Ongol Ongol Jilid 2: Ongol Ongol Hunkwe

Ongol Ongol Hunkwe

Akhirnya.. tayang juga sekuel ongol-ongolnya...kali ini ongol-ongol yang di uji cobakan di dapur saya, yaitu ongol ongol yang terbuat dari tepung hunkwe, dengan sedikit campuran tepung sagu...



Ongol Ongol HunkweSeperti yang saya janjikan kemarin, saya akan menuliskan lagi resep ongol-ongol dengan bahan yang terbuat dari tepung hunkwe, alasannya karena ongol-ongol yang pertama saya buat kemarin, yaitu ongol-ongol dari tepung sagu, kurang memenuhi harapan saya. Maksudnya, meskipun dari segi rasa sudah sesuai seperti yang saya harapkan, tapi teksturnya terlalu kenyal, sampai-sampai tak bisa dipotong dengan pisau. Makanya dengan rajinnya *deziiiing:D* akhirnya saya membuat ongol-ongol lagi, meskipun sebenarnya agak bingung juga mau ngabisin ongol-ongolnya karena di rumah yang suka cuma saya sendiri hehehe...

Ongol-ongol yang sekarang saya buat ini, dari segi tekstur, tidak begitu kenyal, jadi hampir mirip..[hampir lho ya...] seperti yang saya inginkan. Tapi sejujurnya sih masih kurang, belum seperti harapan saya. Begitu juga dari segi rasa, sepertinya lebih enak dari yang kemarin....Bahkan kali ini, kok yah jadi mirip dodol hihih, padahal dari bahannya tidak seluruhnya dari tepung hunkwe, tapi dicampur juga dengan tepung sagu, emh..cuma jadinya malah kurang kenyal, apa karena tepung hunkwe nya kebanyakan ya?:D...

Read More...

Eh tapi saya nggak bilang rasanya nggak enak yah, sebenarnya enak sih tapi belum sesuai dengan yang saya harapkan. Bagi saya mungkin kurang sreg, tapi mungkin menurut teman-teman yang lain mungkin ini sudah pas. Yah, namanya selera orang, kan beda-beda... hehehe...

Apa besok saya akan membuat sekuel ongol-ongol lagi? hm...nggak tau deh, soalnya lama-lama enek juga tiap hari ngabisin ongol-ongol sendirian hihihi....o yah, untuk resepnya, saya modifikasi dari ongol-ongol yang kemarin, cuma beda-beda dikit lah...^^



Ongol Ongol Hunkwe





ONGOL ONGOL HUNKWE





Ongol Ongol Hunkwe



50 gr tepung hunkwe 
25 gr tepung sagu
75 gr gula merah, sisir 
1 sdm gula pasir
1 lmbr daun pandan
250 ml air
Kelapa parut
Garam






Kukus kelapa yang sudah dicampur dengan garam, selama kurang lebih 15 menit. Sisihkan.
Campurkan tepung sagu dengan tepung hunkwe, dan 100 ml air, aduk rata.
Masukan gula, daun pandan, tambahkan sisa air, masak di atas api hingga gula larut, angkat dari kompor, saring sambil langsung di tuangkan ke dalam panci campuran tepung hunkwe. Masak semua bahan dengan api kecil, sambil terus di aduk. Apabila adonan sudah berwarna bening dan kecoklatan, angkat kemudian tuang ke dalam cetakan, dinginkan. Potong-potong kemudian gulingkan ke dalam kelapa parut. Sajikan.




Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. rajiiin bangeet Mbak....sampe mbikin sekuelnya...hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saking penasarannya sama ini resep um:D

      Hapus
  2. saya pernah baca di mana gitu, lupa, ongol2 emang ga dipotong kok mba, cuma disendoki aja setelah dingin, jadi bentuknya agak2 bulet gitu...bener ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mungkin, atau barangkali tergantung bahannya..kalau yang sagu memang udah gak mungkin dipotong pakai pisau, jadi cukup disendokin trs diguling2 ke parutan kelapa..tapi kalau yang pakai hunkwe atau singkong sih masih mungkin, soalnya kalo disendokin justru jadi gak bagus bentuknya:)
      *jawaban ngarang:D*

      Hapus
  3. Oh iya teh, dengan bahan dasar hunkwe memang akan terasa tidak terlalu kenyal, aku bisa bilang begini karena memang ibu ku suka memasak hunkwe hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh pecinta ongol-ongol hunkwe jg nih ternyata :D

      Hapus
  4. tepung sagu paling pas deh kenyal2 gitu, tapi wkt bikin pake sagu asli dr mks rasanya enak bgt..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oo yah? waduh sayangnya...kalo yang asli rd sana susah di bdg, entah mungkin sayanya aja kurang gaul hehe...

      Hapus
  5. Blognya rapiiih banget, Mba. Seneng liatnya :D
    Dan kayaknya bakal sering berkunjung ke sini :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbqk fitri hehe dgn senang hati... Silahkan berkunjung lagi ya... :)

      Hapus
  6. Mba untuk campuran tepung sagunya bisa diganti tepung tapioka ga ya?

    -Selfy

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^