Kentang Panggang


Kentang Panggang


Ini menu sarapan saya beberapa hari kemarin...rasanya gurih dan yang paling menggoda itu aromanya..perpaduan antara oregano, pala dan merica...mh...nyam..nyam...*lebaayyy *


Masih ingat kan sama Kroket Kentang Keju yang tempo hari saya buat? ngga? ya ga apa-apa.. toh bukan ujian hehe...Jadi begini ceritanya pemirsa...waktu tempo hari saya membuat kroket kentang itu, ternyata isiannya masih tersisa sebanyak setengahnya lagi. Nah karena kulit kentangnya sudah habis ya saya simpen dulu tuh isiannya, sambil nyari-nyari ide itu kira-kira mau dibuat apa yah... baru keesokan harinya lah dapat ilham...kenapa gak dibuat kentang panggang aja...lagian bumbu-bumbunya juga gak jauh beda dari kulit kroket kentang yang kemarin, dan setelah nguplek-nguplek di dapur beberapa saat.....tadaaaaaa..... akhirnya jadi juga kentang panggang ini...



Kentang Panggang

Kentang Panggang



Resep kentang panggang ini sebenarnya sama saja dengan resep kroket kentang yang kemarin, cuma bedanya gak pake kuning telur dan keju, pake sih keju, tapi cuma buat taburannya aja bukan dicampur sama kentangnya. Sebagai gantinya, supaya kentangnya gurih, saya tambahkan susu. 

Eh yah..kalo diinget-inget sebenarnya kentang panggang ini juga mirip sama shephered's pie...yang dulu pernah saya buat...beda nya apa ya? emh...gak ada bedanya sih cuma penamaannya aja kali...yang onoh lebih membule kedengerannya padahal bahannya sih itu-itu juga...heheh...




KENTANG PANGGANG





Kentang Panggang




Lapisan Kentang:

3 buah kentang ukuran sedang, kupas, potong-potong, kukus, kemudian haluskan
2 sdm susu bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica bubuk
Garam
50 ml air



Isian:

200 gr dada ayam, potong dadu kecil
1 buah wortel ukuran besar, potong kotak kecil/ parut halus
50 gr buncis, iris kecil-kecil
150 ml air kaldu
1 sdm kecap manis
1 sdt kecap asin
Garam 
Gula



Taburan:

Keju parut [saya pakai yang quick melt]
Oregano kering






Isi:

Tumis bawang-bawangan hingga harum, masukan daging ayam, masak hingga ayam berubah warna. Masukan sayuran, tambahkan air kaldu, masak hingga airnya menyusut. Bubuhi gula, garam, dan merica, tambahkan kecap manis dan kecap asin, masak hingga airnya mengering. Cicipi rasanya, apabila sudah pas angkat.


Lapisan Kentang:

Haluskan kentang, masukan susu, pala, merica, air dan garam, aduk rata, sisihkan.

Siapkan ramekin, atau loyang masukan bahan isian, ratakan, kemudian masukan kentang, ratakan. Taburi dengan oregano kering dan keju parut. Panggang selama kurang lebih 30 menit dengan susu 170' C. Sajikan hangat.




Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. Teh Ayuuuuu...... kirim ke Bataaaaam dooonkk.....
    *teriak pake toa

    BalasHapus
    Balasan
    1. alamaaak jauhnya..*pasang tutup kuping*
      pa kbr de Lala?

      Hapus
  2. Pesen dua mangkok Teh...nganjuk!

    #yummmmm...

    BalasHapus
  3. perkedel itu mah..
    kenapa dimasukin mangkok..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lamun teu dimangkokan awur-awuran mas...:P

      Hapus
    2. atuh tinggal disapu, ceu...

      Hapus
    3. teruss..aku makan apa donk? sapunya????

      Hapus
  4. Itu kn di oven. Pake api atas atw bwh atw atas bwh?? Tlg yg jlas.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^