Keripik Bawang



Keripik BawangDi rumah, yang paling sering complain soal cemilan pastilah Daddy...bukan apa-apa...beliau ini tidak begitu suka makanan manis, soalnya yang masaknya udah manis banget jadi bikin eneg kalau serba manis katanya.....*grin 

Seperti halnya saat saya membuat nastar waktu itu, atau roti coklat yang kemarin, daddy kurang suka, meskipun masih suka icip-icip, cuma nggak banyak. Dulu tuh pernah bikin keripik bawang yang seperti saya buat tadi pagi...wiih setoples dihajar berdua sama Kirei..dan besoknya...tinggal cerita.....

Nah tadi pagi, sebelum ke tukang sayur, saya sempatkan dulu membuat keripik bawang. Soalnya besok kan libur tuh..biasanya kita di rumah kalau gak kelayapan keliling Bandung, hari libur itu, juga dihabiskan dengan nonton rame-rame...*di bioskop? nggak...di rumah donk, filmya dapat ngebajak di piratesbay hihihi...*


Read More..

Keripik Bawang



Keripik Bawang



Keripik ini saya bikin, rencananya buat nemenin nonton besok. Aih... kebetulan mau nyobain mesin pengilingan mie yang beberapa minggu lalu saya beli. Padahal rencananya beli mesin ini mau diperdanain dengan resep pastel mini, tapi sayang abon buat isiannya masih di warung, belum beli jadi yang simple dulu saja lah...







Kripik bawang yang saya buat ini teksturnya dijamin nggak bakalan bikin sakit gigi. Garing dan renyah, cenderung mudah patah malah....
tapi...sewaktu membuat keripik ini terjadi kecelakaan, keripiknya agak asin, sebenernya asin banget sih enggak cuma...kelebihan garam aja gitu...makanya setelah digoreng, saya taburi dengan bumbu manis pedas yang biasa buat dipakai kentang goreng, tujuannya sih supaya asinnya berkurang...dan ternyata pakai itupun rasa asinnya masih kerasa, ya udin pake gula bubuk sedikit. Rasanya? uh..malah jadi tambah enak menurut saya..tapi kalau nggak suka gak usah pakai, setelah digoreng ya udah langsung makan, dengan catatan, rasa asinnya harus pas biar gak coba-coba kayak saya heheh...




KERIPIK BAWANG





Keripik Bawang


300 gr tepung terigu
75 gr tepung sagu
75 gr margarin
Garam
1/2 sdt merica
2 sdm seledri, iris halus [saya, 1 sdm]
1 butir telur
Air hangat secukupnya



Bumbu yang dihaluskan:
4 buah bawang merah
3 buah bawang putih




Bumbu tambahan [kalau keasinan kayak saya]:
1 sdm bumbu manis pedas siap pakai
1 sdt gula halus


Campurkan semua bahan kering, aduk rata, tambahkan margarin, bumbu yang dihaluskan, seledri dan telur, kucuri dengan air hangat sedikit-sedikit, lalu uleni sampai kalis, bulatkan.
Ambil sekepal kecil adonan, kemudian tipiskan dengan penggilingan mie, atau gunakan rolling pin, gelas, atau apa saja...asal adonannya jadi tipis, olesi permukaannya dengan terigu, potong-potong. Goreng dengan minyak panas hingga matang. Angkat, taburi dengan bumbu tambahan, bila suka.



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



23 comments :

  1. hrs pake penggilingan ya?

    BalasHapus
  2. penggilingan mie maksudnya? iya sih kl ada kl gak ada mah pake botol jg gak apa2 asal tipis aja ngegilingnya...

    BalasHapus
  3. etamah gorengan, neng...
    naha keripik..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. keripik ih... *keukeuh...

      Hapus
    2. gorengan..!!!
      daek naon mun teu digoreng..?

      Hapus
    3. nggak semua yang digoreng berlabel gorengan..
      semodel orang gak perlu sarap dulu buat sarapan:p

      Hapus
    4. padahal orang suka jadi cakep dulu sebelum jadi goreng adat..

      Hapus
    5. xixixi ngacooooooooooo...

      Hapus
  4. wah ini mah kesukaan saya
    kirim atuh kesini sekilo aja...., *ngarep, hehehe*

    BalasHapus
  5. favoriiittt sy ni mba ayu... pingin bikin jadinya nih...

    BalasHapus
  6. yukk maree...kita giling2 adonan:D

    BalasHapus
  7. Wuiiih aku suka banget lho sama ini Teh...

    BalasHapus
  8. aye, simple nich, boleh dicoba, yummy......

    #Sayang belom punya anak ma suami, jadi ya saya masak2 sendiri, makan2 sediri#

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuci baju sendiri...juga ya mbak :D
      #ngedangdutt nyookk..heheh

      Hapus
    2. matak buruan bikin
      tar nyesel siah...

      Hapus
  9. waaah....jd pengen punya gilingannya....

    BalasHapus
  10. Mbak, ini sy tertarik banget pengen mbikin kripiknya...kpn2 pgn nyobain, modal nekat deh... walo tanpa gilingan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah saya juga baru kali ini pake penggilingan mie, biasanya sih cap botol aja gitu hehe...

      met nyobain um..:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^