Sop Bakso, Sosis dan Ayam



Sop Bakso, Sosis dan Ayam



Sop Bakso, Sosis dan AyamSaya sama sekali tidak sedang malas masak atau sedang baking blue..tapi beberapa dari kue yang saya buat entah kenapa beberapa hari ini berakhir dengan menyedihkan. Padahal kue tersebut niatnya mau dipamerin ke mama yang udah penasaran banget pengen icip-icip kue buatan saya. Karena setahu mama saya ini nggak pernah bikin kue, masak aja jarang...apalagi dulu waktu masih tinggal sama mama, sama sekali gak doyan masak. Tapi belakangan karena saya sering gencar bercerita tentang kue-kue enak buatan tangan saya sendiri mama jadi penasaran, makanya pas lagi nengokin cucunya ke Bandung beliau minta dibuatkan kue...eh tapi ternyata kuenya kagak jadi:(

Untungnya mama pengertian, jadi cuma mesem-mesem doang waktu melihat seonggok brownies ketan hitam buatan saya, yang sepertinya lebih mirip sama tumpukan istana pasir yang udah ambruk, terus dikasih oli..hihihi.. Padahal Brownies ketan hitam itu, bukan tipe kue yang ribet, dan saya sudah pernah tiga kali membuatnya, dan gak ada yangg gagal. Nah justru pengalaman yang keempat kalinya ini yang gagal...
Masalahnya dimana? hihi sebenarnya bukan karena saya salah memasukan bahan, kurang lama mengocok  ataupun over mixing, masalahnya cuma satu....Gasnya habis! 
dongkol banget pan!


Read More...

Sop Bakso, Sosis dan Ayam



Ya...sutrala... yang lalu biar berlalu mari kita lanjutkan ke menu yang saya buat hari ini di sela-sela menidurkan baby Aiko, ngepel dan beres-beres...yaitu Sop! Menu yang hampir setiap ibu-ibu pasti sudah pandai membuatnya...kecuali yang emang bener-bener pemula banget di dunia masak-memasak dan suka kelimpungan bikin komposisi yang pas...yah semodel saya ini lah...dulu tapi...hihi.. Sekarang? sebenernya gak jauh beda sih:D

Saya membuat menu ini karena gampang tinggal cemplung-cempungin sayurannya dan nggak perlu harus ditongkrongin masaknya, jadi bisa sambil beres-beres. Selain itu sejak kemarin saya bersin-bersin..khawatirnya kena flu, jadi sebaiknya menyantap makanan yang berkuah dan padat gizi supaya gak keterusan aja gitu sakitnya...:)



Sop Bakso, Sosis dan Ayam






SOP BAKSO, SOSIS & AYAM



Sop Bakso, Sosis dan Ayam




250 gr dada ayam, potong-potong
10 buah bakso
Sosis, sebanyak yang disuka, potong-potong
Wortel
Bunicis
Kentang
Kol
Garam
Kaldu blok, bila suka
1/2 sdt merica bubuk
Minyak untuk menumis
1 liter air, atau sesuai selera


Bumbu yang diiris halus:

3 buah bawang merah
2 buah bawang putih
3 tangkai daun bawang
2 tangkai daun seledri



Rebus ayam hingga setengah matang, kemudian masukan wortel dan kentang, masak dengan api kecil. Tambahkan buncis dan kol, biarkan beberapa saat lalu tembahkan bakso dan sosis. Masukan merica, gula dan garam serta kaldu blok, bila pakai. 
Siapkan wajan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan kecoklatan, masukan daun bawang seledri, aduk sebentar, lalu tuang ke dalam rebusan sop ayam. Masak lagi sop sebentar, cicipi, apabila sudah pas, sajikan hangat.




Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



17 comments :

  1. Haduuuh...dituang haneut-haneut nuju hujan keumah pasti nyoss pisan Teh...

    #surupuuut

    Tapi jadi penasaran juga sama tumpukan pasir yang disiram oli itu hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. muhun raos pisan kang:)

      ah ngeri liatnya makanya gak ditayangin hihi..

      Hapus
  2. baksoku ada lima...
    rupa rupa warnanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya rikues bakso yg kek gitu
      ada gak..?

      Hapus
    2. ada..
      bikin sndri tapi...
      #melet-melet..

      Hapus
    3. not recomended chef ah...

      Hapus
    4. biarin..kl baso na teu laku, bibi mah mau jualan karedok aja kl gitu...

      Hapus
    5. hayah...
      si bibi masih inget wae..

      Hapus
    6. inget atuh pan mamang can mayar kamari..mana nganjuk bala2 oge..beuh...

      Hapus
  3. menunya kok ya kebetulan sama teteh, hari ini suami masakin aku sup, cuma gak pakai bakso dll. murni sayuran doang karena adanya ya memang itu hehehe

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. masakk nyookk.. ujan blom disono mbak...?

      Hapus
    2. ntar ah masaknya hehehehe
      ini lagi ujan disini...

      Hapus
    3. samaan donk..bererti musim hujan sudah merata kmna2 ya:)

      Hapus
  5. sukaaaaa slurp, ujan2 enak nih

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^