Pepes Ati Ampela

Pepes Ati Ampela

Pepes ati ampela ini salah satu makanan kesukaan saya dari kecil...sayang karena takut pegel-pegel jadi sekarang mah saya jarang makan ini.



Hari ini agak bingung mau masak apa...bengong lama di tukang sayur, mau masak ayam, kemarin pan baru makan ayam goreng, mau masak udang eh...udangnya udah ada yang borong... hm.... akhirnya melirik ati ampela yang kelihatan masih segar. Saya cari-cari kebetulan daun pisang juga ada.. rencananya mau dibuat pepes aja ah...

Menu jeroan seperti ini sebetulnya tidak begitu menjadi favorit Daddy sama Kirei. Alasannya ya karena takut kolesterol, kalau Kirei, nggak tau deh dia kurang suka... lebih suka ayamnya, dibanding jeroan. Paling yang suka cuma saya sendiri. Tapi karena takut encok dan pegel-pegel saya juga nggak terlalu sering masak jeroan, apalagi jeroan sapi.... wah udah ngeri aja ngbayanginnya suka sih tapi tangel masakna, jadi hoream...... makanya udah jarang masak. Terakhir masak ati ampela tuh kalau gak salah waktu bikin Sambel Goreng Ati Ampela yang pakai pete itu... kapan itu yah? ya pokoknya yang itu lah.... padahal biasanya setahun paling cuma 2 atau 3 kali masak jeroan. Tahun ini yang kedua kalinya berarti....


Read More...

Pepes Ati Ampela



Dulu tuh..mama sering masak pepes kayak gini, jadi bumbunya cuma diiris-iris aja dan cuma bawang bawangan. Tapi rasanya enak banget menurut saya, dibanding pakai bumbu rujak. Kalau mau rasanya pedas, ditambahkan cabai rawit, tapi karena kirei bisi pengen makan juga, akhirnya cabainya nggak diiris-iris, ya dimasukin aja gitu, jadi nanti pas waktu makannya cabenya dicolekin.. udah pedes kok. 

Dari 1/4 kilo gram ati ample ini jadinya sekitar 5 bungkus. Lumayan karena kami keluarga kecil, cukup buat makan siang dan makan malam hehe...




PEPES ATI AMPELA




Pepes Ati Ampela









250  ati ampela, potong kecil
2 batang sereh, geprek potong-potong
10 lmbr daun salam
3/4 sdt garam
Sejumput gula
1 buah tomat, potong kotak
2 sdm minyak sayur
5 buah cabai rawit merah
Daun pisang untuk mengukus, bakar sebentar di atas kompor, supaya layu



5 tangkai daun bawang
5 siung bawang merah
[iris halus]






Siapkan dandang, beri air agak banyak kemudian, panaskan.
Campurkan ati ampela, bawang, daun bawang, daun salam, sereh, cabai dan tomat. Bubuhi garam dan gula, tambahkan minyak, kemudian aduk hingga rata. Diamkan sebentar.
Ambil kira kira 2 sampai 3 sendok campuran ati amplea, kemudian taruh di atas daun pisang, bungkus, lalu gunakan lidi atau tusuk gigi untuk menyematkan daun. Lakukan sampai habis. Selanjutnya, kukus selama kurang lebih 45-60 menit. Angkat, sajikan




Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



20 comments :

  1. haduh2, udh aku lg bete campur laper.. eh mampir kesini disuguhin pepes,
    gimana ini siapa yg tanggung jwb, mana aku kesini gak bawa piring ama nasi lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanggung jawab?
      yo wes..mas yg tanggung aku yg jawab...
      #eh...

      Hapus
  2. waah...favorit juga nih Mbak...tapi semenjak di kumamoto ga pernah lagi makan ati rempelo ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho knp? gak ada yg jual ya?

      Hapus
    2. blm pernah cari sih...yg pernah beli ati sapi....disemur aja :)

      Hapus
    3. iya klo ati sapi mantep bgt di semur.....
      *deuuhh jadi lapeeerr ngebayangin nasi kepul2 dicocol semur:D

      Hapus
  3. yang kolesterolnya tinggi mah jeroan sapi kan..

    ati bagus ini :D boleh juga dipepes, tapi butuh cukup banyak ati ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya? wah syukurrrr deehh..sy pikir semua jeroan kolesterolnya tinggi mbk....
      nggak perlu bnyk2 sih, seadanya jg boleh, bikinnya kan gampang, dua pasang ati ampela jg cukup mbak:)

      Hapus
  4. pantes bapake kirei kebayang rumah terus ya, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho kok kbayang nya rumah sih, bukan istrinya:D

      Hapus
    2. tar aku yang bayangin isrinya deh...

      *lempar panci

      Hapus
    3. jgn panci terus donk yang dilempar kali-kali kijang inova gituuuhhh...:P

      Hapus
  5. Sama mba, saya juga jarang masak jerohan, serumah ga ada yang suka...tapi ini keliatan seger banget nih,simpel pula, boleh nih dicoba... ^^

    BalasHapus
  6. makanya makan ampela aja
    jangan makan ati
    jadinyaga bikin pegel...

    BalasHapus
  7. Hadehhhh jd laper liatnya.....

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^