Ayam Tempe Tahu Penyet



Kalau sudah membuat aneka masakan yang dipenyet seperti ini, sudah pasti laris manis. Ini favoritnya Daddy dan saya. Pedas, gurih dengan aroma terasi yang enak.
Di daerah sekitar Geger Kalong Bandung dekat kampus saya dulu, ada penjual ayam penyet  favorit kita berdua. Sewaktu saya masih kuliah, karena saya anak kost jadi sering sekali saya membeli ayam penyet di sana. Sekarang meski masih di Bandung juga tapi jarak ke Gerlong kan jauh, jadi kalau kangen sama ayam penyet dekat kampus itu, yah harus membuatnya sendiri...^^









Ayam Tempe Tahu Penyet




Bahan:
500 gr dada ayam, potong-potong
1 papan tempe, potong-potong
5 buah tahu
1/2 gelas air
Minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan:
2 butir kemiri
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm kunyit
1/2 sdt ketumbar
2 Lembar daun salam
1 sdt garam

Sambal:
4 buah cabe merah besar
10 buah cabe rawit
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 buah tomat ukuran besar
1/2 sdm terasi
1 sdm gula merah
Garam
Jeruk nipis

Pelengkap:
Mentimun
Kol
Daun kemangi

Cara Membuat:
Bersihkan ayam, campurkan dengan bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan 1/2 gelas air, lalu ungkep,  setelah ayam setengah matang tambahkan tempe yang sudah dipotong-potong, masak hingga matang. Angkat, tiriskan. Goreng Ayam, tempe dan tahu hingga matang. Sisihkan.

Goreng semua bahan sambal kecuali garam, gula dan jeruk nipis. Angkat lalu ulek semua bahan sambal hingga halus,  kucuri dengan jeruk nipis. Masukan ayam, tempe dan tahu yang sudah digoreng, kemudian tekan-tekan [dipenyet], tapi tidak sampai hancur. Sajikan dengan pelengkapnya.





Selamat mencoba^^




0 comments :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^