Soft Pretzels



Apaaaah? Roti lagi....
errr...ini beda yah, ini pretzel...!*maksa*:D
yah anggap saja dalam rangka menghabiskan ragi yang numpuk karena kelupaan [nah lho..kemarin bilangnya dalam rangka menghabiskan sisa adonan water roux sekarang ragi..alesan deh..:D]. Iseng memang...tiap kali belanja bulanan pasti beli ragi padahal stok ragi bulan kemarennya juga masih belum habis hehe..

Baiklah sekarang mari kita bahas soal pretzel ini. Sebenarnya saya belum pernah makan pretzel, jadi bener-bener gak tau pretzel itu rasanya kayak gimana. Makanya ya kira-kira aja mungkin beginilah rasanya..ada manis, ada asinnnya, mirip roti tapi luarnya kering, dalemnya empuk. 
Untuk taburannya saya pakai wijen, kepikiran sih pengen pake poppy seeds yang lagi..lagi nggak sempet diberdayakan hihihi...cuma karena buru-buru dan males ngeluarin dari kemasannya, nggak jadi deh hehehe..





SOFT PRETZELS
Source: sugarlaw


1 sendok teh ragi instan
secubit gula
1/3 cup air hangat
1 1/4 cup all-purpose flour
2 sdm gula
1/2 sdt garam
1 sdm minyak canola [saya pakai minyak sayur aja:D]

Celupan
3 sdm baking soda
1 cup air panas

Taburan
Garam [nggak pake]
Gula dan Wijen [saya]

Cara Membuat
Campurkan ragi, air hangat dan gula, diamkan selama 10 menit, sisihkan.
Campur tepung terigu, gula, garam, minyak dan ragi, kemudian uleni hingga tercampur rata dan adonan menjadi kalis. Bentuk bulat, tutup dengan serbet, kemudian diamkan selama 1 jam atau hingga adonan menjadi 2 kali lipat.
Ambil adonan, bentuk memanjang, kemudian dibentuk menjadi seperti gambar di atas. Lakukan satu persatu hingga habis. Sisihkan.
Campur baking soda dengan air panas, aduk rata, celupkan adonan tadi sebentar, kemudian angkat, taburi dengan gula dan wijen, atau apa saja sesuai selera masing-masing. Panggang selama 8-10 menit.



Selamat mencoba^^



14 comments :

  1. Balasan
    1. eeehh dasar yah ini penulis oon...
      maaf ya teh tadi pas mau nulis resepnya Aiko nangis jadi aja baru ke aplod gambarnya doang hihi...

      Hapus
    2. hoho.. mengerti...
      Nama dede2nya lucu2, kirey sama Aiko :D

      Hapus
    3. iya donk kan kayak tante mauleedeea lucunya :)

      Hapus
  2. mayan ki, daripada bengong pan hehehe..
    apalagi kiki, bisa jahit2 huhu ngiri aku..

    BalasHapus
  3. ini kayak yg di roti monde itu ya teh?

    tanya dong teteh, kalau garis biru itu bikinnya pakai sciprt khusus atau cuma permainan collor background?

    BalasHapus
    Balasan
    1. roti monde maksudnya semacam genji pie? kl yg dimaksud genji pie sih bukan..kl genji kan teksturnya flaky, kl yg ini roti bgt cm luarnya kering dalamnya agak chewy..*eh nyambung gak yah hihihi*

      kl yg garis biru itu pakai script khus mbak, ngedit sendiri xml nya soalnya nyari dimana2 gak ada yg cocok, ya udiiin...Daddy di suruh ngedit script nya heheh...

      Hapus
    2. iya genji pie,
      #masih bayangin penjelasan


      yaaaaah... script made in daddy

      Hapus
    3. yaaa...makanya hayuk kita bikin dulu biar tau bedanya heheheh

      Hapus
    4. nanti kalau daku sudah pindahan teh ^_^

      Hapus
  4. lho emangnya mau pidahan kemana toh?

    BalasHapus
  5. ini tepung terigu nya yg cakra kembar apa setigita biru?
    makasih

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^