Lapis India

Lapis IndiaJangan tanya ke saya kenapa namanya lapis india, soalnya saya juga nggak tahu. Awalnya saya cuma iseng mau membuat kue lapis kanji, tapi sewaktu browsing langsung suka saat liat lapis india nya mbak Hesti. Cuma penasaran rasanya seperti apa, dan lagi saat nyari-nyari resep sejenis, ditulis bahwa lama pembuatan kue lapis ini kurang lebih selama 3 jam! rempong banget kan? hehehe...

Awalnya saya nggak percaya, masa iya, cuma kue lapis doang sampai makan waktu begitu lama membuatnya. Akhirnya, yang asalnya saya niat membuat lapis kanji, jadi malah nyobain lapis india deh... Dan ternyata benar, setalah dicobain, memang lama banget mengukusnya. Padahal kalau di petunjuk resepnya sih cukup dikukus selama kurang lebih lima menit setiap layernya. Tapi setelah saya tunggu, lima menit berlalu, 10 menit berlalu akhirnya sampai lebih dari 15 menit baru deh bagian atasnya mengeras. Jadi tiap layer itu rata-rata lama mengukusnya selama kurang lebih 15 menitan, ada juga yang lebih. 

Saya sendiri bingung, penyebabnya, entah karena loyang yang saya pakai kecil, sehingga lapisannya terlalu tebal atau karena apinya kurang besar. Sampai-sampai saya menambahkan beberapa gayung air ke dalam dandang karena air di dandang pengukusnya mengering saking lamanya..Padahal saya membuat lapis India ini cuma setengah resep dari aslinya, tapi lama mengukusnya sama saja ternyata...hihi..
Ini yah seandainya saja kue lapis India yang saya buat ini gagal, udah pasti nangis dipojokan, untunglah meskipun tampilannya tidak begitu cantik tapi lumayan lah nggak ancur-ancur banget.


Read More...



Lapis India




LAPIS INDIA
Source: Hesti Kitchen




Lapis India2 bungkus hunkue [ sekitar 300 gr]
600 ml santan
1/2 kaleng susu kental manis
300 gr gula merah, cairkan dengan cara dimasak dengan 600 ml air
8 butir telur, kocok lepas
1/2 sdt garam





Siapkan loyang, olesi dengan minyak, kukus di dalam dandang hingga panas.
Kocok lepas telur, masukan santan tambahkan air gula, susu, garam dan tepung hunkue, aduk hingga rata, kemudian saring.
Ambil 100 ml adonan, tuang ke dalam loyang kemudian kukus hingga permukaan atasnya berwarna putih dan mengeras, kalao saya sih selama 15 menit, mungkin tergantung suhu nya bisa kurang atau lebih. Lakukan hingga semua adonan habis. Jnagan lupa mengaduk adonan sebelum di tuang ke dalam loyang, supaya  tidka mengendap. Untuk lapisan terakhir kukus adonan selama 30 menit. Angkat loyang dari dandang, biarkan uap panasnya keluar kemudian masukan ke dalam kulkas, setelah itu baru bisa dipotong.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,




6 comments :

  1. bahan2nya ga butuh banyak ya
    yummyyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak banyak sih ki, simple sebenernya, cuma ya itu ampe 3 jam begindang...rempong deeehh:D

      Hapus
  2. jangan suka bikin kue lapis
    bentar lagi banyak pesaing
    soalnya pabrik kayu lapis di kalimantan mulai pada gulung tikar
    bentar lagi mau alih usaha jadi pabrik kue lapis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daftar jadi chef nya kalo gitu...di jamin pada gosong deh pancinya:D

      Hapus
  3. simple buatnya bahannya gak banyk juga ya mbak ayu, sama resep tapi kok beda rasa...apa yang salah ya?

    BalasHapus
  4. beda sama yg mana maksudnya?

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^