Keripik Ikan Bilis

Keripik Ikan BilisNyesel deh beli ikan bilis ini....bikin makan yang asalnya sepiring jadi pengen dua piring..dan parahnya itu masih pengen nambah kalau gak buru-buru bilang Alhamdulillah....padahal kemarin baru ditimbang, hasilnya turun 2 kg..lumayan lah..nah sekarang cuma gara-gara ikan asin entar malah nambah timbahang...duh....

Aslinya, setiap hari setiap kali ke tukang sayur terus lihat bungkusan ikan bilis ini berjejer di atas meja, saya hampir tak pernah tergoda, boro-boro beli liatnya aja udah ogah..yang kebayang tuh, ini ikan bau amis..terus ga enak..terus....ah banyak deh..sampai beberapa hari yang lalu ada ibu-ibu beda blok, masih sekomplek tapi, ngeborong ikan bilis ini sampai habis. Ada sekitar enam bungkus.. Saya tanya, itu ikan emang enak, biasanya dibuat apa...kata ibu tetangga saya, katanya enak dan paling enak kalau dibuat keripik aja gampang buatnya dan cepat. Nah sejak saat itu jadi tergoda pengen nyobain meskipun masih rada ragu, beneran gitu enak...apa nggak, baru tadi pagi deh kesampaian beli..dan memang enak hihihi...

Ikan bilis ini bukan ikan bilis segar, tapi semacam ikan asin tapi nggak terlalu asin...agak tawar gitu...[halagh belibet banget penjelasannya]. Satu bungkus isi nya sekitar 100 gr. Saya sebenarnya nggak tahu juga kalau itu jenis ikan apa, tapi di kantong plastik pembungkusnya ditulis ikan bilis air tawar. Ya saya sebut saja ikan bilis, padahal seumur-umur baru kali ini kayaknya saya makan ikan beginian makanya baru tau juga itu namanya ikan bilis. 


Read More...


Keripik Ikan Bilis

Keripik Ikan Bilis


Keripik Ikan Bilis







KERIPIK IKAN BILIS




Keripik Ikan Bilis





300 gr ikan bilis kering
45 gr tepung bumbu siap pakai
3 sdm tepung beras
Air
Minyak untuk menggoreng







Siapkan wadah, campur tepung bumbu dengan tepung beras, aduk rata. Masukan air aduk hingga adonan menjadi kental atau sesuaikan volume airnya dengan tingkat kekentalan yang diinginkan. Jika ingin terigunya menempel banyak, maka adonannya harus kental, tapi kalau mau tepung yang menempelnya tipis, maka adonannya dibuat agak encer. 
Panaskan minyak goreng, sebaiknya minyak yang dipakai agak banyak seperti halnya membuat rempeyek. Ambil satu ekor ikan, celup ke dalam adonan tepung lalu goreng dengan minyak panas. Tidak perlu memakai sendok, celup dengan tangan saja supaya gampang. Lakukan sampai habis. Apabila warnanya sudha kecoklatan, angkat tiriskan. Setelah dingin, masukan ke dalam toples, tutup rapat.


Selamat mencoba, semoga bermanfatat...

Salam,



12 comments :

  1. itu mah ikan goreng tepung, euceu...
    kalo keripik mah ikannya yang kecil kecil..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tadinya mau dikasih judul ikan bilis goreng tepung tapi ah...kumaha nu nulis wee..xixixixi

      Hapus
    2. kumaha kumaha juga pengaruh kanu baca atuh, ceu...

      Hapus
    3. didieumah kumaha nu nulis hihihi...

      Hapus
  2. waaahhh.. aku juga suka ikan asin goreng tepung
    tapi biasanya kalau aku ikan layur si
    panjang2 gitu ikannya. Enak buat makan pake nasi anget. Kriuk-kriuk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. layur? dibuat ikan asin? masa sih An...soalnya kl aku sih taunya layur seger gitu...kan aku aslinya orang pinggir laut jadi tau banget ikan layur, cuma baru tau kalo ikan layur juga biasa dibuat ikan asin..kebayanga ja segede2 gaban..panjang ngagebay,,,xixiix

      Hapus
  3. enaknya dimakan sama sayur lodeh ni Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ummu..kok baru kepikiran yah, sy mkannya sama jengkol plus sambell hihihi..selera kampung bgt deh:D

      Hapus
    2. waah...sy belum pernah makan jengkol....bentuknya aja ga tau....di jawa timur jrg ada jengkol kayaknya...atau sy yg ga pernah nemu ya?

      Hapus
    3. hah? masa? duh ummuuu...itu salah satu makan terenak asli endonesiahh...hiihi...

      Hapus
  4. jie nih si ibu,,,, ikan bilisnya kok gede gede atuh,,,,itu bukan keripik, dari rasa saya lebih suka teri yang kecil2 dibuat keripik

    BalasHapus
    Balasan
    1. ihh itu yah teksturnya persis kayak kripik kering banget kang...udah kayak rempeyek rebon deh kl dimakannya sambil merem:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^