Daigaku Imo

Daigaku imo itu apaan sih? namanya aneh gitu yah heheh...
Udah bisa nebak kan makanan ini asalnya dai mana? yup, asalnya memang dari negri matahari.

Daigaku imo itu artinya kira-kira ubi universitas...aneh banget yah? itu karena pada awalnya makanan ini adanya di sekitar Universitas, terutama saat diadakannya festival yang dinamakan daigaku-sai. Di sana Daigaku imo menjadi salah satu jajanan yang diminati, karena rasanya enak dan harganya murah. Mau mencobanya juga? hayuukk serbu tukang ubi, lalu tempur di dapur..:D








Daigaku Imo




Bahan:
3 buah ubi potong sesuai selera
Minyak untuk menggoreng
2 sdm wijen, sangrai
2 sdm air panas
4 sdm gula pasir
1 sdt air jeruk nipis
2 tetes minyak wijen
1 sdm madu

Cara membuat:
Goreng ubi, sampai matang, sisihkan.
Panaskan gula sampai cair dan berwarna kecokalatan/ menjadi caramel, masukan air,  jeruk nipis, madu dan minyak wijen, sesaat sebelum diangkat, masukan ubi lalu taburi dengan biji wijen. Angkat, sajikan. Mudah kan?


Salam,



4 comments :

  1. Assalamu'alaikum mbak ayu.. (namanya sama ^^)
    Salam kenal.
    Td baru aja saya coba resep daigaku imo ini. Tp kayanya kurang berhasil karena gula palem yg saya pake gosong jd rasanya pahit. Hehe..
    Punya tips gak mbak bikin karamel yg baik dan benar? Karena saya sering gagal buat karamel
    #jadi maluu >.<
    Makasi mbak ayu yg baik hati. Krm salam utk kirei dan aiko yg fotonya gemesin banget. Salam dr Medan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam warohmatullohi wa barokatu...

      salam kenal juga mbak:)
      wah pake gula palem yah? sebenarnya yang saya coba itu memakai gula pasir...tapi sepertinya nggak terlalu pengaruh yah...

      hehe sebenarnya saya sndiri nggak begitu ahli bikin karamel...tapi biasanya sih kl saya membuat karamel, yang pertama harus diperhatikan adalah apinya..jadi apinya itu jangan besar-besar, cukup dengan api keciiiiil...biarkan gula meleleh tanpa diaduk..nanti kalau gulanya sudah meleleh semua baru masukan airnya...

      kira-kira begitulah, mudah2an saran saya yang gak jelas ini bisa membantu mbk ayu..[hihi bner yah namanya sama:)]

      terimakasih udah mampir ya:)
      semoga percobaan berikutnya bisa lebih sukses lagi^^

      Hapus
  2. assalamu'alaikum kak,
    ada yang aku mau tanyain. setelah masukkin air, jeruk nipis, dll kira2 berapa lama sampai masukkin ubinya? hehe aku bener2 newbie soal masak-memasak, tapi pengen belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo mbak sinai...
      kalo ditanya berapa lama.. haduh saya juga dah lupa2 inget nih, udah lama juga soalnya... pokonya asal air jeruk air sama gula nya tercampur, langsung aja masukin ubi, aduk2 sampe rata, langsung angkat...kalo gak salah sih gitu heheh.. mohon maaf kao jawabannya kurnag banyak membantu..:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^