Tumis Pedas Brokoli Daging

Tumis Pedas Brokoli DagingKemarin sore ada tetanga yang ngasih daging sapi ke rumah, katanya udah enek makan daging, mungkin kebanyakan makan daging kurban Idul Adha juga. Saya sendiri sebenarnya lagi nggak mood masak daging, bukan apa-apa, lama gitu masaknya. Tapi namanya rejeki masa harus ditolak, jadi tetap diterima dengan penuh rasa syukur..hihihi...

Karena bingung harus dimasak apa, akhirnya saya membuat yang gampang aja, ditumis pake brokoli, campur-campur deh sama kecap-kecapan, sekalian menghabiskan stoknya yang masih banyak, sementara tangal kadaluarsanya sudah mulai mepet. Kebetulan meskipun ngefans sama daging, tapi sudah lama juga nggak makan daging sapi. Padahal dulu sewaktu hamil Aiko, bawaannya pengen makan daging sapi. Pokoknya dalam seminggu itu harus ada menu daging sapinya, kalau enggak bawaannya lemes aja gitu heheh...




Tumis Pedas Brokoli Daging




Read More...


Sampai akhirnya kehamilan saya memasuki usia ke 39 minggu, waktu itu mama datang dari Sukabumi bawa daging rendang pesanan saya, langsung deh sekali makan habis tiga potong. Besok sorenya ketika di check ternyata tekanan darah saya naik jadi 120/100. Sebenarnya angka segitu mungkin masih dibilang nggak terlalu parah, tapi buat ukuran ibu hamil, segitu juga bisa dibilang harus waspada. Langsung deh rendang yang lezat itu harus dihindari...:( 

Sejak saat itu saya nggak mau makan daging sapi lagi, begitu pun setelah melahirkan, nah kali ini alasannya bukan karena tensi darah, tapi karena takut sembelit hihi... soalnya pasca melahirkan urusan yang paling gawat menurut saya adalah sembelit, makanya untuk sementara dihindari, dan diperbanyak memakan buah dan sayur. Nah karena sekarang kondisi udah kembali normal jadi saya mulai makan daging lagi.



Tumis Pedas Brokoli Daging


Tumis Pedas Brokoli Daging





Tumis Pedas Brokoli DagingTUMIS PEDAS BROKOLI DAGING








500 gr daging sapi, iris tipis
Air secukupnya
2 buah brokoli, pipil sesuai kuntumnya
1 buah bawang bombay iris kasar
2 buah tomat besar, buang bijinya, potong kotak
2 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
3 sdm saus teriyaki
1 sdm minyak wijen
1 sdm saus tomat
1 sdm kecap inggris
1 sdt lada hitam, ulek kasar
2 butir bawang putih, cincang halus
3 butir bawang merah, iris halus
1 sdm margarin
5 buah cabe hijau besar, iris serong




Kukus brokoli selama kurang lebih 3 menit, angkat, guyur dengan air dingin, tiriskan.
Panaskan margarin, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukan daging masak hingga airnya keluar kemudian masukan air, masak hingga daging empuk. Masukan semua sisa bumbu kecuali cabe hijau, tomat dan bawang bombay, aduk rata. Sesaat sebelum diangkat, cicipi rasanya, tambahkan bawang bombay dan cabe, masak beberapa saat, terakhir masukan tomat dan brokoli. Aduk, angkat kemudian sajikan.



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. 120/100 masih normal teh, atau biasanya normalnya rendah banget ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak soalnya biasanya cuma 100/90 jadi pas nyampe di angka 120, ngeri aja gitu..hihi...yah jaga2 aja..kalo ibu hamil kan takut pre eklamasia...*bener ga yah bu dokter?:D*

      Hapus
  2. baru tau brokoli sama daging

    BalasHapus
  3. hmm...sedapnyaaa.....sy sebenernya ga terlalu suka daging, krn lama masaknya, berserat2. Klo yang bener2 empuk br doyan deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi kk saya suka apalagi dibuat gepuk atau rendang..tapi ya itu masaknya lama..paling kl lg mepet bgt pengen cepet, masaknya pake panci presto..:D

      Hapus
  4. lagi ga napsu liat daging

    *idul adha sindrom

    BalasHapus
  5. *sodorin jejamuran*
    hihihi...

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^