Wedang Ronde

Bandung yang dingiiinn....
Berhari-hari hujan..kayaknya kemaren aja cuacanya cerah. Hari ini sudah mendung lagi. Emh..kayaknya kalo udara dingin kayak gini butuh yang hangat-hangat yah..makanya saya membuat wedang ronde ini. Resepnya saya contek dari Yummy Corner...terus saya modif dikit deh..heheh..


Bahan:
150 gr tepung ketan
2 sdm tepung kanji
Air hangat secukupnya
Sejumput garam
Air untuk merebus
Pewarna makanan sesuai selera

Isi [diblender]
50 gr kacang tanah
3 sdm gula pasir


Wedang:
1 liter air
1 rimpang jahe, dimemarkan
1 btng sereh
2 lbr daun pandan
200 gr gula pasir
1 btng kayu manis

Tambahan:
50 gr kacang sangrai tanpa kulit
Kolang-kaling [saya ga pake]

Cara Membuat:
Ronde:
Campaurkan tepung ketan, garam dan tepung kanji. Aduk sambil dikucuri air hangat, sedikit-sedikit. Uleni hingga adonan menjadi kalis dan bisa dibentuk. Bagi adonan menjadi tiga, lalu beri masing-masing adonan dengan pewarna yang diinginkan.
Didihkan air, ambil sedikit adonan, lalu pipihkan, kemudian masukan bahan isi, bentuk bulat, rebus di air mendidih. Lakukan hingga semua adonan habis. Bila adonan telah mengapung, angkat.

Wedang:
Rebus air bersama dengan gula, jahe, serai, kayu manis dan daun daun pandan. Biarkan hingga mendidih dan kuah agak menyusut. Angkat.

Penyajian:
Siapkan mangkuk saji, masukan bulatan ronde, kolang-kaling, lalu tuang dengan air wedang, taburi dengan kacang sangrai.


Wedang Ronde hangat siap menemani disaat cuaca dingin...
Selamat mencoba yah^^


3 comments :

  1. Kalo ronde setelah masak gak bisa d simpan berhari hari ya?

    BalasHapus
  2. Kalo ronde sudah matang gak bisa di simpan berhari hari yah?

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^