Heimama Egg Tart

Waktu jalan-jalan ke blognya mbak Hesti, saya nemu resep ini, unik banget. Padahal sebenarnya saya masih pengen rehat nggak dulu baking, karena masih repot sama urusan cuci mencuci popok..tapi lama-lama jadi penasaran juga pengen tau gimana sih rasanya egg tart. Apalagi kemarin sempet tanya-tanya dulu sama mbak Hesti soal ukuran cetakan yang dipake. Di resep aslinya, Heimama Egg tart ini memakai cetakan pie kecil, berhubung saya pastinya sangat repot kalau harus memakai cetakan kecil-kecil jadi akhirnya saya  memakai cetakan ukuran besar, [berkat berbagai saran dari mbak Hesti juga]. Biar sekali cetak langsung tuang isian, terus dipanggang deh...oh iya, Satu resep ini bisa dibuat untuk 2 loyang pie, makanya saya hanya memakai setengah resep saja. 






Bahan  pie :
300 gr tepung terigu
2 sdm tepung custard
2 sdm susu bubuk
1 sdm gula halus
1 telur
200 gr salted butter

Bahan filling custard :
120 gr  gula pasir
350 gr air
5 butir telur, kocok lepas
100 gr susu evaporated
2 gr vanili bubuk

Cara Membuat:
Potong mentega dingin, menjadi potongan yang kecil. Campurkan tepung terigu, tepung custard, susu bubuk dan gula kemudian aduk hingga rata. Masukkan mentega dan telur lalu gosok gosok dengan telapak tangan sampai menjadi adonan yang lembut tapi jangan diuleni supaya tidak keras. Bungkus dalam cling wrap dan simpan dalam lemari es selama kurang lebih 15 menit.

Untuk isiannya, panaskan air dan gula asal gula larut saja, kemudian dinginkan. Kocok lepas telur, susu evaporated, dan vanili, lalu tuang ke dalam larutan gula. Saring 3x.
Siapkan bahan kulit. Giling tipis lalu masukan ke dalam cetakan, ratakan sisi-sisinya, kemudian tuangi bahan filling 90 % penuh. Panggang sampai matang.






Selamat Mencoba^^


4 Komentar

  1. Dari tepung custard, nyasar sampe sini :)
    Tapi malah bersyukur, "nemu" blog yang keren lagi hehe
    Semangat belajar baking pun on fire lagi ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^^
      ayooo semangaaat..
      thankz udah mampir ya:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^