Soto Bandung

Ya ampuuunnn... dari kemaren pengen banget makan yang namanya soto bandung...kebayang segernya. Selain rasanya yang ringan karena ga pake santan, bikinnya pun gampang banget jika dibandingkan dengan soto lainnya. Tapi soal rasa..teuteuppp...uweeenak donk..meski bumbunya ga segabrek kayak bikin soto kuning misalnya.

Tadi pagi pas lagi moto-moto, sotonya sambil dicomotin, soalnya belum sarapan dan emang udah ngeces pengen makan itu soto..hehehehheh...


Dagingnya ngumpet ketutup lobak hehhe..


Bahan:
250 gr daging sapi, rebus potong kotak
1000 ml air kaldu rebusan daging sapi
1/2 sdt merica bubuk
2 lbr daun jeruk
1 batang sereh, geprek
2 lmbr daun salam
3 lmbr daun jeruk
5 cm lengkuas, geprek
3 sdm kacang kedele, goreng
70 gr lobak, iris tipis, rebus
Gula
Garam

Bumbu yang dihaluskan:
2 btr kemiri
2 btr bawang putih
2 cm jahe

Pelengkap:
1 tangkai daun bawnag, iris halus
Sambal cabe
Jeruk nipis
3 sdm bawang merah goreng
1 sdm bawang putih goreng

Cara Membuat:
Masukan bumbu yang dihaluskan ke dalam air kaldu, rebus hingga mendidih, lalu masukan sereh, daun jeruk, daun salam, dan laos. Masukan daging, beri taburan merica bubuk, garam dan gula. Biarkan hingga daging benar-benar empuk, lalu cicipi kuahnya, apabila sudah pas, angkat.

Penyajian:
Masukan soto ke dalam mangkuk saji, tambahkan lobak yang sudah di rebus. Lalu, taburi dengan bawang goreng, irisan daun bawang, kacang kedelai goreng, kucuri dengan jeruk nipis, dan tambahkan sambel jika suka.

Selamat mencoba^^

0 comments :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^