Bubur Ayam Bumbu Kuning


Bubur Ayam Bumbu Kuning
Kemarin-kemarin jadi tukang karedok, sekarang jadi tukang bubur hehehe..

Padahal sebenarnya saya dan Kirei si balita, bukan pecinta bubur. Satu-satunya yang suka makan bubur di rumah cuma Daddy. Tapi belakangan saya penasaran dengan resep bubur ayam bunbu kuning yang biasa saya cicipi sewaktu masih tinggal di tempat mertua saya di Karawang. Buburnya berbeda dengan yang biasa saya makan di tempat kelahiran saya di Sukabumi. 

Bubur di Karawang itu cenderung asin gurih, sementara di tempat saya di Sukabumi citarasanya manis pedas. Emh..kalau di Bandung sih agak miripnya dengan bubur Sukabumi atau Cianjur tapi bedanya bubur di Bandung itu memakai tambahan irisan cakue. 

Kalau keseluruhannya sih sama lah yah, antara bubur Sukabumi dan Bandung, pertama, ada buburnya, merica, sambel, kecap manis, kerupuk atau emping melinjo, telur rebus, ati ampela selain ayam nya tentu, dan biasanya ada taburan seledri. Nah kalau bubur di Karawang, taburannyanya bukan seledri tapi daun bawang, dan karena nggak memakai kecap manis, tapi memakai kecap asin, makanya citarasanya asin.

Dari keduanya mana yang paling di suka? saya sih mana saja asal gratis hehehe...yah meskipun nggak ngefans tapi kalau dikasih gratisan sih yah daripada dianggurin kan mubazir...*wink






Bubur Ayam Bumbu Kuning






Read More...

BUBUR AYAM BUMBU KUNING




200 gr beras, cuci bersih
1,5 liter air
2 lembar daun salam
Garam

250 gr dada ayam
1 batang sereh
2 lembar daun salam
700 ml air
1 blok maggi
1/2 sdt merica
Gula
Garam

3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 ruas kunyit, bakar
1/2 sdt jintan
1/2 sdt ketumbar
2 buah kemiri
[Haluskan]


Emping
Sambal cabe
Kecap asin
Irisan daun bawang
Merica bubuk





Bubur Ayam Bumbu Kuning




Bubur:
Rebus beras bersama dengan air dan daun salam, aduk-aduk supaya bawahnya tidak gosong, masukan garam, terus aduk hingga bubur matang.


Ayam:
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tambahkan daun salam dan sereh, masukan air dan ayam, kecilkan api, masak dengan api kecil hingga airnya menyusut banyak. Masukan merica, tambahkan gula dan garam, cicipi rasanya. Matikan api, angkat ayam, tiriskan, kemudian goreng.


Penyajian: 
Tuang bubur ke dalam mangkuk, tambahkan bumbu kuning, suwiran ayam goreng, irisan daun bawang, sambal, kecap asin dan emping.




Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. duh gawat neh...
    makan yg ijo aja keluarnya kuning
    apalagi makan yang kuning nya..?
    #lempar panci

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadinya oranye donk hihihi..
      #aseek dapet panci gretongan..mayan..pan...

      Hapus
    2. pesen yg pink bisa gak..?
      bungkus ya...

      Hapus
    3. boleee...rasa strawberry tapi...campur kecap gituuu hehhe...
      *makan ditempat!
      #pasangtampanggarang

      Hapus
  2. nyiammmm... aku suka banget bubur :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh sayang banget buburnya udah abis mbak..besok aja yah kesini lagi sekarang udah ga jualan hehhe

      Hapus
  3. tiap hari masak kok beda beda? Gilee bener ,cheff juna kalah telak sama dirimu,,, resep bubur ini agak berbeda dengan resep buata istri sayah, tapi saya yakin sama enaknya

    BalasHapus
  4. ya iya atuh kang ntar bosen konsumennya kl masaknya itu itu aja hehhehe...

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^