Balado Teri

Balado Teri
Pemirsa yang suka mampir di mari..pasti tahu banget kalau balado teri adalah salah satu makanan favorit saya, makanya tiap berapa episod gitu...pasti tayang lagi..tayang lagi..hehehe..^^


Balado teri yang kering dan krispy, dengan cita rasa asam manis dan agak pedas ini..siapa sih yang gak suka? apalagi membuatnya relatif mudah, yang penting asal sudah tahu tehniknya pasti bakal ketagihan. Saya sendiri nggak penah diajarin gimana cara bikinnya.. yah namanya hidup di kampung orang jauh dari sanak saudara, apa-apa yah harus belajar sendiri. Paling banter, biasanya nanya ke mama...tapi kalau yang namanya masak, meski udah dikasih tau dan di kepala udah hafal banget step by step nya, teteup aja eksekusinya itu kadang butuh yang namanya feeling juga. Semacam, apa terinya udah kering bener pas di goreng, apa bumbunya sudah benar-benar matang dan tidak berair, apa rasanya udah pas atau keasinan, karena namanya teri kan beda-beda, ada yang sudah asin dari sananya ada yang agak tawar. Nah sementara kalau harus plek meniru resep kadang ada yang nggak sesuai juga. Lha teri yang di pakai kan beda-beda...mending kalau misalkan pas nemunya jenis teri yang sama dengan tingkat keasinan yang sama, jadi jumlah garamnya bisa nyontek sesuai yang ditulis di resep... kalo beda? pan bisa berabe entar dikira minta kawin lagi sama yang di rumah gara-gara keasinan masaknya hihihi.... 


Balado TeriMakanya, sekalian curhat nih... kadang saya suka bingung sendiri  ketika harus menuliskan seberapa banyak jumlah gula dan garam dalam setiap resep yang saya tulis. Karena saya nggak betul-betul menimbangnya. Jadi yang saya tulis itu lebih banyak kira-kira. Maka dari itu, ketika di dalam menuliskan cara membuatnya, biasanya selalu saya cantumkan, cicipi dahulu sebelum diangkat. Kenapa? supaya rasanya benar-benar pas seperti yang kita inginkan.

Saya percaya, biasanya teman-teman kan pastinya sudah punya pakem sendiri bagaimana cita rasa yang paling pas di lidah masing masing. Semisal, kalau saya memsak itu harus kerasa manis asinnya, sementara kalau bapak saya nggak boleh ada cita rasa manis dalam masakan, kecuali kolak. Makanya masakan saya nggak pernah cocok buat bapak, tapi cocok banget buat Daddy, suami saya... nah begitu juga dengan teman-teman mungkin ada yang merasa kurang pas dengan takaran gula garam atau merica yang saya tulis kemudian jadi sebel karena nggak cocok seperti yang diharapkan.... hehehe [ini sekaligus buat curhat sama teh Rien yang kadang rajin banget suka nge-smsin tentang resep-resep masakan...dan membuat saya jadi suka kepikiran duh...gimana nanti kalau hasilnya ke asinan yah....atau kemanisan gitu...ntar teteh nya jadi nyangka  testimoni saya tentang masakan tersebut cuma bohong-bohongan :D] jadi biasanya sekarang sih saya kadang tidak, kadang masih menuliskan seberapa banyak takaran gula dan garamnya hihihihi...


Read More...

Balado Teri



Lagi pula terlepas dari semua itu, yang harus di garis bawahi adalah, saya juga masih belajar, masih pemula, bukan masterchef yang kayak di tipi-tipi...wah jauh lah pokoknya... intinya saya ngeblog itu, juga buat belajar...dan buat menyimpan resep-resep kue atau masakan yang pernah saya buat. Jadi suatu hari nanti kalau saya butuh, tinggal ceklik, langsung muncul...gituuu^^

Walah panjang banget nih pembukaannya hihihi...
Oke, lanjut ke resep saja nih....sebenarnya balado teri yang saya buat kali ini, nggak jauh beda dengan yang saya buat sebelumnya, cuma sedikit bedanya, kali ini saya menambahkan daun jeruk dan mengganti terinya dengan yang berukuran agak besar, tapi sama-sama masih teri tawar, jadi agak hambar gitu kalau digoreng terus langsung dimakan. Kalau kata pedagangnya sih, namanya teri Padang, saya sendiri kurang tahu, yah pokoknya teri yang beginian lah...kelihatan kan di poto... sedikit mringkel...tipis dan agak lebar.^^



BALADO TERI






Balado Teri









Bahan
250 gr teri tawar, cuci, keringkan
1 1/2 sdm gula pasir [atau sesuaikan dengan selera masing-masing]
1/2 sdt garam [ atau sesuaikan dengan selera masing-masing]
2 lmbar daun jeruk, sobek-sobek
1 sdm air asam jawa
Minyak



Bumbu [ulek kasar]

50 gr cabe keriting/ cabe merah besar, tergantung selera
10 buah cabe rawit [skip atau kurangi jika tidak ingin terlalu pedas]
6 buah bawang merah
4 buah bawang putih



Cara Membuat

Panaskan minyak, goreng teri hingga kering, angkat tiriskan.
Panaskan 3 sdm minyak, masukan bumbu yang sudah diulek, tambahkan air asam, daun jeruk, gula dan garam, tunggu hingga kadar airnya menyusut, baru masukan teri nya, [ini penting supaya terinya tetap renyah dan kering meskipun sudah lama didiamkan di udara terbuka]. Kecilkan api, aduk hingga rata. Cicipi, sesuaikan dengan selera masing masing. Angkat, sajikan dengan nasi putih.




Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^