Gulai Nangka

Kemarin di tukang sayur ada banyak nangka muda yang asalnya saya ga niat bikin gulai nangka jadi ngeces deh ngebayangin gurihnya. Eh yah..itu warnanya merah gitu padahal niatnya bikin gulai tapi jadi kayak rendang yah heheh...kebanyakan cabe kayaknya..

Harusnya gulai nangka ini diberi tetalan daging sapi, cuma karena adanya telor dan tahu, ya saya cempungin aja dua-duanya..lumayan daripada nginep terus di kulkas pan..^^






Bahan:
500 gr nangka muda yang sudah direbus
4 btr telur, rebus, gorang
6 buah tahu, goreng
3 sdm minyak goreng
2 btng serai
5 cm laos
3 lmbr daun jeruk
2 lmbr daun salam
900 ml santan dari 1 btr kelapa
1 sdm bumbu gulai bubuk
Gula
Garam


Bumbu yang dihaluskan:
3 btr kemiri
1/2 sdt ketumbar [saya ga pake lagi enek sama ketumbar]
1 cm jahe
2 ruas jari kunyit
70 gr cabe rawit merah
7 siung bawang merah
4 siung bawang putih


Cara Membuat:
Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan bersama dengan bumbu gulai bubuk, sampai harum lalu masukan daun salam, sereh, dan laos, biarkan hingga bumbu matang. Tuang santan, biarkan hingga airnya agak menyusut, lalu masukan nangka, rebus dengan api kecil.
Tambahkan gula dan garam, lalu cicipi, apabila rasnaya sudah pas, masukan telor dan tahu, rebus sebentar, lalu angkat.

 Sajikan gulai nangka dengan nasi hangat^^



0 comments :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^