Balado Teri Tawar


balado teri tawar




Poto kucel di atas benar-benar Balado Teri sodara..sungguh....! dan rasanya sangat enak, meski terinya dibeli dengan harga murah meriah. 

Saya sampai makan 2 piring stiap kali memasak ikan teri balado ini...teksturnya yang garing berpadu dengan rasa manis, asin gurih dan asem..nano nano deh rasanya. Kalau sudah makan ini, Brad Pitt lewat juga gak akan kliatan heheh...








Sebenarnya selain dari bumbu yang dimasukan, jenis terinya juga sangat berpengaruh ke rasa. Saya biasanya memakai teri tawar yang bentuknya panjang, tipis dan garing. Jadi meskipun saya cuci dulu terinya, ditiriskan sebentar, setelah digoreng, tekstur terinya tetap kriuk-kriuk. Saya pernah memakai teri yang agak gendut dan asin,...ternyata hasilnya jadi alot, dan asinnya itu lohh...tetep nempel meskipun sudah dicuci dan tidak diberi garam lagi..masih saja asin. Jadi saya sarankan sebaiknya memakai teri tawar yang bentuknya tipis yah...^^




Read More

BALADO TERI TAWAR





Bahan
250 gr teri tawar, cuci, keringkan
1 1/2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdm air asam jawa
Minyak


Bumbu [ulek kasar]
50 gr cabe keriting
10 buah cabe rawit [skip atau kurangi jika tidak ingin terlalu pedas]
6 buah bawang merah
4 buah bawang putih


Cara Membuat
Panaskan minyak, goreng teri hingga kering, angkat tiriskan.
Panaskan 3 sdm minyak, masukan bumbu yang sudah diulek, tambahkan air asam, gula dan garam, tunggu hingga kadar airnya menyusut, baru masukan terinya, aduk hingga rata. Cicipi, sesuaikan dengan selera masing masing. Angkat, sajikan dengan nasi putih.




Selamat Mencoba^^



13 comments :

  1. kliatannya nikmat sekali masakannya ...

    BalasHapus
  2. haaaa
    eta mah karesep abdi teteh...
    bisa delivery gak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke hutan?
      ga boleh..kasian soalnya..
      harga teri nya cm lima rebong, ongkosnya bisa2 15 rb hihihi..

      Hapus
  3. ya jangan pake paket udara
    paket ngorondang lebih murah kali ya..?

    BalasHapus
  4. kiri..kiri..kanan..kiri....
    #prit..prittt....

    BalasHapus
  5. mbak mau tanya dong, saya bikin pake teri medan dengan cara yang sama dan terinya udah digoreng kering banget tapi kok setelah dingin dan disimpan di toples tertutup beberapa jam kemudian kok masih alot kenapa ya mbak?
    apa caranya ada yang salah atau karena jenis terinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dipastikan terinya benar2 kering?
      kalo iya, mungkin ketika memasukan bumbunya, kadar air di bumbu masih ada...soalnya itu juga yang membuat terinya jadi alot. Memang membuat balado teri ini agak tricky, yang harus juga diperhatikan, saat menumis bumbunya.. harus benar2 matang dan tidak lagi mengandung air. Saran saya, sebiknya menumisnya menggunakan minyak yang agak banyak. Pastikan kadar airnya sudah benar2 susut sehingga ketika terinya dimasukan, teksturnya tetap garing.

      atau jika masih juga ngeyel terinya jadi alot, bisa juga setelah dimasak, masukan ke dalam oven, panggang dengan api yang kecil, atau jika memakai oven listrik, pakai suhu yang rendah sampai kering...

      Semoga tulisan saya ini bisa membantu ya mbak..
      mohon maaf kalau ada yang kurang jelas, karena selama ini saya membuat balado, teksturnya selalu garing meski disimpan beberapa hari.

      terima kasih sudah mampir dan berkomentar..

      Hapus
    2. eh yah ketinggalan, untuk jenis teri saya pikir jenis apa saja bisa, selama bisa menjadi kering setelah di goreng, karena ada beberapa jenis teri yang tidak terlalu kruncy meskipun digoreng agak lama. Tapi untuk teri medan saya pikir, itu jenis teri yang bisa dibuat segaring mungkin...

      Saya sendiri setiap kali memakai balado, memakai jenis teri yang berbeda-beda, pernah suatu kali terinya tercampur dengan yang berukuran agak besar, memang jadinya kurang kruncy yang besar2 itu, tapi setelah di oven, jadinya kering smua:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^