Sambal Kacang

Sambal KacangInilah babak ketiga dari rangkaian postingan tiga babak kemarin. Buat yang espektasinya tinggi, silahkan kecewa, karena ternyata postingan hari ini cuma sambel kacang hahahha...

Tapi saya yakin meski resepnya sangat simple, postingan resep ini akan sangat berguna bagi pemula yang bingung membuat sambel kacang. Seperti halnya saya pada waktu pertama kali membuat sambel ini. Karena tidak tahu bagaimana caranya, ya ujicoba sendiri. Ketika sudah menemukan komposisi yang pas, baru deh ditulis resepnya. Bukan apa-apa ya biar nggak lupa, jadi boleh dibilang, postingan-postingan saya di blog ini adalah salah satu cara mendokumentasikan resep-resep masakan atau kue yang pernah saya masak. Supaya  nanti ketika saya hendak membuat nya lagi tak perlu gogling dulu.

Nah itu tadi pengantarnya, sekarang mari fokus ke gambar, eh ke resep maksudnya..
Jadi kalau dilihat dari 3 postingan saya ini, dapat disimpulkan kalau yang saya buat ini ceritanya adalah Nasi uduk ala betawi. Memang sudah khasnya kalau nasi uduknya kan disajikan bersama dengan semur jengkol dan sambel kacang. Sebenarnya saya beri tambahan telur dadar dan kerupuk juga sih, tapi masa iya telur dadar sama kerupuknya juga dibahas [ditulis resepnya maksud sayah] heheheh..kalau itu sih semua orang juga udah bisa bikin kayaknya. Atau memang perlu dibahas juga?*grin


Read More...



Sambal Kacang








SAMBAL KACANG



Sambal Kacang


100 gr kacang tanah, sangrai atau goreng
Garam
Gula



7 buah cabe rawit merah
3 buah bawang merah
1 buah bawang putih
4 sdm air matang




Ulek halus bumbu, tambahkan kacang, ulek lagi hingga halus, masukan gula da gara, kucuri dengan air, kurangi atau tambah jumlah air tergantung kekentalan yang diinginkannya seberapa kental. Cicipi, hidangkan.



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. wah sedapnya. Ini bisa jadi pelengkap makan bakwan ya teh. Kalo di Jkt, kala membeli nasi uduk, suka ada bakwan lebar yg disiram dgn sambel kacang, tapi sambelnya cair :D

    BalasHapus
  2. Persis kayak di karawang teh..
    nasi uduknya ada jengkol, mie bihun/soun, trs disiram sama sambel kacang cair, tapi pedes...
    cuma karena ini pesenan akang, yang emang menurut belio kl sambelnya itu harus kental...
    hihihi...

    BalasHapus
  3. nah kalo ini ane suka gan..
    pokonya pecel dll mah idola
    ane suka penghijauan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. penghijauan?reboisasi maksudnya..owalah pantesan betah di hutan xixixi...

      Hapus
    2. tapi gasuka dengan yang matanya ijo
      hehe

      Hapus
    3. mata ijo? ular sawarh? ya iyalah aku jg gak demen biar dibikin sate juga:D

      Hapus
  4. saya sih nggak suka, sukanya kalau digabungin ama yang lain misalnya pecel; gila aja suruh makan sambel kacang saja ha ha, mbak ayu bisa mintak tolong ndak ya? tapi lewat jalur pribadi

    BalasHapus
  5. ya iya saya juga gak suka atuh kang,
    minta tolong apa yah?sok aja kirim ke emailku kang ayurespatih@gmail.com

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^