Brownies Kukus Ketan Hitam

Brownies Kukus Ketan Hitam
Brownies kukus ketan hitam ini, sebelumnya pernah saya buat sewaktu habis melahirkan Aiko, dan itu pertama kalinya saya mencoba brownies ini, dan ternyata...rasannya memang enak. 

Browniesnya legit, berpasir, terus perpaduan antara ketan dengan coklatnya itu pas, apalagi dimakannya sehari setelah brownies  ini dibuat. Rasanya lebih enak karena tekstur browniesnya jadi lebih moist, dan sensasi berpasirnya itu semakin kerasa. Nggak percaya? cobain layaww..

Eh yah, dulu kan saya pernah menulis resep brownies ini, tapi brownies yang saya buat kali ini saya modifikasi lagi, saya buat setengah resep tapi memakai coklat untuk satu resep. Bingung? jadi maksudnya saya membuat setengah dari resep yang kemarin saya buat hanya saja jumlah coklatnya nggak dikurangi, tetap seperti untuk satu resep, kalau masih bingung, baiklah di bawah saya coba tulis ulang. Satu lagi, di resep yang terdahulu saya memakai susu kental manis, karena malas bongkar kaleng saya ganti saja dengan 1 sdm susu bubuk. Enak yang mana? sepertinya lebih baik memakai susu kental manis saja yah...^^


Read More...


Brownies Kukus Ketan Hitam






Brownies Kukus Ketan HitamBROWNIES KUKUS KETAN HITAM





125 gr tepung ketan hitam
3 butir telur
1/2 sdt emulsifier
1 gr vanilla bubuk
100 gr gula pasir
100 gr margarin, lelehkan
100 gr Dark Cooking Coklat
20 gr coklat bubuk
1 sdm susu bubuk/ SKM
Meises [untuk taburan di tengah]





Siapkan loyang, olesi dengan margarin taburi dengan terigu, sisihkan. Siapkan kukusan, alasi tutupnya dengan serbet. Campur tepung terigu, susu bubuk dan coklat lalu ayak, sisihkan. Lelehkan DCC masukan margarin, dinginkan.

Kocok telur, emulsifier,dan garam hingga mengembang, putih dan berjejak. Masukan campuran tepung terigu, kocok menggunakan mixer berkecepatan rendah. Matikan mixer, masukan margarin dan coklat yang sudah dilelehkan. Aduk balik hingga rata. 

Masukan setengah adonan ke dalam loyang, kukus selama 10 menit, kemudian taburkan meises secukupnya,  lalu tuang sisa adonan, kukus kembali selama 25 menit atau hingga matang.




Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



14 comments :

  1. ternyata bronis tuh bentuknya kayak gini ya
    jadi terharu...

    BalasHapus
  2. oh mosok bikinnya sesimple ini? Btw kalau mixernya diganti ama manual berapa waktu ngocoknya? Maklum didesa belum ada mixer ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya klo baca sih simple, coba bikin..ribet apalagi pake kocokan manual, tangan bisa jadi kayak popayyy hihihi...

      Hapus
  3. aku nggak suka brownies ketan hitam, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya An emang beda2 kyk kirei tuh ga terlalu suka sm brownies yg ini...:)

      Hapus
  4. Wow, wonderful weblog structure! How long have you ever been
    running a blog for? you make blogging look easy. The whole look of your website is
    magnificent, as smartly as the content material!


    Here is my site: banc de swiss

    BalasHapus
  5. Hi there! I know this is kinda off topic however , I'd figured I'd ask.
    Would you be interested in trading links or maybe
    guest writing a blog article or vice-versa? My site addresses a lot of
    the same topics as yours and I think we could greatly benefit from each other.
    If you might be interested feel free to shoot me an e-mail.

    I look forward to hearing from you! Great blog by
    the way!

    my webpage :: pinterest

    BalasHapus
  6. Mba ayuuu, Aku dah cobain resepnya...kemarin pengen bikin yg coklat2 tp pake tepung ketan hitam, tdnya mau asal aja masuk2in, eh pas googling nemu resep ini, sukaa, thxx ya mba

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^