itu, langsung lah tempur di dapur...dan ternyata benar pemirsa...cuma kurang lebih 15 menit, onde-onde ini sudah jadi...beneran...!



Read More...

Onde-Onde Ketawa

Onde-Onde Ketawa


Sehabis beberes di dapur, saya langsung ngasih tau mama kalo membuat onde-onde ini nggak seribet seperti membuat onde-onde biasa, tapi gak tau deh mama nyobain bikin apa nggak, yang jelas, sore itu akhirnya saya punya teman minum bandrek susu, sambil nongkrong depan jendela... *anak-anak? ya tidurlah....^^




ONDE ONDE KETAWA
Source: Sajiansedap







300 gram tepung terigu protein sedang 
1/2 sendok teh baking powder 
1/4 sendok teh soda kue 
100 ml air 
175 gram gula pasir 
1 butir telur 
2 sendok makan minyak goreng 

100 gram wijen untuk pelapis 
minyak untuk menggoreng 






Didihkan air, masukan gula pasir, masak sampai larut. Ukur hingga hasil akhirnya menjadi 200 ml, setelah itu dinginkan. Kocok telur dan minyak goreng, lalu masukkan sirup gula sedikit-sedikit sambil dikocok hingga rata. Tambahkan tepung terigu, baking powder, dan soda kue sambil diayak dan diaduk rata.

Ambil adonan, timbang masing-masing adonan seberat 10 gram, kemudian bentuk bulat, Celupkan ke air, lalu gulingkan di atas wijen. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang. Angkat, tiriskan.





Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,





18 comments :

  1. wah enyak ini, iiih teteh bisa bikin apa saja deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya juga kan belajar jadi nyobain masak apa aja hehhe..^^

      Hapus
  2. karena calangap gitu makanya disebut ketawa..?
    sok atuh cobain bikin onde onde baeud...

    BalasHapus
    Balasan
    1. encan mas...lbih ribet yang baeud mah...:P

      Hapus
  3. Aku sukaaaa...

    Teteh nih jangan2 punya toko kue atau kalo gak, punya kafe sepertinya ya.

    BalasHapus
  4. tombol ripleina kamana..?
    lalieur ah ganti templet nya..?

    ah elah...

    BalasHapus
  5. enya ieu ge lieur nu nyieun templet teh dudul pisan meni tombol riply na dipiceun....
    hihii

    BalasHapus
  6. balikin oh oh balikin
    tombol riplei gue kayak dulu lagi...
    huwoo.. huwooo...

    BalasHapus
  7. begimana balikinnyo....ouououoooo...*tarzan mode*

    BalasHapus
  8. ini onde2 ketawa yang empuk atau yang kriuk mba?

    BalasHapus
  9. sebenarnya luarnya kriuk2 mbak Anna, tapi dalemnya masih rada empuk gitu, saya pikir barangkali kalo membuatnya lebih kecil pasti jadinya kriuk sampe ke dalem:)

    BalasHapus
  10. dah lama pengen bmikin, belum kesampaian nih...penah mbikin onde2nya, eh meletus pas digoreng, jadi trauma :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga jadinya keder duluan wkt ada tmn yg cerita katanya pas digoreng onde2nya mletuss hihi makanya saya nyobain bikin yg onde2 ketawa aja, minimal aman di wajan hihihi..

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^