Nastar

NastarGak ada angin, gak ada hujan...lebaran aja sudah lewat kok malah bikin nastar hehehhe...awalnya saya gak niat banget membuat nastar tapi karena di dapur ada enam buah nanas besar-besar yang bingung juga mau dibuat apa, Daddy sampai bilang..wah ini kayaknya harus dibuat sesuatu...saya bilang iya ntar, dibuat nastar aja.

Gara-garanya pas weekend kemarin, seperti biasa acara jalan-jalan  keliling Bandung. Nah kebetulan, pas hari minggu itu, kami sekeluarga sedang pengen ke Lembang. Daddy sih pengennya ke tempat Tahu Tauhid, tapi karena habis makan di tempat kondangan akhirnya tancap gas terus ke atas, pas ditanya mau ke Tangkuban Parahu gak, saya bilang ogah...ya udin...gak berhenti...malah saya bilang pengen foto-foto di kebun teh. Tapi ternyata gak nemu tempat yang enak. Sekalinya nemu tempat, kendaraannya gak bisa parkir, akhirnya muter lagi...nah pas muter itulah ketemu bapak-bapak tukang jualan nanas Subang. 

Waktu itu nanasnya saya beli 30 ribu, dikasihnya 6 buah..alhmdulillah...akhirnya... meski nggak pake acara tawar menawar lama-lama...jadilah kita pulang dengan 6 buah nanas di bagasi...seneng donk...meskipun sebenarnya di depan UPI juga banyak, tapi pengen aja beli di tempat si bapak-bapak yang udah tua itu...

Nah dalam rangka memberdayakan nanas yang numpuk di dapur akhirnya terciptalah kue andalan hari lebaran ini, yang meskipun lebarannya udah lewat, tapi nggak dosa juga donk kalau makan ini sekarang....hihihi..

Read More...


Nastar




Nastar







NASTAR



Nastar



300 gr tepung terigu
30 gr susu bubuk
20 gr maizena
2 kuning telur
250 gr butter
100 gr keju cheddar parut
70 gr gula 



Selai Nanas:

2 buah nanas, kupas, parut
200 gr gula pasir
1 batang kayu manis


Olesan:

1 kuning telur
1 sdm susu bubuk
1 sdt madu
[aduk rata]




Selai:

Masak nanas dan kayu manis hingga kadar air nanas menyusut, baru kemudian masukan gula, supaya warna selainya kuning keemasan. Masak hingga selai agak kering dan bisa dibentuk. Sesuaikan tingkat kemanisannya, apabila kurang manis tambahkan gula. Angkat, dinginkan, bentuk bulat kecil, simpan ke dalam lemari es, supaya mudah ketika memasukan isiannya.


Nastar:

Kocok butter dan gula hingga rata, tambahkan kuning telur dan keju, kocok asal rata. Masukan terigu, maizena dan susu, kocok lagi dengan mixer berkecepatan rendah sebentar, matikan mixer. Ambil setengah sendok adonan, masukan isian, bulatkan susun di atas loyang yang sudah dipoles margarin, beri jarak. Panggang 10 menit, keluarkan dari oven, oles dengan campuran kuning telur, panggang lagi selama 10-15 menit. Angkat, dinginkan, masukan ke dalam toples.





Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. waah....tempo hr jg sempet dpt nanas murah....tp sy buat setup nanas...hehe....mau ngukis pake microwave males, coz cuma bs 1 loyang bulet aja...kelamaan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiihihi..mikrowave nya kecil yah? kudu sabar dan nunggu sampe bener2 ngacai baru deh bikin kayaknya:D

      Hapus
  2. bosen ah
    asa mau lebaran wae..

    BalasHapus
  3. pan lebaran kmrn saya mah gak bikin:D

    BalasHapus
  4. Kue favoritku saat lebaran. Dan biasanya aku sendiri yang ngabisin, tamu ga kebagian :D

    BalasHapus
  5. mbak, aku contek buat lebaran tahun ini ya.... :)
    Maturnuwun....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mudah2n suka yah..
      eh tapi saran saya, kalo mau nastarnya lebih ngeprul cobain yang ini deh...http://www.momylicious.com/2013/02/golden-pillow-pineapple-tart.html

      terima kasih sudah mampir mbak, salam kenal^^

      Hapus
  6. Mba nastar ini enak ngga ? teksturnya gimana? Padet empuk apa renyah ngeprul ?... thanks ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padet mbak.sy sndr kurang sreg.lbh suka resep yang satunya lagi.judulnya golden pillow.rasanya lebih enak.coba aja disearch di kategori cookies:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^