Pie Apel

Pie apel ini saya buat untuk putri saya Kirei. Memang sudah dari beberapa hari lalu saya membeli buah apel untuk isiannya, tapi karena sedang agak malas jadinya ditunda-tunda. Akhirnya tadi siang setelah menyelesaikan memasak saya pun meneguhkan niat untuk segera membuat pie apel ini. Lagipula khawatir apelnya keburu busuk juga sih...^^







Pie Apel




Bahan:
200 gr tepung terigu
70 gr gula halus
80 gr mentega beku
1/4 sdt garam
1 buah kuning telur
2 sdm air es

Bahan Isi:
500 gr apel, buang tengahnya, potong sesuai selera
1 sdt kayu manis bubuk
7 sdm gula pasir
40 gr kismis
50 ml air





Cara Membuat:
Campurkan tepung terigu, mentega beku, garam, gula dan kuning telur hingga berbentuk butiran. Aduk-aduk tapi jangan diuleni berlebihan. Tambahkan air sedikit sedikit. Aduk lagi lalu bentuk bulat, masukan ke dalam plastik, simpan di dalam lemari es selama 30 menit. Sambil menunggu adonan menjadi dingin, lebih baik sambil menyiapkan isiannya.

Campurkan apel, gula, kayu manis bubuk dan air, lalu masak di atas api sedang, kemudian masukan kismis. Aduk aduk hingga rata, apabila  tektur apel sudah layu dan air menyusut, angkat lalu dinginkan.

Ambil adonan pie yang sudah didinginkan, ambil sebagian untuk hiasan. Tipiskan adonan di atas talenan bentuk bulat lalu simpan di atas cetakan pie, buang kelebiahan di bagian tepinya. Masukan isian, lalu hias dengan sisa adonan. Pangggang hingga matang.





Selamat mencoba^^





0 comments :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^