Cilok

Cilok ini makanan yang nostalgia banget deh...heheh
Iseng banget kemarin bikin cilok ini soalnya di sekitar komplek ga ada yang jualan. Padahal udah ngeces pengen makan lagi cilok yang biasanya dijadikan salah satu jajanan anak SD. Akhirnya berbekal pikiran tentang cilok yang terus menggelinding di kepala saya pun nguplek di dapur meski sebenarnya masih agak cape solanya bikin cilok ini pas banget setelah bikin puding jagung yang saya aplod sebelumnya.
Yah..begitulah namanya juga orang lagi pengen hehehe...



Bahan Cilok:
100 gr tepung kanji
100 gr tepung sagu
150 gr tepung terigu
1/3 sdt garam
1 btr bawang putih
Air hangat secukupnya
Air untuk merebus


Bahan Bumbu:
150 gr kacang goreng
6 buah cabe kriting
2 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1/2 gelas air
1 sdt tepung maizena yang dilarutkan dengan 2 sdm air
1 sdm kecap manis
Gula
Garam


Cara Membuat:
Cilok:
Didihkan air di dalam panci.
Campur tepung terigu, tepung kanji dan tepung sagu dalam satu wadah kemudian masukan bawang putih dan garam yang dihaluskan. Aduk sampai rata, tuangi dengan air hangat sedikit sedikit hingga adonan kalis dan bisa dibentuk.
Ambil sedikit adonan kemudian buat bulatan kecil, lalu masukan ke dalam air yang mendidih, lakukan satu persatu hingga adonan habis. Setelah adonan mengambang biarkan dulu selama 5-10 menit untuk mematangkan ciloknya. Setelah itu, angkat, lalu tiriskan.

Bumbu:
Goreng cabe dan bawang sebentar kemudian angkat, masukan ke dalam blender bersama dengan kacang goreng. Haluskan semua bahan. Panaskan wajan lalu masukan kacang dan bumbu yang sudah diblender, tuangi air. biarkan hingga mendidih, lalu masukan semua bumbu sisanya. Biarkan hingga airnya menyusut, apabila kurang kental masukan tepung maizena, cicipi dulu rasanya sebelum diangkat.

Penyajian:
Sajikan cilok dengan bumbu kacang...


Selamat mencoba, mudah-mudahan suka yah..^^


4 comments :

  1. kalau dikasih udang boleh gak ? saat kapan nyampurnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya gak pernah pake udang jadi kurang tau nih...^^

      Hapus
  2. ini jadinya brp btr mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hm... berapa yah, kalo kecil2 sih bikinnya... jadi banyak kenyang lah kalo buat bertiga mah...:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^