Donat Kentang


Menikmati sepiring donat empuk, di sore hari bersama suami dan anak tercinta ditemani secangkir teh..benar-benar menyenangkan...!

Kemarin sore, tiba-tiba mendadak jadi pengen makan donat...
Memang rasanya udah lamaa banget ga bikin. Biasanya mama di rumah selalu membuat donat yang lezat buat kami sekeluarga. Tapi karena saya pindah ke Bandung, jadinya jarang banget makan si bulat manis ini. Mau bikin sendiri juga malesnya minta ampun. Entah kenapa tiba-tiba pengen bikin^^

Resep yang saya ambil, yaitu dari resepnya ibu Fatmah Bahalwan.




Bahan:
500 gr terigu protein tinggi
75 gr mentega
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instan
200 gr kentang kukus, haluskan
100 gr gula pasir
4 btr kuing telur
200 ml air dingin
1/2 sdt garam

Topiing:
Coklat Masak
Keju parut
kacang sangrai, tumbuk

Cara Membuat:
Campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, kemudian masukkan kentang halus, telur dan air dingin, uleni hingga adonan rata dan setengah kalis. Setelah itu, masukan mentega dan garam, uleni terus hingga adonan menjadi kalis elastis, lalu istirahatkan adonan hingga 15 menit.

Bagi adonan yang telah mengembang, masing-masing 50 gr, kemudian bulatkan. Diamkan adonan selama 20 menit, hingga mengembang dan permukaan adonan tampak licin.

Lubangi adonan dibagian tengahnya, kemudian di goreng menggunakan sumpit dengan cara memutar untuk membuat bentuknya tetap bulat. Angkat, lalu tiriskan, beri topping sesuai selera..





Donat nan empuk siap dinikmati^^

2 comments :

  1. Mbak, kalo susu bubuknya diganti susu cair trus ainya dikurangin, bisa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja, nantu susu cairnya disesuaikan dengan jumlah airnya... misalnya kalo pake susu cair 100 ml berarti airnya tinggal tambahin 100 ml lagi...:) susunya yang dingin ya, dikulkasin dl... biar empuk donatnya...^^

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^