Tongkol Pedas

Tongkol PedasMasak hari ini bener-bener rada kurang bergairah. Bosen mungkin?entahlah.. lama-lama puyeng juga  nguplek di dapur terus. Tapi kalau nggak masak mau makan apa..mau beli yang udah jadi, jauh dari rumah..lagi pula saya agak sedikit parno dengan makanan di luaran..takut banyak vetcinnya, takut gak dicuci dulu bahan-bahan masakannya, takut ada aroma baunya...takut pake terasi...ah banyak deh...ujung-ujungnya meskipun bosen tapi dikerjain juga. 

Makan mie rebus?  menyantap mie rebus bukanlah kesenangan bagi saya...selalu ada rasa bersalah setiap kali selesai menyantapnya. Jangankan sekarang sudah punya anak dan suami dulu saja sewaktu masih ngekost sendirian, mie rebus bukanlah favorit...selaian membuat mual, juga membikin migren. 

Setelah lama bengong di tukang sayur, akhirnya saya memilih membuat tongkol pedas aja lah... meskipun memasaknya agak lama, tapi nggak ribet, kalaupun ada bumbu yang harus diulek, pake saja blender untuk menghaluskannya, gak kuat nih jari-jarinya kalau harus ngulek-ngulek cabe sebegitu banyaknya..maaf-maaf aja gak bisa saingan sama tukang pecel kalau urusan ulek-ulekan bumbu...cangkeul...hihi...

Eh kalo ada pemirsa yang suka nyimak blog saya, pasti agak kaget saya posting menu ikan, saya kan phobia ikan..betul banget saya memang gak suka makan ikan, tapi ada beberapa jenis ikan yang masih bisa ditoleransi semacam ikan tongkol ini. Cuma, tongkol yang masih bisa saya makan, bukan tongkol segar yang langsung dimasak tapi tongkol yang sudah digarami dan dikukus, mungkin dibuat semacam pindang gitu? setahu saya mah kalau di tempat asal saya di Sukabumi namanya cue...tapi kalau di Bandung di sebutnya Pindang tongkol keureut.. tongkol semacam ini bau amisnya sudah hilang jadi saya bisa makan.



Read More...


Tongkol Pedas





TONGKOL PEDAS

Tongkol Pedas




500 gr ikan pindang tongkol
Minyak untuk menggoreng
3 cm lengkuas, geprek
1 batang sereh, geprek
3 lembar daun salam
Gula
Garam
1/2 sdt merica bubuk
1 bungkus kecil santan kara, cairkan dengan 300 ml air
2 buah tomat, potong kotak


Bumbu yang dihaluskan:
70 gr cabe merah besar
50 gr cabe keriting
5 buah cabe rawit
6 buah bawang merah
3 buah bawang putih
2 ruas jari jahe
2 ruas jari kunyit
1/2 sdt ketumbar
3 butir kemiri



Goreng ikan tongkol hingga kecoklatan. Jangan lupa menutup wajan dengan tutup panci supaya tidak terkeca cipratan minyak panasnya. Angkat, tiriskan.
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum kemudian masukan lengkuas, sereh dan daun salam, tambahkan santan. Masak hingga kuah menjadi agak berminyak, tambahkan goreng tongkol, gula garam dan merica. Masak hingga santan berubah menjadi minyak, sesaat sebelum diangkat, masukan tomat, cicipi, angkat.




Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,




12 comments :

  1. pokoknya enggak deh kalo pedes
    tar bikin judes...

    BalasHapus
    Balasan
    1. judes sih gak bakalan kan aku yg masak..ih orangnya manis geneee...
      paling mules-mulesss..:D

      Hapus
    2. kalo orang manis
      masaknya yang manis manis dong...

      Hapus
    3. manis pedes aja deh biar bikin gemes..

      Hapus
    4. manis tapi bikin huh hah ya..?
      hiks..

      Hapus
    5. seuhah pisan...
      *kasiaaan dueehhh:P

      Hapus
  2. apa inih? Tongkol oh nooooooo bukan makanan favorit saya, tapi tak ada salahnya dicoba, buat makanan kucing saya?,,,,,,becanda jyeng

    saya suka pedas tapi kalo tongkol, saya tidak begitu menyukainya,,, tapi mertua saya sukaaaaa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. tega beneeerr..tongkol punya mertua di kasih ke kucing ckckckck...

      Hapus
  3. duuh..jd laper...kayaknya pedes banget nih Mbak....cabenya mantap!!

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^