Poffertjes Santan Keju

Poffertjes Santan Keju


Aihh...kok bikin poffertjes lagi? hehe iya nih ternyata doyan juga sama kue ini. Meskipun sebenarnya saya sendiri ragu..ini kue pukis apa poffertjes?




Poffertjes Santan KejuJadi.. kemarin kan saya pernah bilang tuh..kalau kue pukis sama poffetjes itu beda-beda tipis lah...jika dilihat dari bahan-bahan dasarnya, paling yang membedakan, kalau poffetjes umumnya memakai susu sedangkan kue pukis biasanya memakai santan. Nah sebenarnya tadi pagi saya berniat membuat kue pukis, karena memang dari awal pengennya membuat kue pukis dari kemarin ge..tapi karena nggak punya cetakan kue pukis yang bentuknya kayak bulan separo itu, akhirnya ya udin..kue ini saya namakan poffertjes aja deh meski pun saya make nya santan bukan susu, pake sih susu tapi cuma sedikit.  
Resep Poffertjes santan keju yang saya buat ini sebenarnya tidak jauh beda dengan Pofferjtes Tape yang kemarin, cuma saya modifikasi lagi...tapenya saya ganti dengan keju, begitu juga dengan susu nya, saya ganti dengan santan, dan kali ini memakai topping supaya lebih ngeju aja gitu...

Eh yah saya sendiri gak nyangka bakalan suka sama kue beginian. Padahal mah yah dulu itu paling males banget deh, ngelirik nya pun ogah...tapi sekarang kok jadi favorit yah...hihihi


Read more...

Poffertjes Santan KejuKalau harus dibandingkan antara Poffertjes tape sama Poffrtjes santan keju enakan yang mana? kalau ditanya enakan mana, ya dua-duanya juga enak..nah bedanya kalau yang keju..ini gak cuma enak, tapi enakkkk banget hihihi...*narsis beuuut* coba bayangkan.. pemirsa...gurihnya santan.. dipadu sama keju...beuh...mantabs pisan...dan memang itu tujuannya kenapa saya mengganti susunya dengan santan, ya biar lebih gurih aja gitu...jadinya lebih nendang..gak sekedar enak hehehe...

Saran saya, buat temen-temen yang mau nyobain resep ini, sebaiknya Poffertjes nya disajikan selagi masih hangat...jadi aroma kejunya berasa banget, belum menguap kebawa angin...terus lagi, karena saya memasaknya dengan api kecil makanya agak lama, tapi kulitnya agak berkerak dan kering. Jadinya permukaan bawahnya garing tapi atasnya lembut dan ada lelehan kejunya..[yang difoto sih gak kelihatan soalnya udah agak dingin]. Nah itu yang bikin enak banget...hihi...cobain aja lah ya^^




Poffertjes Santan Keju







POFFERTJES SANTAN KEJU



Poffertjes Santan Keju





100 gr tepung terigu
25 gr keju parut
35 ml santan kental
125 ml air
1 sdm susu bubuk
3 sdm gula pasir
1/2 sdt ragi instan
15 gr margarin, lelehkan
1 butir telur, kocok lepas


Keju slice, untuk toping, potong kecil-kecil
Keju cheddar untuk taburan



Campurkan terigu, ragi, keju, dan susu bubuk, aduk rata, kemudian tuangi dengan air, sambil diaduk, tambahkan santan dan telur, aduk lagi hingga licin. Istirahatkan adonan selama kurang lebih 25 menit, tutup adonan dengan serbet.
Setelah 25 menit, tuangi adonan dengan margarin cair, aduk rata, sisihkan.
Panaskan cetakan kue, oles dengan margarin, lalu tuangi dengan adonan, beri potongan keju di atasnya. Biarkan hingga berlubang dan matang, usahakan memasak dengan api sedang atau cenderung kecil, supaya tidak gosong, angkat, sajikan. Beri taburan keju parut.



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...


Salam,



13 comments :

  1. teh kalo ragi, bagusnya pake merek apa ya ?
    bisikin dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl saya biasanya pake fermipan, tapi sekarang pakenya merk Saf, sama aja sih sebenernya..:)*sambil bisik bisik pake TOA*

      Hapus
  2. masaloh kaluar deui nu hese nyebut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga usah nyebut kalo gak kesmbet mas...:P

      Hapus
  3. Haduh, yang tape aja belum sempet bikin udah nongol yang baru...gimana dong...kayaknya mesti buru2 nih sebelum ketinggalan makin jauh...he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuuk mbak Dinaa...xixixii...mari kluarkan cetakan buletnya:)

      Hapus
  4. teh aku plg suke makanan begini
    mupengggggg

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama ki..ujug-ujug jadi doyang yang begnian...:)

      Hapus
  5. untuk saat ini, ngiler2 dulu deh teh. ntar kalau udah lahiran dan enju agak besar, bisa dipraktekan sekaligus bikinin Enju :)

    BalasHapus
  6. Udah lama ga mbikin poffertjes, bbrp waktu lalu udah mo mbikin, eh ga jadi2, sampe keduluan Mbak Ayu 2 kali nih....nyomot disini aja yaa Mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo donk ummu segera bikin...pengen liat poto2 cantik hasil jepretan ummu..:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^