Ayam Cabe Bumbu Kemangi

Ayam Cabe Bumbu KemangiResep ini berawal dari kebingungan dengan menu ayam yang begitu-begitu saja, akhirnya saya memutuskan untuk membuat Ayam cabe dicampur kemangi ini. Karena Daddy suka masakan yang pedas, jadi saya kasih cabenya agak banyak supaya nggak usah bikin sambel. Juga kemanginya, sekalian saya tambahkan ke wajan, biar langsung hap nggak pake lalapan lagi. Jadi dalam satu menu ada ayamnya, sambelnya, juga lalapannya, hehehhe...Seperti biasa berimajinasi sajalah ketika memasak, tidak apa-apa sekali-sekali melakukan uji coba dengan berbagai bahan, kalau hasilnya enak alhamdulillah..bisa dibuat lagi, kalau tidak enak...eeemh, ya nggak usah dibuat lagi donk heheh..

Masakan ini jelas bukan buat anak-anak yah...soalnya pedasnya nendang, apalagi jika yang dipakai cabe domba yang ukurannya besar-besar, bisa bercucuran keringat. Ketika menyantap ayam ini, selain dimakan bersama nasi putih, saya juga menyantapnya dengan tumisan jamur merang dan emping melinjo, nggak usah ditanya..rasanya nendang banget,..nih seandainya yah..Bratt Pit lewat, nggak bakalan kelihatan deh...hihihi...

Menu ini bisa dibuat cepat, dan nggak perlu pakai ulekan, cukup diiris-iris saja, maklumlah kalau rasa malas sudah kumat, susah  deh..dan buat yang nggak suka kemangi, di skip saja, saya yakin rasanya tetap enak. Juga buat yang suka banget sama kemangi, jumlahnya bisa ditambah, seperti biasa suka-suka sajalah ya...:D




Ayam Cabe Bumbu Kemangi




Read More..


AYAM CABE BUMBU KEMANGI





500 gr paha ayam
1/2 sdt garam
1 sdm air asam jawa
Kaldu bubuk [optional]
50 ml air
1 ikat kemangi, ambil daunnya saja
Minyak goreng
Gula


8 buah cabe merah besar
8 buah cabe rawit
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
[Iris halus]






Cuci bersih ayam, lumuri dengan garam, goreng hingga matang, angkat, sisihkan.
Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah dengan bawang putih yang sudah diiris halus hingga harum, masukan cabe iris, biarkan hingga cabe layu, tambahkan air asam. Masukan ayam yang sudah digoreng, beri air, taburi dengan kaldu bubuk, sedikit garam dan gula. Masak hingga air menyusut kemudian tambahkan kemangi. Masak hingga airnya kering. Cicipi, angkat, sajikan.



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...


Salam,


4 comments :

  1. ayam dan kemangi, mmm... nikmat

    BalasHapus
    Balasan
    1. makannya sama emping...nambah lagi...dan lagi...

      Hapus
  2. ga bingung lg deh skrg mw masak apa..makasih ya resefnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak..hehe..
      semoga suka sm menu ayamnya..:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^