Brownies Ketan Hitam

wahh..lama nggak update blognya. Kemarin baru lahiran anak kedua..alhamdulillah, jadinya nggak sempet update, maklumlah kalau nggak punya asisten pastinya repot banget ngurus rumah tangga, plus baby dan si balita. Kalau memasak sih, tetep yah meskipun sibuk tapi kalau mau membuat kue harus bisa nyuri waktu saat mereka sedang tidur, seperti kemarin saat saya membuat Brownies ketan hitam ini. Saya harus nyari waktu saat si baby udah nyenyak banget sambil nunggu Daddy pulang, supaya pas lagi ngocok telur, babynya bangun kan bisa digendong Daddy dulu heheh..

Sebenarnya saya sudah lama pengen banget bikin kue ini, tapi belum sempat, ada saja halangannya. Nah pas kemaren dilihat-lihat persediaan makanan di kulkas sudah habis, namanya ibu menyusui kan lapar terus, jadinya meskipun repot daripada keroncongan, akhirnya turun juga ke dapur. 
Brownies ketan hitam ini, resepnya saya contek dari teh Ricke Indriani, Ordinary Kitchen. Tapi saya memakai setengah resep saja, takutnya nggak habis dimakan sendiri eh..ternyata si balita juga suka...browniesnya memang enak, pas sekali manis dan rasa coklatnya tetep kerasa meskipun ada sensasi berpasir pas browniesnya digigit..enak deh pokonya..^^









Bahan:
6 butir telur
200 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
1/2 sdt garam
2 sdm SKM 
1 sdt vanilla
250 gr ketan hitam
20 gr coklat bubuk
100 gr DCC
200 gr minyak goreng/ mentega
Coklat meyses secukupnya untuk taburan

Cara Membuat:
Panaskan dandang, alasi tutupnya dengan serbet bersih. Siapkan loyang, alasi dengan kertas roti. 
Lelehkan Dcc, tambahkan minyak, ata mentega cair, sisihkan. Ayak tepung ketan hitam dengan coklat, sisihkan.
Kocok gula, telur, emulsifier dan garam hingga benar-benar mengembang dan berjejak, tambahkan SKM dan vanilla, kocok rata. Masukan tepung ketan hitam, sedikit-sedikit sambil dikocok dengan mixer berkecepatan rendah. Masukan coklat yang telah dilelehkan dan dicampur dengan minyak atau mentega. Aduk balik hingga rata. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Masukan adonan ke dalam loyang, kukus selama 10 menit. Tambahkan meyses, biarkan sebentar lalu tuangi dengan setengah bagian adonan, kukus lagi selama 20-25 menit atau hingga kue matang. 






4 comments :

  1. terlihat enak... teh ayu ini fazrie (mouleedeea), temen mp mu...
    add blogku cipicip.blogspot.com ya :)

    BalasHapus
  2. Dari aneka brownies yg ada, yg ketan hitam ini yg paling kusuka. Rasa ketannya bikin legit

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget teh rien, rasa ketan sama coklatnya bener2 ngepas...
      saya sampe ketagihan...

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^